Deretan 5 Restoran Mewah Terbaik di Asia, Ada yang dari Indonesia?

Restoran mewah terbaik nomor satu di Asia adalah Odette Singapura (Instagram).

The World 50 Best baru saja merilis daftar 50 restoran mewah terbaik di Asia tahun 2019. Organisasi penilai restoran-restoran di dunia itu menggunakan sistem voting sebagai penentuan urutan.

Semua yang ada di restoran diperhatikan secara detail sebagai indikator penilaian. Mulai dari arsitektur hingga cita rasa tentunya. Dinilai oleh lebih dari 1.000 orang-orang ahli di bidang industri restoran kelas dunia.

Sejak tahun 2015, pemenang dari restoran terbaik di Asia diraih oleh restoran Gaggan, Bangkok Thailand. Tapi kini, tahun 2019, dominasinya telah tergeserkan. Peringkat pertama untuk tahun 2019 ini jatuh ke Odette, Singapura.

Pengumuman 50 restoran terbaik di Asia ini dilakukan di Macau. Gak cuma gelar itu saja, penghargaan chef wanita terbaik Asia juga diumumkan. Dialah Garima Arora, wanita berusia 32 tahun asal India. Kepiawaiannya dalam hal memasak tak perlu diragukan lagi. Ia merupakan chef eksekutif dan pendiri restoran Gaa di Bangkok.

Nah kamu pasti penasaran, restoran apa aja sih yang masuk ke daftar ini. Adakah restoran mewah asal Indonesia yang masuk ke daftar ini? Berikut ini kita rangkum 5 restoran terbaik di Asia versi The World 50 Best.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Enam Langkah Strategis Dongkrak Devisa Pariwisata

1. Restoran mewah terbaik nomor satu di Asia adalah Odette, Singapura

Restoran Odette, Singapura (Instagram).

Peringkat pertama sebagai restoran mewah terbaik di Asia jatuh ke tangan Odette, Singapura. Restoran dengan menu andalan masakan Eropa ini juga beberapa kali menyandang sebagai restoran terbaik di Singapura.

Salah satu alasan kenapa mereka memenangkan gelar bergengsi ini adalah dari cita rasanya kualitas terbaik. Co-founder sekaligus kepala koki Julien Royer merupakan koki yang memiliki pengalaman mumpuni. Royer pernah bekerja di Prancis dan London, jadi tak perlu diragukan lagi kepiawaiannya.

Soal arsitekturnya, layaknya restoran-restoran bergaya Eropa pada umumnya, kesan mewah sudah terasa sejak pertama kita membuka pintu. Ruangan yang memiliki nuansa feminim dengan furnitur mewah membuat suasana menjadi lebih kalem. Secara keseluruhan, ruangan ini didominasi oleh warna pink, abu-abu, dan krem lembut.

Baca juga: KUR Pariwisata Potensial Dongkrak Pengembangan Wisata Bahari di Pangandaran

2. Gaggan, Bangkok

Gaggan, Bangkok (Instagram).

Restoran mewah terbaik nomor dua di Asia ada Gaggan dari Bangkok, Thailand. Sebenarnya ini bukan prestasi yang membanggakan bagi mereka, pasalnya sejak 2015 mereka selalu menempati urutan pertama, tapi kali ini harus turun ke peringkat kedua.

Gaggan didirikan oleh chef kelahiran Kolkata, India, Gaggan Anand. Sebagai pria kelahiran India, pengetahuannya tentang rempah-rempah sangat kaya. Oleh karenanya restoran ini menawarkan masakan khas India dengan rempah-rempah yang kuat. Kari tentu jadi bumbu andalannya.

Tapi sayang, sepertinya ini bakal menjadi penghargaan terakhir yang diterima Gaggan. Sang pemilik memutuskan untuk tutup restoran ini di tahun 2020. Gaggan Anand memutuskan untuk hijrah ke Fukuoka, Jepang dan mendirikan restoran baru di sana.

Oh iya, di Gaggan ternyata ada koki bertalenta asal Indonesia lho, namanya Rydo Anton. Wah turut bangga deh kita sebagai Warga Negara Indonesia.

3. Den, Tokyo

Den, Tokyo (Instagram).

Tak mungkin kayaknya kalau restoran mewah dari Jepang gak mungkin daftar ini. Inilah salah satunya Den, Tokyo. Restoran yang dijalankan oleh chef Zaiyu Hasegawa ini selalu memerhatikan kepuasan pelanggannya. Mereka selalu menjamin masakan yang dibuat dapat memberikan senyuman saat pelanggannya meninggalkan restoran.

Hidangan masakan Jepang yang imut dan rumit menjadi andalan mereka. Gak cuma itu saja, pelayanan di sini terkenal ramah banget lho. Jadi gak heran kalau restoran yang satu ini menjadi yang terbaik di Jepang selama bertahun-tahun.

Baca juga: KEK Pariwisata Tanjung Kelayang Babel Semakin Diminati Investor

4. Suhring, Bangkok

Restoran Suhring, Bangkok (Instagram).

Satu lagi restoran mewah di Bangkok masuk ke dalam daftar restoran terbaik di Asia. Di urutan ke-4 tahun ini diisi oleh Suhring. Suhring menawarkan masakan-masakan khas Jerman. Berdiri sejak tahun 2016, bahan-bahan yang mereka tuangkan dalam setiap masakan memiliki kualitas tinggi.

Soal interior, restoran ini mengusung tema arsitektur ala negara tropis. Dinding restoran didominasi oleh kaca yang menghadap langsung ke taman. Gak cuma itu aja, para pengunjung juga bisa menikmati koki beraksi karena dapurnya terbuka.

5. Florilege, Tokyo

Restoran Florilege, Tokyo (Instagram).

Restoran mewah terbaik di Asia peringkat kelima jatuh ke tangan Florilege, Tokyo. Dari namanya saja kalian sudah bisa menebak masakan apa yang jadi andalannya. Ya, restoran yang satu ini tidak menjajakan hidangan Jepang, melainkan hidangan khas Prancis.

Kepala koki sekaligus pendirinya Hiroyasu Kawate adalah chef yang memiliki spesialisasi di bidang masakan khas Prancis. Masakan andalannya adalah olahan udang, bebek, dan daging sapi berusia 13 tahun. Hmm pasti rasanya enak banget deh!

Itulah restoran-restoran yang menempati urutan lima teratas restoran terbaik di Asia. Kalau dilihat dari listnya gak ada yang dari Indonesia ya? Tapi ternyata ada satu restoran Indonesia yang masuk daftar 50 besar lho.

Posisi tepatnya ada di urutan ke 42, yaitu Locavore. Restoran mewah yang satu ini letaknya ada di Ubud Bali. Masakan yang ditawarkan adalah perpaduan hidangan Indonesia dan Eropa. Kalian harus coba berkunjung ke sana sesekali! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →