7 Startup Indonesia Ini yang Punya Selebriti Lho!

christian sugiono (techno.id)

Startup Indonesia kini sedang hits jadi incaran tempat bekerja banyak anak muda. Gimana gak, kebanyakan startup tersebut menghadirkan hal-hal baru yang menarik.

Ngomongin soal startup, apa sih startup itu? Startup adalah perusahaan rintisan yang biasanya berbasis teknologi digital dan bertujuan menyediakan solusi bagi masyarakat.

Misalnya, startup Go-Jek yang menyediakan solusi bagi penumpang dan tukang ojek. Kemudian, ada startup Tokopedia yang mempertemukan pedagang dan pembeli secara online. Semuanya membawa inovasi besar dan mengubah hidup orang banyak.

Rupanya, bisnis startup Indonesia ini juga menarik minat para selebriti lho. Siapa aja mereka? Simak daftarnya berikut ini:

[Baca: 11 Ide Bisnis Online dan Offline yang Banyak Dilakoni Selebriti Indonesia]

1. Christian Sugiono, Malesbanget

Startup Indonesia
Punya bos ganteng gini bikin betah ngantor di MBDC ya (MalesBanget)

Bisa dibilang Christian Sugiono jadi salah satu pelopor artis yang terjun di dunia startup Indonesia.

Christian Sugiono adalah founder dan CEO situs MalesBanget.com, situs humor di Indonesia yang berisi artikel dan video. MBDC, begitu singkatan MalesBanget.com, udah didirikan sejak tahun 2003, lho!

Hanya aja, MalesBanget sempat vakum karena emang pada masa itu masyarakat Indonesia masih banyak yang belum terkoneksi Internet.

FYI, Christian sempat mengambil jurusan Teknologi Informasi di salah satu universitas di Jerman. Kemudian, di tahun 2009, Christian dapat gelar Duta Pengetahuan Bebas dan Duta Microsoft Windows 7.

MalesBanget.com sendiri kini berada di bawah naungan PT MBDC Media yang jadi salah satu media populer di Indonesia.

2. Giring ‘Nidji’, Kincir

Startup Indonesia - 1
Gak cuma nge-band, Giring juga melek teknologi (Vemale)

Kincir.com adalah startup yang menjadi platform bagi para fans untuk lihat profil artis secara detail dan bahkan bisa live chat dengan mereka.

Ide ini dikembangkan oleh Giring, vokalis Band Nidji. Dia kemudian menjadi founder startup Kincir.com yang udah berdiri sejak tahun 2013.

Platform ini mirip dengan media sosial lainnya, di mana fans dapat mengikuti akun artis favorit mereka. Selain itu, para fans pun bisa menambah teman sesama fan. Mereka juga bisa memberikan like, komentar, ataupun share.

3. Alice Norin, 8wood

Startup Indonesia - 2
Kata Alice, penghasilan dari 8wood mendekati honor artis (Tempo)

8wood didirikan pada tahun 2013 oleh Alice Norin dan suaminya, Alvin Yudhapatria.

Awalnya, situs web 8wood.id cuma jadi toko fashion online biasa yang menjual produk-produk sendiri. Namun, lama-kelamaan, ide tersebut berkembang menjadi model bisnis B2C. Hingga kini, 8wood udah bekerja sama dengan lebih dari 200 merek.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Yang menjadi kelebihan 8wood adalah mereka berupaya buat menyediakan foto semenarik mungkin buat setiap produk. Selain itu, 8wood juga memaksimalkan interaksi di media sosial mereka.

Alvin Yudhapatria menjadi CEO 8wood.id, sementara itu Alice Norin bertindak sebagai CCO atau Chief Commercial Officer.

[Baca: Bingung Cara Buka Usaha? Yuk Belajar dari 5 Seleb Ini]

4. Zivanna Letisha, Skin.co.id

Startup Indonesia - 3
Si cantik yang berbagi tips kecantikan (NET)

Selain menyandang gelar Puteri Indonesia 2008, Zivanna Letisha juga turut mengembangkan startup kecantikan bernama Skin. Beralamat di Skin.co.id, platform Skin menyediakan beragam informasi kecantikan.

Di situs tersebut, pengunjung juga bisa berkontribusi mengirimkan artikel serta membeli produk-produk kecantikan secara online.

5. Deddy Corbuzier, Readyforfit

Startup Indonesia - 4
Berawal dari ide metode diet (Vemale)

Deddy Corbuzier terbilang unik karena mengawali karirnya sebagai mentalist. Namun, dalam perjalanannya, Deddy merambah karier di bidang lainnya.

Salah satu ide Deddy yang fenomenal adalah metode diet yang dia sebut sebagai OCD (Obsessive Corbuzier Diet). Metode diet tersebut bahkan populer hingga sekarang.

Dari metode diet tersebut, Deddy membangun situs web Readyforfit serta aplikasi OCD. Deddy pun sukses menjaring ribuan pengguna.

6. Dennis Adhiswara, Layaria.com

Startup Indonesia - 5
Mamet yang sekarang bukan yang dulu (Maxmanroe)

Layaria.com merupakan platform video online pertama di Indonesia yang menyediakan wadah bagi para kreator video di Indonesia. Layaria bahkan menjadi partner resmi situs berbagi video YouTube.

Nah, Dennis Adhiswara yang merupakan pemeran Mamet di AADC ini adalah founder Layaria. Layaria sendiri didirikan sejak tahun 2012. Hingga kini, Layaria.com masih bisa diakses dan senantiasa memperbarui konten-konten menarik.

7. Vidi Aldiano, Krowd

Startup Indonesia - 6
Vidi makin hits (Sabigaju)

KROWD didirikan buat jadi wadah bagi para kreator yang pengin berkolaborasi mencapai kesuksesan. Konsep KROWD mempertemukan antara Initiator yang memiliki ide dengan Collaborator, orang yang punya keahlian.

Vidi Aldiano mendirikan KROWD karena terinspirasi dari kesulitan yang sering dia alami saat ingin mencari orang untuk berkolaborasi dengannya. Salah satunya kolaborasi buat bikin cover albumnya.

Dari ide tersebut, Vidi pun membentuk KROWD sejak tahun 2017 lalu. KROWD berhasil menjaring 26 Initiator serta 315 Collaborator dari seluruh Indonesia dan masih terus bertambah.

[Baca: 5 Alasan Bisnis Online Cocok Dijalankan Generasi Milenial]

Gimana, keren kan?

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Gak cuma puas jadi entertainer, tujuh selebriti di atas mencoba buat melakukan sesuatu yang berbeda dengan memanfaatkan platform digital yang memang lagi hits. Caranya ya dengan membangun bisnis startup Indonesia.

Kamu pun bisa meniru langkah mereka yang memanfaatkan peluang bisnis digital. Jika punya ide tertentu yang kamu anggap keren, yuk eksekusi biar bisa bermanfaat buat orang lain!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →