5 Hal yang Patut Diminta ke Perusahaan untuk Meningkatkan Keselamatan Kerja

meningkatkan keselamatan kerja thumbnail

Pernah dengar istilah Keselamatan dan Kesehatan Kerja alias K3? Kalau belum, sekaranglah saatnya buat kamu untuk mencari tahu dan menerapkannya.

 

Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah istilah dalam dunia kerja yang menjadi patokan bagi pengusaha dan pekerja untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. Di tempat kerja, penerapan K3 wajib hukumnya.

 

Masalahnya, belum semua manajemen perusahaan menerapkan K3 dengan benar. Padahal K3 penting buat perusahaan, apalagi pekerja.

 

Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, semua jenis usaha wajib menerapkan K3. Jadi, kalau kamu sekarang sudah bekerja, pastikan tempat kerjamu menerapkan K3. Soalnya itu hak kamu sebagai pekerja.

 

Nah, kalau ternyata perusahaan kamu belum punya standar K3, simak 5 hal yang patut diminta ke perusahaan untuk meningkatkan keselamatan kerja berikut ini:

 

1. Fire Drill Berkala

keselamatan3

 

Opo iki fire drill? Hayo, bingung to dengan istilah ini. Nah di gambar itu contoh orang yang gak pernah ikut fire drill. Pemadam kebakaran buat jadi mesin jet. Bagooos!

 

Fire drill adalah latihan atai simulasi menyelamatkan diri dari kebakaran. Jadi kalau tahu-tahu gedung tempatmu bekerja kebakakaran, kamu tahu apa yang harus diperbuat.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

Coba lihat di sekeliling gedung, apakah ada tabung pemadam kebakaran? Ada kapak? Selang kuning? Sudah tahu fungsinya dan cara pakainya?

 

Hal-hal itu akan dijelaskan dalam fire drill. Termasuk bagaimana keluar dari gedung, apakah lewat lift atau tangga. Yang penting, jangan anjlok dari jendela kayak di film-film.

 

2. BPJS

BPJS Ketenagakerjaan

 

Pekerja wajib minta BPJS. Iuran total buat BPJS Ketenagakerjaan ini adalah 5,7% dengan rincian 2% dibayar pekerja dan sisanya dibayar perusahaan.

 

Tapi banyak pekerja yang protes masih harus bayar buat dapat jaminan BPJS, meski cuma 2%. Memang sih, namanya potongan ya memberatkan. Apalagi kalau gajinya pas-pasan.

 

Tapi inget, potongan ini bukan buat perusahaan, tapi buat kita sendiri. Duit yang dipotong ini kelak bakal balik ke kita dalam bentuk jaminan pensiun, jadi jangan buru-buru protes. [Baca: Punya Kartu BPJS Tak Perlu Takut Jadi Korban PHK]

 

Kalau rutin bayar BPJS, bisa dapet duit pensiun nanti. Kalau gak, bisa-bisa pensiun dalam keadaan bangkrut. Amit-amit, kan?

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kalau perusahaan kamu gak mau bayarin BPJS, laporin saja ke dinas tenaga kerja setempat. Soalnya kewajiban pemberian BPJS buat pekerja sudah diatur di Undang-Undang No. 3 Tahun 1992 mengenai Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Kalau pengusaha gak mau bayar, izin usahanya bisa dicabut!

 

3. Helm

helm proyek

 

Ini nih, peralatan wajib buat kalian yang kerja di proyek pembangunan atau tambang. Tempat kerja kalian harus punya helm yang jumlahnya sesuai dengan jumlah total pekerja plus buat tamu.

 

Gak mau kan, lagi enak-enak kerja tahu-tahu bletaaak, batu bata jatuh ke kepala dan bikin bochoor bochoor. Masalahnya, banyak juga pekerja lapangan yang bersikap emangnya gue pikirin.

 

Udah disediain helm, tapi gak dipakai. Alasannya macem-macem, dari baunya gak enak, gak nyaman, sampai takut rambut rusak kalau dipakein helm. Krik..krik..krik…

 

Satu lagi, helm proyek bukan buat naik motor ya. Alih-alih, bisa berujung dua hal: dirazia polisi atau disetop orang di jalan buat disuruh bantu renovasi rumahnya.

 

4. Sarung tangan

sarung tangan

 

Kalau pekerjaanmu terkait dengan aktivitas obok-obok pakai tangan, sarung tangan wajib disediakan perusahaan dan dipakai pekerja. Contohnya kerja di perusahaan komponen listrik atau pabrik kimia.

 

Kalau pekerjan berhubungan dengan listrik, sarung tangan antistatis harus dikenakan. Kan gak lucu baru ngetes komponen tiba-tiba bzzzzz…kesetrum, gosong.

 

Keberadaan sarung tangan ini penting banget, jadi jangan disalahgunakan. Soalnya banyak juga pekerja yang nyolongin sarung tangan kerja untuk dibawa pulang. Ada lho yang bawa pulang sarung tangan pabrik dengan alasan motifnya cute, soalnya emang ada yang gambarnya love-love gitu.

 

Ada yang jadi alat buat megang panci panas istri di rumah. Ada juga yang pakai sarung tangan kerja buat naik motor. Ckckckck. Kalau dicolongin terus, jangan heran kalau perusahaanmu stop nyediain alat pelindung diri itu.

 

5. P3K

kotak P3K

 

P3K singkatan dari pertolongan pertama pada kecelakaan. Coba, apa yang harus dilakuin kalau ada temen kerja kena serangan jantung atau penyakit parah lain? [Baca: Mending Share Info Seputar Kanker Ini Ketimbang Berita Gosip]

 

Soal penanganan pertama ini penting banget biar rekan kerja yang celaka di tempat kerja gak liwat nyawanya. Jadi, mintalah latihan P3K secara rutin dari perusahaan.

 

Selain itu, kotak P3K yang isinya obat-obatan wajib ada di setiap perusahaan. Tapi jangan pernah nyolongin obat-obatan itu buat stok di rumah.

 

Biasanya yang suka ambil obat di kotak P3K kantor buka toko kelontong di rumah. Hayo, ngaku. Kalau tiba-tiba ada yang perlu obat itu dan ternyata stoknya kosong, gimana? Dosa kita kalau bikin susah orang.

 

 

Itulah hal-hal yang bisa kita tuntut dari perusahaan biar meningkatkan keselamatan kerja, sehingga kita bisa bekerja dengan nyaman dan tenang. Kalau pekerja memandang remeh K3, nyesel nanti kalau benar ada kejadian yang mengancam keselamatan kerja.

 

 

 

Image credit:

  • http://media11.break.com/dnet/media/171/666/2666171/this-guy-used-fire-extinguishers-as-a-jet-pack-well-kinda-thumb.jpg
  • http://i.ytimg.com/vi/43XYHYXlLf4/hqdefault.jpg
  • https://maskurblog.files.wordpress.com/2012/07/wpid-helm-proyek1.jpg
  • http://g02.s.alicdn.com/kf/HTB1oji.HpXXXXXEXVXXq6xXFXXXv/2015-Best-Seller-FDA-silicon-glove-silicone.jpg
  • https://artikelahlik3umum.files.wordpress.com/2014/12/isi-kotak-p3k-standar-isi-kotak-p3k-permenaker.jpg?w=529&h=397
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →