Jangan Salah, 6 Orang Tajir Ini Dulunya Cuma Sopir Lho

orang sukses di indonesia

Siapa aja bisa jadi orang sukses di Indonesia, termasuk seorang pekerja kasar. Contohnya orang-orang yang bakal kita bahas sebentar lagi.

Enam figur di bawah ini dulunya berprofesi sebagai sopir dan hidup pas-pasan. Namun mereka sadar gak bisa gitu terus. Dengan kombinasi kegigihan, kerja keras, dan sedikit keberuntungan, mereka sukses mengubah nasib 180 derajat.

Orang-orang di bawah ini kini sukses di bidangnya masing-masing. Ada yang jadi artis hingga level mancanegara. Ada juga yang jadi orang terkaya di Indonesia.

Penasaran siapa mereka? Yuk cari tahu di sini.

1. Iko Uwais

Kamu pasti kenal sama bang Iko Uwais. Artis keren yang jago silat ini tenar karena film The Raid.

Selain ngetop di dalam negeri, dia juga pernah membintangi film asing, salah satunya Star Wars. Meski cuma jadi pemeran sampingan, ya tetap aja kelasnya internasional gitu lho.

Sebelum jadi orang sukses di Indonesia, Iko Uwais sempat bekerja sebagai seorang sopir di perusahaan telekomunikasi.

Untungnya Iko jago silat. Lewat kepandaian itu, ditambah kemampuan berakting, dia sukses mengubah kehidupannya sendiri.

2. Prajogo Pangestu

Buat yang belum tahu dia siapa, dulu MoneySmart pernah mengulas cerita tentang Prajogo Pangestu. Dia bukan cuma orang sukses di Indonesia, melainkan juga tercatat sebagai orang terkaya urutan ketujuh versi majalah ekonomi kenamaan Forbes.

Pendiri Barito Pasific Group ini dulu hidup di bawah garis kemiskinan. Dia terpaksa berhenti sekolah saat SMP dan merantau ke Jakarta.

Perantauannya gak seperti yang diharapkan. Dia gagal sukses. Prajogo akhirnya pulang ke kampung halamannya di Sambas, Kalimantan Barat, dan bekerja sebagai sopir angkot.

Angkot yang dia kemudikan adalah jurusan Singkawang – Pontianak.

3. Tukul Arwana

https://www.instagram.com/p/Bls9i6UgGp4/?hl=en&taken-by=tukul_lailatul_qodar

Udah bukan rahasia lagi kalau mas Tukul Arwana memiliki masa lalu yang cukup memilukan. Sebelum jadi salah satu artis terkaya, dia sempat menjalani profesi-profesi kasar.

Beberapa di antaranya seperti sopir truk, kernet angkot, kuli bangunan, hingga mengamen di terminal.

Mas Tukul sendiri pernah bilang, dari semua profesi kasar yang dia jalani, gaji terbesar yang dia terima adalah ketika jadi penyiar radio. Itu pun cuma Rp 75 ribu.

4. Bahlil Lahadalia

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2018 ini juga bisa digolongkan sebagai orang sukses di Indonesia. Ya bayangin aja, perusahaannya yang bernama Rifa Capital memiliki sayap di bidang konstruksi, transportasi, pertambangan, dan perkebunan.

Tapi jangan salah, dulunya Bahlil itu cuma sopir angkot.

Dia hidup miskin. Konon kabarnya saking miskinnya Bahlil sempat busung lapar.

Namun hebatnya, dia udah terbiasa kerja serabutan saat masih duduk di bangku SD. Kebiasaan ini berlanjut hingga dewasa, sampai sukses jadi pengusaha.

5. Darwis Manalu

orang sukses di indonesia
Darwis Manalu (Darta Corp)

Kamu tahu Darta Corp yang kantornya di BSD City? Perusahaan besar ini punya banyak anak usaha, sebut aja di bidang outsourcing, logistik, industri, agrikultur, hingga aeroteknik.

Tapi siapa sangka, pendirinya, Darwis Manalu, adalah bekas sopir metromini. Dia juga sempat kerja menjadi pedagang minyak keliling saat masih muda.

Pria asal Sumatera Utara ini berhasil meng-upgrade kariernya hingga berhasil jadi karyawan kantoran. Dia berhasil memiliki pendapatan tetap dan karier yang baik.

Pada satu titik ketika udah dirasa punya cukup modal, Darwis pun resign dan memutuskan buat jadi pengusaha. Keputusan yang tepat, tentu aja.  

6. Eko Patrio

View this post on Instagram

Makan gudeg sambil lesehan uenak banget

A post shared by Eko Hendro Purnomo (EHP) (@ekopatriosuper) on

Komedian yang juga merupakan salah satu anggota DPR RI ini juga merintis karier dari nol.

Kehidupan Eko emang bisa dibilang miris banget sebelum dirinya tenar dan jadi salah satu orang sukses di Indonesia.

Ayah Eko sempat jadi sopir angkot pada saat itu. Ketika ayahnya nyopir, Eko jadi kondekturnya.

Lambat laun, ayahanda Eko berhasil mengumpulkan uang hingga sanggup membeli dua angkot. Eko turun langsung ke lapangan membantu sang ayah dengan jadi sopir.

Kehidupannya semakin menanjak ketika mulai tampil di televisi bersama grup lawak Patrio. Hayo… siapa yang pernah nonton mereka tahun 1990an?

7. Bonus: Setya Novanto

Nah, yang terakhir ini pasti kamu tahu siapa. Ya, dia Setya Novanto, politikus Golkar, ketua DPR, dan sekaligus orang sukses di Indonesia yang akhirnya ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK. Dia menyelewengkan dana publik buat keuntungan pribadi.

Pada masa muda, Novanto mengaku sempat bekerja sebagai sopir pribadi. Dia pun mengaku sempat jadi pembantu rumah tangga, juga dagang beras.

Itulah deretan orang sukses di Indonesia yang sempat menjalani profesi sebagai seorang sopir.

Asal kamu tahu nih, kerja sebagai sopir tentu gak semudah membalikkan telapak tangan. Bukan cuma fisik yang jadi taruhan, mental dan kesabaran pun bakal diuji. Apalagi kalau jadi sopirnya di Jakarta yang selalu macet. Aduh.

Orang-orang orang sukses di Indonesia ini gak malu lho buat mengaku kalau dirinya pernah jadi sopir. Toh pekerjaan ini kan halal dan gak merugikan siapa-siapa. Pekerjaan ini jelas lebih terhormat daripada jadi koruptor.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →