5 Motor Keren Milik Presiden RI, Punya Siapa yang Paling Mahal?

Presiden RI

Gak cuma Joko Widodo, empat Presiden RI (Republik Indonesia) yang lain tampaknya juga menggemari dunia otomotif lho, khususnya kendaraan roda dua. Hal itu terlihat jelas dari motor-motor yang sempat mereka miliki.

Udah pasti motor yang mereka miliki bukanlah motor standar yang ada pasaran. Berkat gaya custom, bisa jadi motor ini satu-satunya di dunia. Gak ada lagi yang menyamai.

Sekarang motor-motor tersebut jadi barang langka. Dan kalaupun dijual pasti harganya mahal banget.

Penasaran sama motor-motor para Presiden RI? Berikut ulasannya.

1. Soekarno – Vespa Kongo 1960

presiden RI
Bung Karno (Kompas)

Tunggangan roda dua Presiden RI pertama ini adalah Vespa Kongo. Semua tentu tahu bahwa Vespa adalah kendaraan roda dua buatan Italia, tapi kenapa kok ada kata Kongo-nya? Apa ini adalah buatan Kongo, salah satu negara di Afrika?

Ternyata, Vespa ini adalah hadiah kontingen pasukan perdamaian PBB yang kebetulan saat itu emang lagi bertugas di Kongo. Pasukan itu diberi nama Kontingen Garuda. Itu dia kenapa nama kendaraan ikonik ini ada embel-embel “Kongo”-nya.

Vespa Kongo menggunakan plat baja sebagai bahan baku, jadi dia lebih keras dibanding Vespa-vespa lainnya.

Kapasitas mesin Vespa Kongo itu sendiri adalah 150 cc.

Asal kamu tahu nih, masih ada lho yang jual motor antik itu. Harganya tahu gak berapa? Rp 50 juta. Ya gak sedikit juga sih yang jual di kisaran Rp 15 juta, atau Rp 20 jutaan. Semuanya tergantung tipe dan kondisi.

2. Soeharto – Harley Davidson Heritage Softail with Sidecar 1996

presiden RI
Soeharto (Tribunnews)

Kamu mungkin pernah melihat foto pak Harto yang sedang menaiki motor ini bersama pak Habibie. Nah pak Habibie duduk di sidecar atau sespannya.

Motor Harley Davidson yang satu ini diklasifikasikan sebagai motor antik. Sebenarnya buat varian Softail sendiri emang masih diproduksi, cuma aja harganya selangit.

Di Amerika aja, orang yang menaiki motor ini kerap jadi pusat perhatian. Apalagi kalau di Indonesia ya. Makanya gak heran kalau presiden aja suka.

Mesin motor ini masih mengandalkan karburator, dan pastinya cukup bertenaga karena berkapasitas 1.338 cc. Buat harganya sendiri, buatan 2004-nya aja sekitar US$ 5 ribu atau Rp 69 juta jika US$ 1 adalah Rp 13.924. Itu juga belum termasuk sespan yang harganya bisa jutaan ya.

Bisa jadi yang buatan tahun 90an malah lebih mahal. Semakin jadul sebuah produk kan jadi makin langka dan makin dicari ya.

3. B.J. Habibie – Harley Davidson Bad Boy

presiden RI
Habibie boncengan dengan Soeharto (Motorplus)

Presiden RI ketiga ini sebenarnya adalah penggemar moge alias motor gede. Tapi sayangnya, kegemarannya baru terkuak ke publik saat dia berusia 80 tahun.

Habibie pernah bilang bahwa banyak yang gak percaya kalau dia emang pengendara moge. Paling banter naik bebek, kata orang-orang.

Tapi jangan salah, dulu dia pernah naik Harley saat diminta pak Harto melakukan survei ke kawasan industri di pinggiran Jakarta lho. Waktu itu Habibie berboncengan dengan Ainun.

Harley kesayangan pak Habibie adalah Harley Davidson Bad Boy yang mesinnya berkapasitas 1.340 cc. Motor ini kurang diminati konsumen. Harganya sendiri sekitar US$ 11 ribu atau setara dengan Rp 153 jutaan buat yang diproduksi tahun 1996.

Lebih mahal dari motor pak Harto ya.

4. Soesilo Bambang Yudhoyono – Harley Davidson Road Glide Screaming Eagle 2004

presiden RI
Harley milik SBY (Tribunnews)

Motor pak SBY ini kelihatannya paling mahal sekaligus paling gagah deh. Harley Road Glide Screaming Eagle punya kapasitas mesin 1.690 cc.

Motor Harley yang satu ini penampakannya cukup agresif dan modern. Pabrikan merancangnya buat perjalanan jarak jauh. So pasti mantap banget deh kalau dipakai turing.

Selain itu, motor ini juga cocok dengan karakteristik badan pak SBY yang tinggi besar. Pokoknya keren lah pak SBY kalau udah naik motor ini.

Oh ya, buat harganya sendiri, Road Glide 2004 itu dibanderol di US$ 25 ribu alias Rp 348 juta! Lumayan tinggi buat motor berusia lebih dari 10 tahun. Apalagi sekarang udah langka.

5. Jokowi – Royal Enfield Bullet 350

presiden RI
Motor Jokowi (Tribunnews)

Motor pak Jokowi sebetulnya adalah modifikasi dari Royal Enfield Bullet 350. Motor ini awalnya didatangkan dari India. Kemudian oleh Elders Garage dan Kick Ass Choppers dimodifikasi sedemikian rupa sebelum akhirnya dibeli pak Jokowi dengan harga Rp 140 juta.

Motor itu punya kapasitas mesin 350 cc, sesuai dengan namanya. Jumlah silindernya cuma satu, sementara itu businya ada dua.

Itulah deretan motor Presiden RI yang harganya gak murah. Setelah dilihat-lihat tampaknya motor pak SBY adalah yang termahal di antara yang lain nih. Sementara itu motor Soekarno termurah, tapi walau murah udah jadi barang paling langka di Indonesia.

Tertarik punya motor-motor seperti para Presiden RI ini? Boleh aja sih, tapi ingat lho, perawatan dan pajak tahunan motor-motor itu gak murah. Kalau kamu bersedia menanggung semua ya monggo. Kamu bakal jadi pusat perhatian tiap ada di jalanan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →