Punya Akun Youtube? Ini 6 Usaha Tanpa Modal Duit yang Bisa Kamu Lakoni

Peluang usaha tanpa modal dengan memanfaatkan akun Youtube. (Shutterstock)

Ingin punya usaha tanpa modal uang? Tenang saja, semuanya bisa kamu lakoni asalkan kamu punya akun Youtube.

Sejatinya, situs Youtube itu sendiri sudah menghasilkan banyak miliuner. Bukan cuma miliarder di luar negeri, tapi juga miliarder di Indonesia.

Youtube adalah layanan video sharing yang bisa diakses oleh siapapun baik yang memiliki akun atau yang gak punya sama sekali. Akan tetapi, hanya pemilik akunlah yang bisa menikmati fitur mengunggah video di situs tersebut.

Gak sedikit video-video amatir yang diunggah ke situs itu akhirnya jadi viral dan ditonton banyak orang. Pemilik akun pun jadi selebriti dadakan, dan lambat laun mereka bisa cari uang dari situs yang satu ini.

Itulah sebabnya, mengapa kamu bisa mendirikan usaha tanpa modal uang dengan situs ini. Penasaran sama usaha tanpa modal uang yang dimaksud? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

 

Usaha tanpa modal dengan memanfaatkan akun Youtube. (MoneySmart/Indri Solihin)
Usaha tanpa modal dengan memanfaatkan akun Youtube. (MoneySmart/Indri Solihin)

1. Kursus musik

Kursus musik tentu bisa jadi usaha tanpa modal uang yang bisa dilakoni di Youtube. Buat yang suka atau pernah ngeband, dulu kita semua tentu sering disuguhi video-video bajakan kursus gitar, drum, atau bass dari musisi dunia. Sebut saja seperti Paul Gilbert, Billy Sheehan, Mike Portnoy, John Petrucci dan lainnya.

Dan jangan salah, biar kata video bajakan, harganya kadang mahal! Apalagi yang dijual di tempat kursus musik. Yang aslinya tentu lebih mahal lagi dan pastinya harus diimpor.

Berterima kasihlah pada Youtube karena dengan situs ini, kamu bisa berperan selayaknya musisi-musisi top dunia yang memberikan kursus video ke para netizen. Ini bisa jadi peluang usaha lho, asalkan kamu memang handal dalam memainkan alat musik

Akan tetapi, kursus musik di Youtube tentunya bersifat gratis ya. Artinya kamu gak bakalan bisa narik keuntungan dari sini, mengingat situs ini bisa diakses siapapun. Lantas gimana cara dapat duitnya dong?

Ketika subscribermu mulai bertambah banyak, pada jumlah tertentu, kamu akan bisa menggunakan fitur monetisasi. Lewat fitur itu, Youtube akan memberikan share keuntungan dari setiap iklan yang ditayangkan di videomu.

Selain itu, kamu juga bisa tawarkan diri ke brand-brand alat musik untuk membuat video review atau mungkin ke toko-toko musik. Asalkan kamu memang benar-benar jago main alat musik ya, bukan jago ngajar doang.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha Bermodal Internet Ini Pas Banget Buat Karyawan

2. Review mainan

Jangan salah, Youtubers terkaya di dunia itu adalah seorang anak kecil yang masih berusia tujuh tahun. Apa yang dia lakukan selama ini adalah mereview mainan bocah seusianya yang dijual di pasaran.

Dialah Ryan ToysReview yang kabarnya mengantongi kekayaan Rp 285 miliar. Pada awalnya, dia cuma mereview mainan yang dia beli di toko bersama ibunya, namun lambat laun video itu pun viral dan channel Ryan ToysReview mulai di-subscribe banyak orang.

Ryan pun akhirnya menjalin kerja sama dengan produsen mainan untuk membuat review-review. Di situlah akhirnya dia dapat keuntungan. Tentunya itu belum termasuk pendapatannya dari iklan Youtube ya.

Cara Ryan mungkin gak senada dengan tema artikel ini yaitu usaha tanpa modal uang. Pasalnya, Ryan harus keluar duit untuk beli mainan dulu.

Tapi sejatinya, gak beli mainan dulu pun bisa kok. Kamu masih bisa meminjam alias mereview mainan milik orang lain.

Nah seandainya judulnya saja minjam, otomatis yang kamu review gak bisa mainan anak ya. Mainan anak akan lebih seru kalau yang review anak-anak, kalau yang mereview dewasa, alangkah lebih baik kalau mainannya adalah action figure, model kit, RC, dan sebagainya.

Baca Juga: Jualan di Bazaar Bisa Untung Gede Asal Gunakan 5 Trik dan Tips Ini

3. Review produk otomotif

Mungkin Youtuber sekelas Fitra Eri, Motomobi, atau Ridwan Hanif memang bisa bikin kita iri. Pasalnya mereka sering banget bawa pulang mobil mahal hanya untuk di-review, bensinnya ya ditanggung pabrikan mobil yang bersangkutan. Mereka juga bisa dapat uang dari pabrikan mobil tersebut lho.

Tapi untuk jadi seperti mereka, gak bisa instan tentunya. Fitra adalah pembalap dan jurnalis kawakan, so gak susah buat dia untuk mereview produk dan jadi tenar.

Lantas gimana dengan kita yang mungkin belum punya mobil sama sekali? Apakah kita bisa jadi seperti mereka?

Bisa dong, jangan patah semangat dulu guys. Mereview mobil atau motor bukan berarti harus meminta ke pabrikan mobil meminjamkan produk mereka ke kita.

Mulai dari yang sederhana dulu, kamu bisa membuat video review mobil Avanza keluaran 2015 punya teman atau saudara. Di situ, kamu bisa ceritakan gimana feels-nya, apa kekurangannya, dan lain-lain.

Video itu tentunya bisa jadi rekomendasi bagi mereka yang mau beli mobil bekas. Lambat laun, kalau memang videomu menarik, gak menutup kemungkinan akun Youtubemu kebanjiran subscriber. So, pas banget kan jadi usaha tanpa modal uang?

4. Bantu orang jualan mobil bekas

Masih di seputaran otomotif, kalau yang poin sebelumnya adalah mereview mobil, nah yang ini khusus review mobil bekas yang mau dijual.

Para pedagang mobil bekas juga kerap memanfaatkan situs ini untuk mempromosikan dagangannya. Iklannya mungkin ada di Kaskus atau OLX, tapi ketika ada pertanyaan dari calon pembeli, dia langsung memberikan link Youtubenya. So, biarkan video yang menjelaskan.

Jika memang kamu punya akun Youtube, tawarkan saja jasa membuat video review singkat kepada para pedagang mobil. Durasinya jangan lama-lama, sebisa mungkin di bawah 2 menit tapi videonya sudah berisi informasi komplit soal mobil yang mau dijual.

Kalau kamu tanya bakal dapat apa dengan cara begini, ada baiknya untuk minta komisi saja kepada pedagang kalau mobilnya laku. Kurang lebih 0,5 persen cukup deh. Seru kan punya usaha tanpa modal duit seperti ini? Asalkan mau capek aja sih.

Baca Juga: Carrefour Buka Cabang  Tengah Lautan Pertama di Dunia

5. Review game

Selain musik, otomotif, atau mainan, game pun bisa direview untuk mendapatkan banyak subscriber. Sebut saja seperti apa yang dilakukan PewDiePie, seorang Youtuber yang sempat mengantongi Rp 1 triliun tahun 2016.

Game itu memang menyenangkan, generasi zaman now juga mencintai yang satu ini. Apalagi, android pun sudah asyik dipakai untuk nge-game.

Semakin sering kamu mereview game yang memang populer di negaramu, maka gak nutup kemungkinan akun Youtubemu akan makin tenar. Lambat laun, subscriber pun bisa makin banyak bukan?

6. Jasa personal trainer

Nah kalau yang ini sifatnya offline dan online. Onlinenya ya jelas dengan cara membuat video kamu ngajar, latihan, memberikan tips dan trik membentuk tubuh, atau menjelaskan nutrisi makanan di Youtube. Kalau offlinenya ya kamu harus menemui klien dan ngajar mereka saat latihan.

Sejatinya usaha tanpa modal duit ini sering digunakan para personal trainer di situs jual beli. Namun lebih seru kalau ada videonya dong.

Setelah video di Youtube jadi, maka kamu tinggal buat iklan di situs jual beli online. Atau, kamu juga bisa menghubungkan dirimu ke platform-platform penyedia jasa ini, sebut saja seperti di Sukasport.

Itulah enam usaha tanpa modal duit yang bisa kamu lakoni seandainya kamu punya akun Youtube. Sejatinya, beberapa di antara enam usaha ini bisa dijalani tanpa akun Youtube pula.

Akan tetapi, Youtube justru bisa berguna untuk sarana marketing bukan? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →