6 Biji Kopi Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Mencapai Rp 7 Jutaan

Ngopi mungkin jadi bagian dari kebiasaan kita sehari-hari, dan gak dipungkiri bahwa menu kopi di cafe bisa jauh lebih mahal dari minuman dari daun teh. Bicara soal kopi, ternyata harga dari biji kopi pun beragam ada yang murah hingga luar biasa mahalnya dan bikin heran kalau kamu belum tahu semahal apa.

MoneySmart.id telah merangkum enam kopi termahal di dunia versi Wonderslist. Bicara soal rasa, udah pasti enam kopi ini punya cita rasa yang gak bisa ditemukan di kopi-kopi umum yang ada di pasaran. Dan kopi ini dihasilkan dari biji-biji kopi yang memiliki kualitas bagus banget dan gak heran harganya selangit banget.

Dan jangan kaget juga kalau salah satu di antara enam biji kopi yang memiliki kualitas yang bagus dan harganya tentu pasti mahal ternyata ada yang berasal dari Indonesia. Penasaran gak?

Kita tentu wajib bangga kalau hasil perkebunan lokal kita sangat bisa dihargai oleh negara-negara lain. Dan bisa jadi kamu pun pernah nyobain kopi ini.

So, penasaran sama nama-nama kopi termahal di dunia? Berikut ulasan lengkapnya.

6. Jamaica Blue Mountain – Rp 759 ribu (500 gram)

Jamaica Blue Mountain, (Wonderlist.com).

Jangan samakan Jamaica Blue Mountain sama Kapal Api Blue Mountain ya. Kapal Api Blue Mountain juga mahal tapi yang jelas Jamaica lebih mahal karena harganya saja sudah mencapai Rp 700 ribuan.

Pastinya, kopi termahal di dunia urutan ke enam ini merupakan kopi yang ditanam di dataran tinggi Pegunungan Biru Jamaica. Kalau gak salah ketinggiannya mencapai 5 ribu kaki lho, otomatis area di sekitar perkebunan kopi ini bakal mendapat proses pengairan yang baik ketika musim hujan tiba dan pastinya menghasilkan biji kopi yang berkualitas banget.

Selain dipetik di sana, proses pengolahannya juga dilakukan di tempat yang sama pula.

Soal rasanya, bisa dibilang kopi ini cukup ringan alias gak terlalu pahit. Jamaica Blue Mountain juga dikabarkan sangat laris dijual di Jepang yang merupakan salah satu importir terbesar kopi.

5. Saint Helena Island – Rp 1,1 juta (500 gram)

Saint Helena Island, (Wonderlist.com).

Kopi termahal di dunia nomor lima ini merupakan kopi yang berasal di tengah Samudera Atlantik, namanya ya Pulau St. Helena. Kabarnya, kopi ini merupakan kopi kesukaan mendiang Napoleon Bonaparte. Apa ini yang lantas bikin harganya jadi mahal juga?

Usut punya usut, ternyata ada hal lain yang bikin harga kopi ini jadi mahal yaitu karena proses transportasinya yang tinggi. Jelas saja tinggi, Pulau Saint Helena itu benar-benar di tengah Samudera Atlantik. Gak kebayang berapa Rupiah biaya transportasi buat mengirim biji kopi tersebut.

Tapi buat mereka yang memang menggemari kopi, seberapa mahal harganya gak bakal masalah buat bayar dengan harga yang mahal.

Konon kabarnya sih, kopi ini cita rasanya agak sedikit unik. Sekilas ada rasa citrus yang bisa dirasakan ketika mereka yang menyeruputnya.

4. Kopi Luwak – Rp 2,4 juta (500 gram)

Kopi Luwak, (Wonderlist.com).

Nah, di urutan ke-empat ditempati oleh Kopi Luwak. Dan kabarnya, harga Kopi Luwak sendiri mencapai Rp 2,4 juta per pon alias per setengah kilogram.

Sebagian besar orang tahu bahwa kopi yang satu ini dinamakan luwak karena biji kopinya diambil dari kotoran musang atau luwak yang makan biji kopi. Kopi Luwak sendiri banyak yang beredar di pasaran dengan harga murah, namun itu balik lagi ke kualitasnya dan banyak juga kopi luwak palsu.

Cita rasa kopi yang berasal dari kotoran luwak ini emang sangat fenomenal dan cukup diakui pecinta kopi di penjuru dunia. Hal itu disebabkan karena ada fermentasi yang baik di pencernaan hewan luwak yang memakan biji-biji kopi tersebut.

Beberapa situs bahkan menyebut kopi ini sebagai kopi termahal di dunia. Tapi, Wonderslist justru memasukkan Kopi Luwak di urutan ke empat.

3. Geisha Hacienda La Esmeralda – Rp 5,3 juta (500 gram)

Hacienda La Esmeralda, (Wonderlist.com).

Geisha Hacienda La Esmeralda memang seringkali jadi menyabet penghargaan bergengsi dalam kontes-kontes yang berhubungan dengan kopi. Walaupun namanya menggunakan Bahasa Spanyol, kopi ini bukan berasal dari Negeri Matador lho, dan meski nama depannya Geisha, bukan berasal dari Jepang juga.

Kopi ini justru berasal dari Panama, lebih tepatnya ada di sisi Gunung Baru. Dan tanaman kopi ini berada di bawah pepohonan jambu batu (guava).

Rasanya pun kabarnya benar-benar gak terlupakan bagi mereka yang pernah menyeruputnya. Kabarnya sih ada sedikit rasa sitrus yang menempel di kopi ini, dan sedikit rasa manis untuk after tastenya.

2. Finca El Injerto – Rp 7,5 juta (500 gram)

Finca El Injerto, (Wonderlist.com).

Yang membuat kopi ini sangat mahal adalah karena bijinya yang amat sangat langka di pasaran. Kopi yang satu ini asalnya dari Guatemala dan ditemukan oleh seseorang bernama Jesus Aguirre Panama tahun 1874.

Pria itu memiliki lahan pertanian yang terdiri dari tebu, jagung, hingga tembakau. Injerto itu sendiri diambil dari nama buah yang berasal dari lahan pertanian miliknya.

Singkat cerita, pertanian milik Jesus pun diteruskan dan dikelola oleh generasi ke-empat keluarganya. Dan saat ini, mereka menjadi produsen dari kopi mahal yang satu ini.

Soal rasa, kopi yang satu ini kabarnya memiliki aroma yang cukup kompleks. Dan after tastenya mirip dengan rasa buah-buahan.

1. Black Ivory – Rp 7,5 juta (500 gram)

Black Ivory, (Wonderlist.com).

Nah kopi termahal di dunia yang satu ini harganya sama seperti yang sebelumnya. Dialah Black Ivory yang berasal dari Thailand.

Kopi ini sejatinya adalah kopi fermentasi yang mirip-mirip dengan Kopi Luwak. Hanya saja, biji kopi arabikanya dimakan oleh gajah terlebih dulu.

Kabarnya, zat asam yang ada di perut gajah bisa menghasilkan rasa yang mantap bagi sebuah biji kopi. Di Indonesia, mungkin kamu pernah dengar Durian Gajah. Durian itu juga kabarnya jadi enak kalau sudah dimakan dulu untuk gajah.

Mengapa kopi ini jadi kopi termahal di dunia? Kabarnya hal itu bukan hanya disebabkan karena produksinya harus lewat gajah, melainkan juga karena jumlah biji yang bisa dihasilkan cuma sedikit. Otomatis biji kopi ini jadi langka.

Kalau 500 gram harganya saja mencapai Rp 7,5 juta. Untuk satu cangkir harganya kurang lebih di kisaran US$ 50 atau setara dengan Rp 759 ribu!. Yakin mau coba? Katanya rasanya sih bikin ketagihan.

Itulah enam kopi termahal di dunia yang harganya bikin geleng-geleng kepala. Padahal cuma minuman berkafein, tapi harganya luar biasa.

Kalau dipikir-pikir, kopi memang bikin segar badan. Namun kalau harganya segitu, apa lantas gak malah bikin kantong jadi kering? (Editor: Mahardian Prawira).