5 Layanan Streaming Musik Paling Murah dan Paling Cocok Buat Kamu

Dulu kebanyakan orang masih lebih sering mengunduh musik ilegal buat perangkat pintar mereka. Namun kini, cara orang menikmati musik bergeser ke layanan streaming musik.

Beberapa alasannya antara lain, sebagian besar orang udah terkoneksi ke Internet. Kemudian, layanan streaming musik ini menawarkan biaya yang cukup murah.

Salah satu contoh, Spotify Premium yang dibanderol sekitar Rp 79 ribu aja buat 6 orang. Pastilah gak terasa berat buat berlangganan karena masing-masing cuma bayar sekitar Rp 14 ribu aja.

Nah, buat kamu yang cari layanan streaming musik mana paling cocok buat kamu, yuk lihat daftar berikut.

[Baca: Nabung! Ini 6 Konser Musik yang Digelar di Indonesia Tahun Ini]

1. Apple Music

Streaming Musik - Apple Music
Apple Music (iphonehacks)

Apple Music adalah layanan streaming musik dari Apple. Jika selama ini kamu lebih kenal iTunes maka Apple Music cukup berbeda.

iTunes sendiri telah jadi ‘dedengkot’ sebagai layanan musik karena udah hadir sejak 2001. Sementara itu, Apple Music baru aja hadir tahun 2015.

Pada iTunes, kamu harus membeli musik yang ada dalam koleksi mereka maka di Apple Music kamu bisa berlangganan. Apple Music tawarkan paket yang cukup terjangkau dibandingkan bila harus membeli musik di iTunes.

Tersedia sekitar 45 juta lagu. Tak perlu diragukanlah, Apple Music adalah salah satu layanan streaming musik paling lengkap.

Buat berlangganan aplikasi ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 49 ribu per bulan buat personal. Paket keluarga tersedia dengan harga Rp 75 ribu per bulan. Sementara itu, tersedia pula paket pelajar yang dibanderol cuma Rp 29 ribu per bulan.

Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan membeli satu album di iTunes. Satu album di iTunes harus kamu tebus dengan uang minimal Rp 50 ribu.

Bedanya iTunes dan Apple Music, Apple Music bisa kamu undah pada perangkat Android dan PC.

2. Spotify

Streaming Musik - Spotify
Spotify (techcrunch)

Spotify adalah salah satu pesaing terberat Apple Music. Hadir dengan harga paket yang hampir mirip menjadikan kedua layanan ini bersaing ketat.

Spotify hadir sejak tahun 2008. Layanan ini mengklaim punya lebih dari 30 juta lagu. Seperti yang udah disinggung, paket berlangganan yang dihadirkan oleh Spotify mirip dengan Apple Music.

Paket personal dibanderol Rp 49 ribu per bulan dan paket keluarga dikenakan tarif Rp 79 ribu per bulan. Itu artinya kamu cuma perlu bayar Rp 13 ribuan bila pilih paket keluarga.

[Baca: Ini Nih 7 Aplikasi Buat Dengerin dan Download Lagu Terbaru Gratis]

3. Joox

Streaming Musik - joox
Joox (Inilah)

Joox bisa disebut sebagai pendatang baru. Namun, di Indonesia, Joox sangat laris. Ini karena Joox punya beragam fitur menarik di aplikasinya.

Gak cuma dengar musik, pengguna bisa lakukan kustomisasi pada tampilan akun mereka. Selain itu, mereka juga bisa berbagi lirik, menu video klip hingga live chat yang memungkinkan penggemar berinteraksi dengan si artis.

Paket berlangganan Joox sama dengan Spotify yaitu Rp 49 ribu per bulan dan Rp 25 ribu per minggu. Meski demikian, akses lagunya masih cukup terbatas, yakni sekitar 5 juta lagu.

4. Langit Musik

Streaming Musik - langitmusik
LangitMusik (CNNIndonesia)

Langit Musik adalah layanan streaming musik dari Indonesia. Berada di bawah naungan MelOn Indonesia, Langit Musik menghadirkan sekitar 6 juta pilihan musik dari dalam dan luar negeri.

Biaya layanannya Rp 22 ribu buat 30 hari dan Rp 6.600 per 7 hari. Kamu bisa aja gak daftar fitur premiumnya namun akses mendengarkan lagu cuma 10 lagu per minggu.

5. Guvera

Streaming Musik - guvera
Guvera (thetechportal)

Guvera terdengar cukup asing namun layanan ini sebenarnya udah berdiri sejak lama yaitu 2008. Berasal dari Australia, Guvera kini mengekspansi Tanah Air.

Guvera mengklaim punya akses 30 juta lagu. Sama halnya dengan Spotify dan lain-lain, Guvera menghadirkan layanan dengar musik secara offline bila berlangganan sebagai anggota premium.

Biaya berlangganan layanan aplikasi Guvera adalah Rp 55 ribu per bulan atau Rp 20 ribu per minggu. Bila kamu berlangganan selama setahun makan kamu cukup bayar Rp 547.800 atau sekitar Rp 45 ribu per bulan.

Aplikasi ini bisa kamu unduh pada perangkat iOS, Windows Phone 10, Android dan juga PC.

[Baca: 5 Bisnis dalam Dunia Musik yang Ampuh Datangkan Cuan]

Nah, di antara kelima layanan streaming musik ini, mana yang paling murah dan cocok buat kamu? Yuk, bandingkan kelebihan dan kekurangannya, termasuk juga biaya berlangganannya.