5 Jenis Kerja Freelance yang Pas Buat Pekerja Kantoran

Kerja freelance menjadi pilihan banyak orang untuk menambah pundi-pundi kekayaannya, tak terkecuali para pekerja kantoran.

Pasalnya, semakin tinggi kebutuhan, maka semakin besar pula pengeluaran setiap bulan. Hal itulah yang membuat para pekerjaan kantoran mencari pekerjaan lebih dengan kerja freelance.

Karena itu, kali ini MoneySmart pengin memberikan beberapa rekomendasi kerja freelance yang bisa dilakoni oleh para pekerja kantoran. Berikut lima di antaranya:

1. Penulis

kerja-freelance
Penulis (mediabistro)

Kerja freelance pertama yang bisa kamu lakukan meski statusmu sebagai pekerja kantoran adalah sebagai penulis lepas atau freelance writer.

Terlebih kini sudah banyak sekali perusahaan yang mencari penulis lepas dengan fee yang beragam dan biasanya dibayar per artikel.

Nah, daripada weekend-mu terbuang sia-sia. Kenapa gak kamu manfaatin untuk meraup pundi-pundi rupiah aja dengan menulis artikel.

Kalau satu artikelmu dibayar Rp 50 ribu. Lumayan banget kan kalau di akhir pekan kamu bisa menghasilkan lima hingga enam artikel.

Berarti dalam satu minggu, kamu bisa mengantongi uang sebesar Rp 250 ribu – Rp 300 ribu. So, dalam satu bulan, kamu mendapatkan duit tambahan sekitar Rp 1 juta. Wah, oke banget kan?

2. Blogger

kerja freelance
Blogger (julietswritingstudio)

Blogger juga kini menjadi salah satu profesi yang banyak dilirik orang karena bisa menghasilkan banyak uang.

Kamu bisa mengambil waktu-waktu kosongmu di akhir pekan untuk melakukan review produk baik itu fashion maupun beauty.

Fee yang diperoleh sebagai blogger pun bisa dibilang lumayan banget lho yaitu bisa mendapatkan uang ratusan ribu rupiah untuk sekali review produk.

Bahkan kalau kamu udah terkenal, kamu bahkan bisa mendapatkan fee hingga jutaan rupiah untuk sekali review produk yang kamu tulis di blog.

Nah, agar namamu cepat terkenal sebagai blogger. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, salah satunya adalah memiliki konsep, ciri khas dan detail.

Dengan begitu, perlahan tapi pasti, namamu pun akan semakin dikenal. Otomatis fee-mu pun akan bertambah.

Karena itu, daripada waktu akhir pekanmu terbuang sia-sia, gak ada salahnya kan melakukan hal yang lebih bermanfaat dan menghasilkan uang juga.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

3. Makeup artist

kerja freelance
Makeup artist (huffingtonpost)

Profesi sebagai makeup artist juga terbilang sangat menguntungkan dan menjanjikan banget lho. Gimana gak, untuk sekali makeup aja kamu bisa mendapatkan fee ratusan hingga jutaan rupiah.

Nah, kamu bisa pakai hari Sabtu dan Minggu mu untuk meraup pundi-pundi rupiah kan? Kapan lagi kan, melakoni hobi sekaligus menghasilkan banyak uang.

Kalau untuk bayaran sekali makeup aja, kamu dibayar Rp 300 ribu dan setiap Sabtu dan Minggu ada job. Berarti dalam sebulan kamu bisa mendapatkan uang tambahan sebesar Rp 300 ribu x 8 = Rp 2,4 juta. Lumayan banget bukan?

4. Desain grafis

kerja-freelance
Desain grafis (passionville)

Ya, desain grafis juga bisa menjadi salah satu pilihan kerja freelance yang bisa memberikanmu banyak uang lho.

Buat bayarannya pun beragam, tergantung dari kerumitan desain yang diminta. Namun, biasanya mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Bahkan, hasil desain-mu bisa dihargai puluhan juta lho, misalnya diminta untuk membuat logo sebuah perusahaan besar.

Nah, yang enaknya lagi adalah kamu dapat mengambil tawaran dari berbagai sumber karena gak terikat dengan satu pihak.

Kamu cuma perlu bikin desain sesuai yang diminta klien. Pundi-pundi rupiah pun bakal mengalir ke rekeningmu.

5. Sosial media

kerja-freelance
Sosial media (etekstudio)

Sosial media kini seakan sudah menjadi bagian yang gak bisa lepas dari banyak pihak, baik individu maupun perusahaan.

Makanya gak heran kalau kini sudah banyak sekali lowongan pekerjaan untuk posisi sosial media, mulai dari admin hingga specialist.

Nah, buat kamu yang tahu bagaimana cara bermain sosial media yang benar. Kamu bisa banget tuh mencari freelance sosial media.

Lumayan banget kan kalau dalam sebulan kamu mendapatkan penghasilan sekitar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta.

Nah, itu dia lima kerja freelance yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan uang tambahan setiap bulan selain gaji. Jadi, mana pekerjaan yang menarik buatmu?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →