Jelang 17 Agustus, Ini 7 Ide Usaha yang Bisa Dilirik Buat Dapat Untung

Usaha Kecil yang Menjanjikan

Gak terasa sebentar lagi kita bakal merayakan Hari Kemerdekaan. Itu tandanya bakal ada tujuh usaha kecil yang menjanjikan buat dicoba saat ini juga. Tentu aja ini bisa kamu coba. Keuntungannya juga lumayan besar.

Modalnya gak besar-besar amat kok. Bisa dibilang cukup minim atau mungkin malah bisa tanpa modal sama sekali. Syaratnya, kamu bisa meyakinkan para pedagang buat membantu dagangan mereka laris.

Tanpa menunggu lama lagi, yuk kita simak tujuh usaha kecil yang menjanjikan di awal Agustus ini. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Bendera Merah Putih dan umbul-umbul

usaha kecil yang menjanjikan
Bendera Indonesia (Pixabay)

Pada 17 Agustus, udah pasti ada pengumuman buat memasang Bendera Merah Putih di halaman rumah. Tujuannya ya buat mengenang jasa-jasa pahlawan. Itu tandanya, jualan bendera tentu bisa jadi usaha kecil yang menjanjikan menjelang Hari Kemerdekaan.

Kalau emang kamu bingung beli di mana, ya beli aja online. Setelah itu kamu jajakan langsung ke calon-calon pelanggan. Atau bisa juga kamu sendiri yang beli kain yang harganya Rp 20 ribuan per satu meter. Tinggal ke tukang jahit buat menjahit benderanya deh.

Dijahit manual pun sebenarnya bisa, tapi prosesnya butuh ketelitian tingkat tinggi. Belum lagi waktu pengerjaannya juga bisa lama banget.

Selain bendera, tentu aja kamu juga bisa bisa menjual versi umbul-umbulnya alias yang lebih panjang. Kalau pilihannya ini, dari awal kamu beli kain yang lebih panjang. Kamu juga harus beli bambu buat dijadikan tiang. Biar sekalian gitu.  

2. T-shirt bertema Indonesia

usaha kecil yang menjanjikan
T-Shirt (Tokopedia)

Gak sedikit orang-orang yang ikut 17 Agustusan pengin tampil lebih stylish dan beda. Itulah sebabnya kenapa kamu disarankan juga buat berbisnis t-shirt. Ini termasuk usaha kecil yang menjanjikan.

Gak mesti berwarna dasar merah atau putih kok, warna lain pun bisa tapi desainnya harus menarik dan bertemakan Indonesia.

Buat berbisnis t-shirt, kamu harus pintar-pintar cari vendor berkualitas. Terkadang ada yang murah tapi kualitasnya gak bagus. Ada juga yang bagus tapi harganya mahal.

Biasanya sih, vendor-vendor t-shirt murah berkualitas bisa kamu jumpai di Bandung. Tapi, tetap aja harus pintar-pintar nawar juga deh biar untung.

Buat desain, seenggaknya kamu bisa siap dengan tiga desain. Jangan terlalu sedikit dan jangan kebanyakan juga. Alangkah lebih baiknya lagi kalau kamu mulai usaha ini dengan sistem pre-order secara online biar gak merugi.

Pengin ready stock juga boleh, tapi ya risikonya cukup besar aja.

3. Penyewaan baju adat plus tata rias

usaha kecil yang menjanjikan
Pawai anak di 17 Agustus (Merdeka)

Kabar baik nih buat kamu yang berprofesi sebagai make-up artist. Jelang 17 Agustus kamu bisa buka usaha kecil yang menjanjikan dengan menyewakan baju adat. Tentu aja sekaligus dengan jasa tata riasnya.

Target pasar dari usaha ini adalah orangtua yang anaknya masih duduk di Taman Kanak-Kanak. Tentu kamu sering lihat kan ada pawai 17 Agustus yang diramaikan oleh anak-anak.

Coba perhatikan, rata-rata mereka yang ikut pawai pasti pakai pakaian adat. So, dengan membuka tempat penyewaan baju adat ini, kamu bisa meraup keuntungan yang lumayan besar bukan?

Usaha ini umumnya ramai pada Hari Kartini. Jadi kalau kamu beli peralatannya dari sekarang, tahun depan tentunya bisa mendulang rejeki lagi dari bisnis kecil-kecilan ini.

4. Pakaian warna merah dan putih

usaha kecil yang menjanjikan
Fashion (Pixabay)

Kalau yang nomor dua adalah t-shirt, nah yang nomor empat itu pakaian secara umum. Jadi termasuk kemeja, celana, jaket, t-shirt, atau rok.

Beberapa instansi atau perusahaan mewajibkan karyawannya mengenakan seragam tematik jelang Hari Kemerdekaan. Daripada mereka bingung cari baju di mana dan nanti ujung-ujungnya mahal, mendingan kamu jual aja pakaian dengan warna itu.

Pastikan juga harga jualnya gak perlu mahal-mahal amat, yang penting bisa balik modal. Soalnya, orang-orang kantoran di tanggal segitu biasanya udah kena sindrom tanggal tua.

5. Piala atau trofi

usaha kecil yang menjanjikan
Piala (Pixabay)

17 Agustusan identik dengan yang namanya lomba. Nah, dari lomba tentunya ada pemenang dan yang kalah.

Pemenangnya pasti dapat piala, kan? Gimana kalau kamu aja yang menjual pialanya ke panitia lomba? Ini usaha kecil yang menjanjikan lain yang bisa kamu coba bulan ini.

Selain piala, kamu juga bisa jual medali dan piagam. Tapi biasanya sih buat 17 Agustusan lebih seru kalau pakai piala.

6. Jasa fotografi

usaha kecil yang menguntungkan
Fotografer (okezone)

Seperti yang dijelaskan di atas, perayaan Hari Kemerdekaan erat dengan lomba. So, jasa fotografi bisa jadi usaha kecil yang menjanjikan lain.

Nah, berhubung sekarang masih ada waktu, gimana kalau kamu main aja ke rumah pak RT menawarkan jasa tersebut? Syukur-syukur pak RT setuju dan membayarmu.

Kalaupun gak dibayar, ya kamu juga bisa jual foto itu di Internet. Kan ada situs-situs yang siap membayar karya foto kamu buat dijadikan ilustrasi.

7. Makanan dan minuman ringan

usaha kecil yang menguntungkan
Daripada beli mulu mending bikin terus dijual (Liputan 6)

Biar para peserta lomba dan panitia gak kehausan dan kelaparan, baiknya kamu buka lapak jajanan di dekat lokasi. Usahakan jual camilan berupa kue-kue basah atau es buah. Dijamin laku keras deh kalau urusan jual jajanan di sana. Pasti semua pada lapar deh.

Gak perlu buka waralaba makanan atau minuman kok, beli aja barang-barangnya di pasar, keuntungan bisa didapat dari marjin harga.  

Itulah tujuh usaha kecil yang menjanjikan yang bisa kamu lakoni menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Tertarik menjalankan salah satu di antaranya? Mulai dari sekarang aja yuk mumpung 17 Agustus masih lama.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →