Gak Cuma Rupiah, 6 Mata Uang Ini juga Keok Lawan Dolar

Mata uang dolar terus menguat. Rupiah pun gak kuasa melawannya hingga akhirnya keok. Kini nilai tukarnya berada di angka Rp 14 ribuan per satu dolar.

Dolar emang lagi bagus-bagusnya saat ini sejak Fed, bank sentral Amerika Serikat, menaikkan suku bunga acuan. Kebijakan menaikkan suku bunga ternyata berdampak luas.

Banyak investor yang tertarik buat menanamkan kembali uangnya di Amerika Serikat. Alhasil, gak sedikit investor yang cabut dari Tanah Air dan akhirnya berdampak negatif terhadap rupiah.

Gak terhindarkan, rupiah yang berada di angka Rp 12 ribuan beberapa bulan lalu langsung terjun bebas ke angka Rp 14 ribuan.

Ternyata nih, apa yang dialami rupiah juga dialami sejumlah mata uang yang lain. Apa aja? Dikutip dari fxssi, berikut ini mata uang yang nilainya lemah terhadap dolar.

1. Rial Iran (IRR)

mata uang
Rial Iran (sputniknews)

Mata uang dari Iran ini menjadi mata uang paling rendah di dunia. Sanksi politik dan ekonomi yang diberlakukan terhadap negara Mullah ini secara langsung memberi pengaruh negatif terhadap perekonomian dalam negeri, termasuk terhadap Rial Iran.

Saat ini nilai tukarnya 43 ribuan rial Iran per satu dolar Amerika Serikat. Sementara terhadap rupiah, nilai tukarnya 3 rial Iran per satu rupiah

2. Dong Vietnam (VND)

Mata uang
Dong Vietnam (xchangeofamerica)

Tekanan dolar juga terasa di Vietnam. Di negara ini US$ 1 dihargai 23 ribu dong Vietnam. Selain karena efek menguatnya dolar, mata uang Vietnam juga sengaja diturunkan.

Pemerintah Vietnam beralasan diturunkannya dong Vietnam agar perdagangan ekspor meningkat. Dengan begitu, daya saing ekspor Vietnam tetap terjaga.

Sektor ekspor sendiri memberi keuntungan bagi Vietnam. Tercatat pada 2014, pertumbuhan ekonomi Vietnam mencapai 5,98 persen karena ekspor.

3. Franc Guinea (GNF)

mata uang
Franc Guinea (ra2d)

Negara Afrika yang merdeka pada 2 Oktober 1958 dari Prancis ini juga merasakan dampak penguatan dolar. Mata uangnya melemah di angka 9 ribuan franc Guinea per satu dolar.

Pelemahan Franc Guinea juga dipicu inflasi negara ini yang tinggi, meningkatnya angka kemiskinan, dan bertambahnya angka kejahatan.

Padahal, dengan kekayaan alam yang dimilikinya, seperti emas, adamant, dan aluminium, franc Guinea seharus menjadi mata uang yang mahal.

4. Lao Kip (LAK)

mata uang
Lao Kip (banknote24)

Selain Indonesia dan Vietnam, negara ASEAN lain yang mata uangnya melemah adalah Laos. Mata uang Laos saat ini diperdagangkan di angka 8.448 Lao Kip per satu dolar.

Pelemahan mata uang Lao Kip diperkirakan karena defisit yang tinggi di negara ini. Tercatat sejak 1997 hingga sekarang, Lao Kip terus berfluktuasi. Pelemahan terparah Lao Kip terjadi pada 2005, yaitu mencapai 10 ribuan Lao Kip per satu dolar.

5. Sierra Leonean Leone (SLL)

mata uang
Lao Kip (mypivots)

Negara Afrika lainnya yang mencatatkan pelemahan terhadap dolar adala Sierra Leone. Mata uangnya Sierra Leonean Leone saat ini berada di angka 7.700 Sierra Leonean Leone per satu dolar.

Wajar aja mata uang negara ini melemah. Selain karena statusnya sebagai negara dengan penduduk miskin yang banyak, kebijakan-kebijakan dalam negeri yang diambil turut menurunkan nilai dari Sierra Leonean Leone.

6. Uzbek Som (UZS)

mata uang
Uzbek Som (dailysabah)

Mata uang Uzbekistan ini juga berada di posisi yang terlemah terhadap dolar. Nilai tukarnya saat ini sekitar 7.807 Uzbek Som per satu dolar.

Besarnya nilai tukar Uzbek Som terhadap dolar terjadi sejak negara ini mengambil kebijakan liberalisasi moneter. Efeknya, Uzbek Som dipatok sebesar 8.100 per satu dolar.

Nah, itu tadi enam mata uang uang mengalami pelemahan terhadap dolar selain rupiah. Banyak sebab kenapa mata uang tersebut gak kuat berhadapan dengan dolar. Salah satunya adalah perekonomian dalam negeri yang sepenuhnya belum kuat.

Karena itu, penting sekali suatu negara menjaga perekonomiannya. Dengan begitu, gak ada lagi cerita mata uangnya melemah terhadap dolar. Semoga informasi di atas bermanfaat ya buat kamu!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →