7 Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Ditiru Setiap Hari

Kebiasaan Orang Sukses Dimulai dari Rutin Bangun Pagi (Shutterstock).

Menjadi sukses adalah impian banyak orang. Tapi mereka lupa bahwa kesuksesan tidaklah dibangun semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kerja keras bahkan kebiasaan tertentu yang rutin dilakukan. Seperti salah satu kebiasaan orang sukses adalah bisa disiplin bangun pagi. 

Jika kamu hanya berpikir bahwa sukses hanya didasarkan pada gagasan, motivasi, kegigihan dalam berjuang atau beruntung, itu salah. Kebanyakan orang sukses ternyata memiliki kebiasaan tertentu yang rutin mereka lakukan hingga saat ini. 

Mengutip laman Entrepreneur berikut ini deretan kebiasaan orang sukses yang patut banget kamu tiru jika ingin hidup berhasil. Apa aja sih, yuk kita simak ulasannya satu persatu. 

1. Bangun pagi

Seorang wanita bangun tidur di pagi hari.
Kunci sukse pertama adalah dengan rutin bangun pagi (Shutterstock)

Kalau kamu masih saja malas untuk bangun pagi, ya gak bakalan bisa sukses deh. Pasalnya, banyak orang hebat menerapkan kebiasaan ini sedari muda hingga sukses seperti saat ini. 

Sebut saja Presiden Obama, Richard Branson, Jack Dorsey, Larry Schultz, Tim Cook, dan CEO Xerox, Ursula Burns, dikenal sebagai orang yang gemar bangun lebih awal. Lalu apa hubungannya dengan kesuksesan mereka? Jelas ada dong!

Dengan bangun pagi, mereka bisa memiliki waktu lebih banyak untuk memulai hari dengan baik. Bisa dimulai dengan berolahraga, menyantap sarapan, membaca buku atau berita dan hal lain. Menurut penelitian pun, bangun pagi cenderung membuat diri lebih bahagia dan proaktif lho! 

2. Meditasi

Seorang perempuan tengah bermeditasi.
Meditasi memiliki banyak manfaat bagi tubuh (Shutterstock).

Meditasi memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bukan hanya dapat membuat tubuh bugar saja, orang yang rutin melakukan meditasi ternyata akan lebih fokus dalam menentukan apa yang mereka kerjakan hari itu. 

Sehingga pekerjaan akan selesai dengan tepat waktu jika kita sudah tahu apa yang ingin dikerjakan lebih dulu. Bermeditasi adalah salah satu kebiasaan orang sukses yang sangat mudah untuk diterapkan. 

3. Rajin membangun jaringan

Dua orang pekerja sedang berbincang di kantor.
Rajin membangun jaringan itu penting (Shutterstock)

Gak ada di dunia ini orang sukses yang minim relasi. Banyak dari mereka pasti telah berkenalan dengan orang banyak dari segala penjuru. Membangun relasi sangat penting untuk menuju kesuksesan di masa depan. 

Dari banyaknya pertemanan atau relasi yang telah dibangun dapat meningkatkan peluang kamu mendapatkan pekerjaan lebih baik. Dengan begini dapat membantu orang sukses menjadi lebih inovatif. 

4. Mencari banyak kesibukan

Seorang wanita tengah menunggu taksi
Orang sukses sudah pasti memiliki banyak kesibukan (Shutterstock).

Orang sukses sudah pasti memiliki banyak kesibukan setiap harinya. Bahkan mulai dari bangun di pagi hari hingga malam. Tidak ada satupun orang sukses yang menggunakan waktunya untuk menganggur. 

Contohnya Elon Musk yang rajin bekerja selama 80-100 jam per minggu. Baginya hal itu merupakan etos kerja yang perlu dimiliki seorang pebisnis jika ingin sukses di masa depan. 

5. Tidak menonton televisi

Seorang wanita tengah menonton televisi
Orang sukses hampir tidak pernah menonton tayangan televisi (Shutterstock).

Banyak dari orang sukses hampir tidak pernah menonton tayangan televisi. Sekalipun mereka luang sedikit, itu dipakai untuk membaca buku. Hal ini dianggap lebih bermanfaat ketimbang melihat siaran yang tidak mendidik. 

Buku yang mereka baca juga bukan sembarangan. Banyak dari orang sukses membaca buku seputar bisnis dan motivasi. Banyak juga survey mengatakan buku biografi seseorang juga paling banyak dibaca oleh orang sukses. 

6. Memiliki to do list yang jelas

To do list
Orang sukses selalu memeriksa agenda mereka setiap malam (Shutterstock).

Orang sukses selalu memeriksa agenda mereka setiap malam. Bahkan mereka menuliskannya setiap malam sebelumnya. Sehingga mereka tahu mana yang perlu diprioritaskan hari itu. Mereka selalu memberi nomor pada daftar untuk mengidentifikasi tugas mana yang paling penting.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

7. Pandai mengelola keuangan

Memiliki tabungan itu penting
Orang sukses pasti pandai mengatur keuangan (Shutterstock).

Orang sukses untuk sampai ke posisi saat ini tidaklah mudah. Itu juga didukung dari pengelolaan keuangan yang baik. Mereka mampu menginvestasikan uang dengan bijak dan pandai dalam mendapatkan peluang baru. 

Orang sukses rata-rata juga menyisihkan penghasilan mereka untuk dana darurat. Meski mereka juga tak menutup kemungkinan untuk murah hati kepada yang membutuhkan bantuan. Orang-orang yang paling sukses adalah mereka yang mampu mengelola dirinya dalam segala hal, baik mengelola waktu, ataupun keuangan.

Nah itu tadi tujuh kebiasaan orang sukses yang sangat sederhana dan bisa kamu tiru saat ini juga. Semua akan terasa mungkin jika niat dan usahamu sudah membulat. Fokuskan pada apa yang menjadi prioritas saat ini. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →