Ini 5 Kebijakan Pemerintah yang Bakal Nguntungin Kamu di 2018

kebijakan pemerintah

Sudah tahu belum, bakal ada lima kebijakan Pemerintah RI yang bisa nguntungin kamu tahun depan lho. Kebijakan itu berkaitan sama kepraktisan transaksi hingga urusan pinjaman untuk usaha.

Lima kebijakan pemerintah ini gak hanya berasal satu kementerian saja tentunya. Ada beberapa badan pemerintah yang ikut andil dalam kebijakan ini.

Pokoknya dengan adanya kebijakan ini, setidaknya beban keuanganmu sedikit berkurang deh. So, penasaran dengan kebijakan pemerintah yang dimaksud? Ini dia ulasannya.

1. Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

Pada 4 Desember 2017 Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasional alias GPN untuk mendukung interkoneksi antar bank dalam negeri. Dengan adanya GPN, tahun 2018 transaksimu makin praktis karena kartu debitmu bisa digunakan di semua ATM dan EDC.

Nantinya, akan ada logo garuda berwarna merah yang disematkan di tiap kartu debit dan uang elektronik keluaran terbaru. Bila kamu tertarik memiliki kartu debit baru ini, kamu bisa menukarkannya di bank. Tapi kalau gak mau ya gak apa-apa, gak bakal dipaksa nuker kok.

2. Biaya transfer antar bank dipastikan turun

Berkat adanya GPN, maka seluruh bank bakal terhubung satu sama lain. Menurut laporan dari Kontan 5 Desember 2017, Kepala Pusat Program Transformasi BI Onny Widjanarko mengatakan bahwa biaya transfer bisa dipotong hingga Rp 2.500.

Jadi kalau sekarang biayanya Rp 6.500, ke depannya bakal Rp 4 ribu. Lumayan kan buat yang sering transaksi beda bank. Selain biaya transfer, biaya cek saldo di ATM Bersama kemungkinan juga bakal dikaji ulang nih.

3. Bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) Turun Jadi 7%

Seperti diberitakan oleh Bisnis.com 17 Oktober 2017, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Rakyat Darmin Nasution akan menurunkan suku bunga KUR, yang tadinya 9 persen jadi 7 persen per tahun. Kebijakan ini akan berlaku efektif pada tahun depan.

Ini tentu jadi berita baik buat kamu yang sedang merintis usaha. Daripada kamu ngajuin kredit ke lembaga pemberi pinjaman yang bunganya bisa 11 atau 12 persen per tahun, mendingan ngajuin KUR dong.

Tapi patut diketahui juga, KUR hanya bisa diajukan oleh seseorang yang usahanya sudah berjalan. Salah satu syarat ngajuinnya saja kamu harus menyertakan copy legalitas usaha, seperti akta pendirian hingga laporan keuangan.

4. Bikin NPWP dan lapor pajak lewat Go-Jek

Saat ini, ada empat lembaga yang tercatat sebagai agen pajak. Mereka adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), pajakku.com, online-pajak.com, dan spt.co.id.

Go-Jek akan segera menjadi agen kelima yang bisa membantumu membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh). Untuk bisa memfasilitasi hal ini, Ditjen Pajak meminta Go-Jek menyediakan aplikasi tambahan.

Aplikasi itu tujuannya untuk menggunakan layanan e-filing, e-biling, dan registrasi NPWP elektronik. Dan pastinya, aplikasinya harus terintegrasi dengan sistem Ditjen Pajak.

Pada November 2017 Kementerian Keuangan juga sudah menyuarakan dukungannya atas keputusan ini, namun otoritas pajak masih harus melakukan penilaian terhadap Go-Jek untuk menjadi agen pajak. Proses penilaiannya itu sendiri memakan waktu enam bulan. Jadi, ya gak nutup kemungkinan fasilitas ini sudah berlaku tahun depan kan.

Kalau fasilitas ini udah ada, enak dong pastinya. Gak perlu repot-repot ke kantor pajak lagi, dan gak ada alasan lagi untuk lupa lapor pajak.

5. Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP)

Nah yang terakhir ini tentunya sudah jadi buah bibir kamu semua di akhir tahun ini. Untuk jumlahnya sih tentu saja beda-beda tapi intinya tetap saja “naik.”

Buat kamu yang masih fresh graduate dan sedang cari kerja, ketahui dulu besaran UMP di provinsi tempat kamu bekerja. Semoga sukses deh nego gajinya.

So, gimana nih tanggapanmu atas lima kebijakan pemerintah ini? Apakah cukup menguntungkan atau malah gak menggembirakan sama sekali?

Pada intinya, apapun kebijakannya tentu saja gak bakal menghalangimu mencapai kebebasan finansial kok. Semuanya masih bisa dicapai jika kamu bisa mengelola keuangan, dan memanfaatkan fasilitas keuangan dengan baik.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →