Lulusan Jurusan Manajemen, Ini 6 Prospek Kerja yang Bisa Kamu Lirik

Konsultan SDM

Setelah belajar kurang lebih 4 tahun di jurusan manajemen, kalian pasti sudah mengawang-awang kira-kira apa sih prospek kerja manajemen? Jawabannya, banyak!

Manajemen merupakan salah satu jurusan yang terdapat di Fakultas Ekonomi. Mereka yang lulus dari jurusan ini bakal mendapatkan gelar S.E. Termasuk jurusan yang favorit di kalangan anak IPS lho!

Ilmu yang mereka pelajari lebih luas bila dibandingkan dengan jurusan di ekonomi lainnya, misalnya akuntansi. Secara umum jurusan manajemen mengajarkan banyak hal tentang manajerial, entah itu dalam pengelolaan bisnis maupun organisasi. 

Biasanya, dalam satu jurusan manajemen, terdapat berbagai macam penjurusan atau fokus pembelajaran lagi. Contohnya ada manajemen keuangan, manajemen sumber daya, manajemen pemasaran, manajemen kewirausahaan dan lain-lainnya. 

Intinya sih semua kampus pasti ingin mahasiswa jurusan manajemennya berkompeten untuk menjadi manajer maupun seorang pengusaha yang berintegritas, mampu menganalisa permasalahan dengan baik, dan mengambil keputusan dengan tepat. 

Nah buat kamu yang baru lulus atau baru mau masuk jurusan manajemen, berikut ini prospek kerja manajemen yang bisa kamu jadikan acuan ke dunia kerja. 

1. Manajer pemasaran 

Seorang manajer pemasaran tengah melakukan presentasi ke anak buahnya.
Kegiatan pemasaran adalah aktivitas yang krusial di setiap perusahaan (Shutterstock).

Apabila kamu mengambil konsentrasi di manajemen pemasaran, sudah pasti kamu berpeluang untuk menjadi manajer pemasaran. Di dalam manajemen pemasaran, kamu diajarkan banyak hal tentang pemasaran, terutama menyusun strategi penjualan yang efektif dan efisien. 

Kegiatan pemasaran adalah aktivitas yang krusial di setiap perusahaan. Karena itulah yang menjadi ladang pendapatan perusahaan. Oleh karenanya, setiap perusahaan membutuhkan orang-orang berkompeten untuk memastikan strategi pemasaran mereka tepat sasaran dan sesuai harapan. 

Tapi, jangan berharap setelah lulus S1 langsung jadi manajer. Kamu harus merintis karier dulu dari bawah, mulai dari sales sampai staf marketing. 

2. Konsultan bisnis 

Konsultan adalah orang yang ahli memberikan petunjuk, nasihat, dan pertimbangan dalam segala hal. Artinya konsultan bisnis memiliki tugas untuk menasehati kliennya dalam mengambil setiap kebijakan bisnis. 

Prospek kerja manajemen ini sangat cocok untuk diisi oleh lulusan manajemen bisnis. Mereka memiliki kapabilitas untuk menyusun strategi bisnis, menganalisa berbagai potensi dalam berbisnis, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kegiatan bisnis. 

3. Pengusaha 

Seorang pengusaha sukses.
Lulusan manajemen memiliki modal yang mumpuni untuk menjadi seorang pengusaha (Shutterstock).

Lulusan manajemen memiliki modal yang mumpuni untuk menjadi seorang pengusaha. Mereka belajar mengenai banyak hal, mulai dari keuangan, organisasi, sampai strategi pemasaran.

Ilmu-ilmu tersebut kalau digabungkan sangat berguna bagi sebuah bisnis. Semuanya skill jika saling berkesinambungan mampu menghasilkan produk yang unggulan dan menarik profit yang banyak. 

Tapi bukan jaminan pasti sukses, dibutuhkan sikap pengambilan keputusan yang tepat dalam menjalankan bisnis. 

4. Manajer keuangan 

Seorang manajer keuangan tengah menyusun laporan.
Lulusan manajemen juga berpotensi jadi manajer keuangan (Shutterstock).

Selain manajer pemasaran, lulusan manajemen juga berpotensi memiliki karir cemerlang sebagai manajer keuangan. Tugas dari manajer keuangan sendiri memastikan setiap kegiatan perusahaan berjalan seefisien mungkin sesuai bujet. 

Tugas-tugasnya di antaranya adalah membuat perencanaan umum yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, memastikan setiap kegiatan perusahaan berjalan sesuai bujet yang telah dirancang, dan mengambil segala keputusan tentang keuangan perusahaan. 

5. Dosen 

Seorang dosen tengah mengajar mahasiswanya.
Prospek kerja manajemen terakhir adalah menjadi dosen (Shutterstock).

Prospek kerja manajemen terakhir adalah menjadi dosen. Tapi untuk menjadi dosen, kamu gak cukup hanya dengan bermodalkan gelar sarjana saja. Di Indonesia kini dosen minimal sudah mengantongi gelar master, lebih baik lagi sih sudah selesai S3. 

6. Manajer HRD 

Manajer HRD tengah berdiskusi dengan bawahannya.
Tugas manajer HRD adalah memastikan kegiatan organisasi di bidang SDM (Shutterstock).

Buat yang mengambil fokus jurusan manajemen sumber daya manusia, mereka berpotensi besar untuk menjadi manajer HRD di sebuah perusahaan. 

Tugas dari manajer HRD adalah memastikan kegiatan organisasi di bidang sumber daya manusia berjalan dengan lancar dan sesuai aturan. Contohnya adalah memantau proses rekrutmen, memantau penilaian karyawan, dan masih banyak lagi. 

Itulah enam prospek kerja manajemen yang bisa kamu pilih bila lulus jurusan manajemen. Buat yang fresh graduate, untuk mencapai posisi manajerial mungkin kamu bisa mengikuti program management trainee (MT) yang dibuka oleh perusahaan-perusahaan. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →