8 Jenis Profesi yang Gak Bakalan Punah karena Teknologi

jenis profesi

Sebelumnya, kita pernah membahas soal jenis profesi atau pekerjaan yang nyaris punah karena teknologi. Tapi kita belum pernah tuh ngebahas profesi yang diprediksi bakal bertahan sepanjang masa, walau dunia mengalami perkembangan yang pesat.

Di penghujung 2017, kita semua memang dikejutkan oleh peraturan e-toll. Di mana gardu tol udah gak lagi mau menerima pembayaran tunai. Semuanya harus pakai e-money, dan muncul pula pembahasan seputar nasib para petugas gardu tol.

[Baca: Aduh, Ini 8 Jenis Pekerjaan yang Terancam Punah karena Teknologi]

Meskipun dunia bakal tambah canggih di masa depan, gak semua pekerjaan bisa digantikan oleh kecerdasan buatan atau robot. Mau secanggih apapun, teknologi juga ciptaan manusia bukan? Itu artinya sampai kapan pun manusia bakal tetap jadi penentu perkembangan zaman.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut delapan jenis profesi yang gak bakalan hilang karena perkembangan teknologi. Yuk mari kita cari tahu apa saja.

1. Dokter dan tenaga medis

jenis profesi
Dokter (Alodokter)

Teknologi gak akan bisa bertindak multitasking hingga menyentuh ranah dunia medis. Dokter dan tenaga medis bukan profesi sembarangan. Dokter saja ada macam-macam, ada dokter umum, hewan, spesialis jantung, anak, dan lain-lain.

Wajib diingat bahwa dokter atau tenaga medis bekerja untuk menyelamatkan seseorang. Udah pasti, harus ada hubungan emosional yang mereka bangun dengan pasien. Belum lagi, banyak data-data medis yang sifatnya adalah rahasia.

2. Pengacara

jenis profesi
Pengacara mirip Bang Hotman Paris (Tribunnews)

Dalam dunia hukum, perkembangan teknologi bakal berperan untuk membantu proses penyelidikan suatu kasus. Meski demikian, seseorang masih akan butuh pengacara untuk memenangkan segala gugatan hukum.

Pengacaralah yang nantinya bakal berdebat mewakili kliennya. So, kalau pun bakal digantikan sama robot, masa iya robotnya harus sekolah komunikasi dan kuliah hukum dulu.

3. Para praktisi personalia

jenis profesi
Pengacara (Dream)

Mereka yang bekerja di sektor personalia tentu harus memiliki kelihaian dalam membaca karakter seseorang. Untuk bisa melakukan hal itu, tentu saja seseorang harus banyak mengerti perasaan orang lain.

So, gak mungkin dong teknologi bisa menggantikan peran mereka semua. Teknologi hanya bisa membantu mereka mengumpulkan data dan menyelesaikan pekerjaan.

4. Tenaga pengajar

jenis profesi
Guru (Liputan6)

Meskipun kamu sudah belajar secara online lewat webinar dan sebagainya, gak semua orang bisa melakukan hal itu. Tenaga pengajar masih akan menjadi profesi yang tak tergantikan oleh teknologi.

Anak TK saja butuh guru untuk mengajarinya membaca dan bersosialisasi. Begitu pula dengan orang yang memiliki keterbatasan.

Tenaga pengajar ini gak cuma sebatas guru lho ya. Mereka juga termasuk instruktur olahraga, atau apapun. Intinya tugasnya adalah mengajari seseorang untuk bisa melakukan sesuatu.

5. Jurnalis

jenis profesi
Jurnalis (Waspada)

Walaupun profesi ini adalah profesi dengan level stres yang cukup tinggi, tapi sampai kapan pun bakal tetap ada.

[Baca: 8 Pekerjaan di Indonesia dengan Gaji Kecil dan Level Stres Tinggi]

Seberapa canggihnya teknologi bisa mengumpulkan data-data seputar peristiwa yang terjadi di belahan dunia, hal itu gak luput dari hasil laporan para jurnalis.

Dalam proses liputan peristiwa, mereka juga harus memiliki skill komunikasi yang baik agar pesan yang mereka sampaikan bisa dicerna oleh masyarakat.

6. Aparat keamanan

jenis profesi
Polisi (Liputan6)

Jenis profesi ini juga gak mungkin digantikan oleh teknologi, meski ada film Robocop atau yang lain. Aparat keamanan, khususnya polisi adalah mereka yang menjaga keamanan di kalangan masyarakat.

Mengingat yang diamankan oleh mereka adalah manusia, sudah sepantasnya mereka juga punya sifat kemausiaan. Oleh karena itu, mustahil kalau aparat keamanan diganti sama robot.

7. Seniman

jenis profesi
Seniman (Kompas)

Apapun seninya, musik, lukis, pahat, sastra, atau perfilman sekalipun, tetap saja gak bakalan punah karena teknologi. Teknologi justru membantu mereka untuk menciptakan karya seni dengan praktis.

Coba lihat deh, dulu rekaman masih pakai pita kaset dan kalau salah harus ngulang dari awal. Tapi di jaman now ini, rekaman bisa dilakukan pakai laptop saja.

[Baca: 5 Bisnis dalam Dunia Musik yang Ampuh Datangkan Cuan]

Di dunia sinematografi, teknologi CGI juga makin canggih. Coba tonton film The Fast and Furious 7, karakter yang sudah meninggal dunia tiba-tiba muncul lagi. Eh tahunya dia cuma animasi, tapi kelihatan kayak sungguhan.

8. Atlet

jenis profesi
Atlet (Liputan6)

Judulnya saja sudah atlet alias olahragawan yang bakal mengharumkan nama bangsa. Jenis profesi ini udah gak mungkin digantikan sama kecerdasan buatan atau robot. Kecuali bakal ada kompetisi olahraga antar robot semacem di film Real Steel.

Itulah delapan jenis profesi yang diprediksi gak bakalan punah karena perkembangan zaman. Kira-kira apakah profesimu merupakan salah satu dari delapan profesi tersebut?

Atau mungkin menurut kamu ada profesi lain yang juga gak bakal punah karena teknologi? Share dong sama DuitPintar.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →