Mudik Jangan Sampai Tekor! Ini 8 Mobil Paling Irit dan Aman Buat Pulkam

mobil paling irit

Ngomongin mobil paling irit BBM di Indonesia, yang muncul di benak kita mungkin adalah mobil murah ramah lingkungan alias LCGC.

Anggapan itu memang benar, tapi asal kamu tahu nih, ada lho mobil dengan kapasitas mesin lebih besar tapi irit. Dan pastinya nyaman dan aman buat dipakai mudik tahun ini nih.

Carmudi telah merangkum daftar 10 mobil teririt di tahun 2017. Meski demikian, dari 10 mobil teririt tersebut ada yang kurang aman dipakai mudik.

Kenapa gak aman? Karena hasil uji tabrakannya (ASEAN dan EURO NCAP) gak baik. Oleh karena itu, MoneySmart gak bakal merekomendasikan kamu menggunakan mobil tersebut untuk mudik, walau memang irit bensin.

So, penasaran dengan mobil paling irit dan enak buat mudik? Berikut rekomendasi dari MoneySmart. Kita bakal urutkan mobil-mobilnya dari yang termurah sampai yang termahal.

1. Daihatsu Sigra tipe X

mobil paling irit
Daihatsu Sigra (Liputan 6)

Mengingat Daihatsu Sigra masuk ke dalam kategori LCGC, maka otomatis mobil ini masuk ke dalam kategori mobil paling irit BBM. Menurut Carmudi, konsumsi bensin Sigra bisa mencapai 19 kilometer per liter, tapi dengan catatan bensin yang digunakan adalah yang beroktan 92.

Hanya saja, kamu harus memilih Daihatsu Sigra varian X jika ingin menggunakan mobil ini untuk mudik. Karena hanya varian X lah yang lolos uji ASEAN NCAP dengan predikat yang cukup baik.

Meski demikian, tarikan mobil ini memang agak kurang di putaran bawah. Akibatnya, mobil ini suaranya bakal menggerung-gerung dan cukup mengganggu. Tapi soal harga, udah pasti sangat ramah kantong.

2. Toyota Calya

mobil paling irit
Toyota Calya (Liputan 6)

Kembarannya Daihatsu Sigra ini juga tergolong sebagai mobil paling irit yang enak dipakai mudik. Calya juga bisa dikatakan jauh lebih baik dari Sigra dalam sektor keamanan. Namun untuk harga, jelas Calya lebih mahal sedikit.

Calya juga punya suspensi empuk dan cenderung gak limbung ketika dipacu dalam kecepatan tinggi kayak Avanza. Tapi ya kekurangannya itu tadi, suaranya cenderung menggerung karena torsinya kecil.

3. Kia Picanto

mobil paling irit
Kia Picanto (Liputan 6)

Jangan ngeremehin mobil Korea. Kia Picanto sangat direkomendasikan lho buat mudik. Mobil ini konsumsi bensinnya tembus 19 kilometer per liter, sementara itu kapasitas mesinnya 1.200 cc.

Dan soal keamanannya, jempolan banget! Kia Picanto punya rangka yang bagus dan dua airbag. Kia juga menyematkan fitur side impact beam untuk melindungi hantaman samping.

Walaupun kecil dan tergolong city car, bukan berarti gak bisa dipakai mudik ya. Ada keuntungan mudik dengan mobil kecil yang gak dimiliki mobil besar lho.

4. Nissan March

mobil paling irit
Nissan March (Liputan 6)

Walaupun March adalah city car, bukan berarti mobil ini sama sekali gak bisa dipakai mudik lho. Pada Desember 2017, komunitas pemilik mobil ini juga sering mengadakan touring lintas kota.

Nissa March tampil dengan dua tipe mesin, yaitu 1.200 cc dan 1.500 cc. Menurut laporan dari Carmudi, konsumsi bensin March tembus 21 kilometer per liter! Lebih irit daripada Sigra maupun Calya. Sementara itu untuk uji tabrakannya di ASEAN NCAP, March juga mendapat bintang empat.

5. Mitsubishi Mirage

mobil paling irit
Mitsubishi Mirage (Liputan 6)

Masih di segmen city car nih, sekarang kita ke Mitsubishi Mirage. City car yang satu ini konsumsi bensinnya sama seperti March, yaitu mencapai 21 kilometer per liter.

Mirage yang dipasarkan di negara berkembang ini juga mewarisi karakteristik mobil Mitsubishi yang lain, yaitu tangguh. Hasil uji ASEAN NCAP-nya juga cukup memuaskan, lantaran mobil ini dapat predikat bintang empat.

6. Renault Duster

mobil paling irit
Renault Duster (Liputan 6)

Nah, ini adalah mobil SUV yang masuk kategori mobil paling irit BBM dan enak digunakan buat mudik. Kamu familiar gak sama mobil ini?

Duster ini diperkenalkan di Indonesia tahun 2014, waktu itu Renault lagi kerja sama dengan Nissan.

Yang menarik dari Duster adalah konsumsi bahan bakarnya yang mencapai 24 kilometer per liter. Kok bisa? Bisalah, wong mesin Duster ini adalah turbo diesel dengan kapasitas 1.500 cc!

Soal keamanan, mobil ini mendapat bintang tiga di uji ASEAN NCAP. Cukup okelah dan pastinya gak pasaran.

7. Toyota Altis  

mobil paling irit
Corolla Altis (Liputan 6)

Toyota Altis juga masuk dalam deretan mobil paling irit versi Carmudi. Walaupun mobil ini punya kapasitas mesin 1.700 cc, Altis bukanlah mobil yang boros kalau dipakai ke luar kota. Konsumsi bensinnya bisa 18 kilometer per liter.

Apa lantas aman mudik pakai sedan yang merupakan mobil pendek? Jelas aman, dan bahkan nyaman. Bagasi Altis luar biasa luas, orang pun bisa masuk ke dalam bagasi itu.

Untuk soal keamanan, sedan medium ini udah gak perlu diragukan lagi. Uji tabrakan ASEAN NCAP-nya bagus banget, dan dapat bintang lima. Jelas aja, wong airbag-nya ada tujuh.

8. Honda Civic Turbo

mobil paling irit
Honda Civic Turbo (Liputan 6)

Sudah irit, keren, aman, udah gitu kenceng banget. Itulah kata-kata yang pas buat mendeskripsikan Civic Turbo. Gak heran kalau yang naik Civic Turbo kegantengan atau kecantikan yang empunya bakal bertambah sekitar 70 persen lah.

Honda Civic Turbo masuk ke dalam jajaran mobil paling irit karena konsumsi BBM-nya tembus 22 kilometer per liter. Embel-embel turbo juga gak lantas membuat mobil ini boros bensin kok, tenang aja.

Soal keamanan, jangan diragukan lagi deh. Mobil ini dapat bintang empat di EURO NCAP.  

Tips mudik aman dengan kendaraan pribadi

Bagi perantau musim mudik adalah hal yang ditunggu-tunggu. Hal itu adalah salah satu cara mereka untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Banyak cara agar bisa sampai ke kampung halaman, salah satunya dengan menggunakan kendaraan roda empat pribadi.

Jika kamu ingin mudik dengan kendaraan pribadi, ada baiknya perhatikan dulu hal berikut ini.

1. Periksa kondisi kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan panjang, ada baiknya memang mengecek selalu kondisi kendaraan. Apakah aman untuk dibawa bepergian jauh atau tidak. Rutin mengecek bagian mesin, rem, oli, air bag serta roda membantu kendaraan semakin sehat.

Jangan remehkan hal ini, karena banyak terjadi kecelakaan akibat kendaraan tidak dalam kondisi baik. Apalagi dibawa bepergian ratusan kilometer, sudah pasti kendaraan harus dalam keadaan prima.

2. Jangan membawa banyak penumpang

Saat mudik, kamu pasti membawa banyak barang untuk orangtua, sanak saudara di kampung. Jika begitu jangan menambah beban kendaraan dengan membawa banyak penumpang lain. Jika mobilmu hanya berkapasitas 4 penumpang, usahakan untuk bertiga saja di dalam kendaraan. Karena sisanya adalah untuk ruang barang bawaan.

Jika terjadi kelebihan beban, hal ini berpotensi pada keselamatan semua penumpang. Pada dasarnya, setiap kendaraan didesain untuk membawa beban atau penumpang sesuai kapasitasnya masing-masing.

3. Bawa uang tunai secukupnya

Saat mudik membawa uang tunai sangat penting. Mengingat kamu akan kesulitan mencari mesin ATM saat di perjalanan kelak. Selain itu, gak semua toko bisa kamu bayar dengan kartu debit atau kredit. Jadi menyediakan uang cash itu perlu untuk keperluanmu selama di perjalanan.

4. Bawa makanan dan minuman secukupnya

Menempuh perjalanan jauh memang harus membawa bekal untuk di perjalanan. Namun usahakan tidak banyak, dan cukup untuk setengah perjalanan, minimal. Saat berkendara di tengah kemacetan yang membuat stres, kamu bisa berpotensi lapar dan haus, bahkan hal ini bisa menyebabkan kehilangan konsentrasi saat menyetir. Siapkan roti, camilan kering, minuman kemasan, snack favorit hingga buah-buahan selama di perjalanan.

5. Istirahat saat lelah

Mengemudi jarak jauh sangat melelahkan. Bahkan bisa membuat sekujur tubuh pegal-pegal. Belum lagi kondisi mata yang lelah akan membuyarkan konsentrasi saat mengemudi. Menghindari hal tidak diinginkan, jika sudah lelah kamu wajib berhenti di rest area untuk beristirahat. Jangan paksakan diri untuk terus menyetir jika sudah kelelahan. Melipir sejenak untuk tidur atau sekadar meluruskan kaki.

Tertarik mudik pakai mobil paling irit?

Itulah delapan deretan mobil paling irit yang direkomendasikan MoneySmart untuk mudik ke kampung halaman. Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa kok gak ada Avanza, Mobilio, atau Ertiga di sini.

Sejatinya Low MPV tersebut memang irit bensin, tapi delapan mobil ini masih jauh lebih irit. Lagi pula, faktor irit BBM itu juga gak hanya dilihat dari sebatas kapasitas mesin doang.

Misalkan kapasitas mesin kecil, bodi gede, dan yang naik mobil itu tujuh orang, udah pasti gak bakalan irit BBM. Ketika beban mobil makin berat, dan kalau tenaganya kecil, yang ada mobil bakal butuh minum bensin lagi.

Ketika mobilmu berukuran kecil dan barang bawaanya gak terlalu banyak, maka konsumsi bensin pun jadi lebih terkontrol. Mobil bisa bermanuver dengan mantap, kantong pun aman.

Apakah mobilmu ada di antara delapan mobil di atas? Gak usah ragu deh untuk dipakai mudik tahun ini.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →