8 Ide Usaha Minim Modal dengan Target Pasar Bule, WNA, atau Ekspatriat

Mencari peluang usaha dengan modal kecil itu gak sulit, asalkan kamu tahu siapa target pasar usahamu. Karena tanpa target pasar yang jelas, mustahil bisnis kita bisa moncer di kemudian hari.

Dulu, MoneySmart sempat membahas usaha yang ditargetkan untuk orang malas, anak kampus, hingga lansia. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan membahas usaha-usaha dengan target pasar orang bule, ekspatriat, atau warga negara asing yang sedang berada di Jakarta.

Warga asing atau para kaum ekspatriat memang kerap dipandang sebagai para pendatang berkantong tebal. Wajar saja, nilai tukar Rupiah terhadap mata uang mereka cenderung gak besar, otomatis mereka tajir mendadak ketika sedang jalan di Jakarta.

Penasaran dengan peluang usaha dengan modal kecil yang bisa kamu targetkan ke mereka? Simak ulasannya di bawah sini yuk.

Baca juga: Mitos dan Fakta Tentang Uang dalam Hidup, Kamu Percaya yang Mana Nih?

1. Jasa personal trainer

Jasa personal trainer (Shutterstock).

Kesehatan tentu menjadi pokok perhatian utama bagi kita semua, terlepas dari Warga Negara Indonesia atau asing sekalipun. Akan tetapi, warga asing tampaknya lebih terbuka soal yang satu ini.

Buat mereka, olahraga tentu jadi kewajiban yang rutin mereka lakoni setiap hari. Dan untuk beberapa kategori olahraga, mereka tentu butuh jasa personal trainer.

Jika kamu memang jago dalam hal fitness, angkat beban, cardio, atau punya sertifikasi sebagai pelatih, jasa personal trainer tentu bisa jadi peluang usaha dengan modal kecil yang menguntungkan.

Modalnya memang kecil apalagi kalau kamu cuma menjadi pelatih fitness di gym. Mungkin yang kamu butuhkan hanya pakaian olahraga yang mumpuni, setidaknya bisa membuat dirimu kelihatan lebih representatif di depan mereka.

Berhubung kamu di Jakarta, ada baiknya untuk mencoba cari klien di Jakarta Selatan, terutama di Kemang. Gak sedikit lho warga-warga asing yang bermukim di sana.

2. Sewa kamar

Sewa kamar (Shutterstock).

Sewa kamar juga bisa jadi salah satu peluang usaha dengan modal kecil asalkan, rumahmu memang ada di pusat kota. Dan yang kedua, orangtua kamu memang gak keberatan dengan yang satu ini.

Gak sedikit warga asing di Jakarta yang memutuskan tinggal di guest house atau kontrakan yang harganya lumayan mahal. Menyewakan kamar kost untuk mereka tentu bisa jadi solusi.

Akan tetapi, pastikan saja bahwa kamar yang kamu sewakan punya fasilitas yang cukup mumpuni. Sebut saja seperti AC, kamar mandi di dalam kamar, dan televisi.

Untuk internet dan sebagainya, gak perlu harus sedia wifi. Nanti modalmu bakal membengkak.

Selain kamar kos, para warga asing backpacker juga kerap menyewa penginapan murah secara harian. Bisa jadi, rumahmu bakal jadi tujuan mereka ke depan.

Baca juga: Biar Gak Kalah Sama Ibu Rumah Tangga, Ini Trik Jitu Tawar Menawar di Pasar

3. Sewa motor

Sewa motor (Shutterstock).

Jika para warga asing itu memang menetap di Ibu Kota dalam jangka waktu lama, tentunya mereka bakal tekor kalau harus pesan Gojek atau Grab tiap hari. Apalagi kalau harus naik taksi.

Kalau sewa mobil, sudah pasti modalnya gede dong. Lain halnya dengan sewa motor.

Menyewakan motor gak perlu modal motor yang mahal-mahal. Pilih saja motor bebek atau matic yang kapasitas mesinnya kecil, akan tetapi motornya adalah motor Jepang.

Tentu hal ini bisa jadi peluang usaha dengan modal kecil yang sangat menguntungkan buatmu, mengingat sebagian besar warga Jakarta memang punya motor.

Kalau memang kamu punya motor, bersediakah kamu untuk menyewakannya ke mereka dan naik angkot tiap hari? Naik angkot bisa membantu pemerintah mengurangi kemacetan lho.

4. Toko oleh-oleh khas Jakarta

Toko oleh-oleh (Shutterstock).

Bagi para wisatawan atau warga negara asing yang menetap di Jakarta, gak mungkin dong kalau mereka gak pulang kampung sewaktu-waktu. Sama seperti kita yang jalan-jalan ke luar negeri atau kota, membeli oleh-oleh atau kerajinan tangan khas daerah tersebut sudah kayak ritual.

Kalau letaknya di mall, sudah pasti toko oleh-oleh itu menjual pernak-pernik yang harganya tinggi. Nah gimana kalau kamu dirikan saja toko oleh-oleh murah yang berbasis online?

Oleh-oleh Jakarta itu bermacam-macam. Gak cuma makanan dan minuman saja, kamu juga bisa memproduksi kaos dan sebagainya.

Untuk kaos, mungkin modalnya agak besar. Gimana kalau buat gantungan kunci saja? Pasti bujetnya masih lebih terjangkau bukan?

Baca juga: Pengin Hemat Biaya Internet Saat Liburan ke Luar Negeri, Begini Caranya

5. Jasa driver weekend

Jasa supir pribadi (Shutterstock).

Sopir tentu bakal jadi jasa yang sangat diperlukan para ekspatriat di Jakarta. Terutama bagi para ekspat yang sudah jadi bos besar dan punya istri WNI. Kalau mereka juga punya anak, tentu harus ada orang yang bisa siap sedia mengantar mereka setiap saat.

Tapi, jadi driver itu sejatinya sih bukan usaha modal kecil ya melainkan sebuah profesi full time.

Namun jika kamu memutuskan untuk jadi driver saat weekend saja, mungkin lain ceritanya. Itu baru bisa dikatakan sebagai usaha sampingan tanpa modal.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

6. Jasa pemandu wisata

Jasa pemandu wisata (Shutterstock).

Gak dipungkiri, sampai kapanpun jasa pemandu wisata bisa jadi peluang usaha dengan modal kecil atau bahkan “tanpa modal” yang menguntungkan. Para warga asing yang liburan di Jakarta tentu butuh pemandu dong, apalagi jika pada saat itu mereka benar-benar baru pertama kali menginjakkan kaki di kota megapolitan ini.

Daripada kesasar, Jakarta itu kejam lho angka kriminalitasnya juga cukup tinggi. Ya walaupun gak kayak Gotham Citynya Batman tapi tetap saja, gak semua wilayah di Jakarta itu aman.

Dan di samping itu, mereka juga pastinya bakal berterima kasih sama kamu jika kamu bisa mengantarkan mereka ke tempat belanja murah.

7. Kursus les Bahasa Indonesia

Kursus bahasa (Shutterstock).

Jangan salah, gak sedikit juga warga asing yang berwisata atau yang menetap di sini memang pengin bisa lancar berbahasa Indonesia. So, kamu yang fasih berbahasa Inggris kenapa gak buka kursus Bahasa Indonesia saja ke mereka?

Kamu tentunya bisa membuat materi belajar Bahasa Indonesia dengan bahasa pengantar Inggris. Dan sebisa mungkin kursusnya tatap muka saja ya, agar mereka bisa lebih cepat mengerti materi-materi yang kamu berikan.

Tapi itu semua tentunya hanya bisa berhasil kalau kamu paham soal kosa kata, dan dasar-dasar Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

8. Salon hewan

Salon hewan (Shutterstock).

Salon hewan tentunya bisa jadi peluang usaha dengan modal kecil yang menguntungkan buatmu. Pasalnya, para ekspatriat yang tinggal di Jakarta rata-rata punya hewan peliharaan. Apalagi kalau bukan anjing yang harganya mahal.

Dan jangan salah, bisnis ini bisa dimulai dengan modal Rp 3 jutaan lho. Asalkan salon yang kamu dirikan adalah salon kecil-kecilan saja, bukan salon besar seperti The Barkbershop, Jakpetz, dan sebagainya.

Atau jika memang kamu adalah pecinta hewan sejati, kamu bisa membuka salon hewan panggilan untuk mereka. Praktis bukan?

Itulah delapan peluang usaha dengan modal kecil dengan target pasar warga negara asing dan ekspatriat di Jakarta. Selain modalnya minim, tentu saja ada yang gak pakai modal bukan.

Tertarik untuk mencoba? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →