8 Takjil Bulan Puasa yang Bisa Menghasilkan Rp 1 Juta Sehari

Takjil bulan puasa

Sebentar lagi waktunya buat bikin bisnis takjil bulan puasa nih. Apa kamu niat buat itu? Hitung-hitung buat pemasukan tambahan.

Lumayan banget lho. Bisa dapat Rp 1 juta per hari dengan modal yang cuma ratusan ribu.

Kira-kira, dengan modal Rp 500 ribuan kamu bisa belanja bahan baku seperti di bawah ini.

  1. Tepung terigu Cakra Kembar: Rp 45 ribu
  2. Telur ayam 30 butir Rp 50 ribu
  3. Tepung beras Rosebrand 5 kg: Rp 37.500
  4. Santan kelapa Kara 1 kg: Rp 33 ribu  
  5. Gula merah batok 2 kg: Rp 30 ribu
  6. Tepung tapioka Liauw Liong Pit 1 kg: Rp 26 ribu
  7. Ubi 1 kg: Rp 20 ribu
  8. Tepung jagung maizena Corn Starch 1 kg: Rp 11.500
  9. Daun pandan 5 ikat: Rp 30 ribu
  10. Gula pasir Gulaku: 1 kg Rp 13 ribu
  11. Garam Segitiga Emas 500 gram: Rp 5 ribu
  12. Pisang kepok curah 15 sisir: Rp 18.500
  13. Singkong curah 1 kg: Rp 6.500
  14. Jagung manis pipil 1 kg: Rp 12 ribu
  15. Bawang merah 1 kg: Rp 26 ribu
  16. Bawang putih kupas 1 kg: Rp 25 ribu
  17. Bihun jagung 500 gram: Rp 10.500
  18. Wortel curah 500 gram: Rp 6 ribu
  19. Kentang curah 500 gram: Rp 6.500
  20. Merica bubuk Boenga Koepoe Koepoe: Rp 12.400
  21. Kaldu ayam Al Sultan: Rp 16 ribu
  22. Margarin Blue Band 1 kg: Rp 22 ribu
  23. Daun bawang curah 165 gram: Rp 10 ribu
  24. Melon: Rp 19 ribu
  25. Pepaya: Rp 15 ribu
  26. Susu kental manis Carnation 750 gram: Rp 17 ribu

Total: Rp 523.400

Kemasan

Kantong plastik 150 buah: Rp 8 ribu

Gelas plastik polkadot 150 buah: Rp 16 ribu

Total: Rp 547.400

Bayangin dengan bujet Rp 500 ribu aja udah dapat bahan baku sebanyak itu. Tapi harga di atas bisa aja berubah sewaktu-waktu ya, bisa jadi lebih murah atau sebaliknya.

Dengan bahan baku sebanyak itu, kira-kira kamu bisa bikin delapan takjil. Nantinya, takjil-takjil tersebut bisa kamu jual dengan harga bervariasi. Kalau jualnya di tempat yang ramai, pasti cepat laku deh.

Langsung aja, berikut beberapa takjil yang bisa kamu buat.

1. Pastel

Bahan baku

Isi pastel:

  • 3 buah wortel
  • 1 buah kentang
  • Bihun putih udah direbus
  • Telur rebus
  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • 1 buah bawang bombai cincang halus
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Adonan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 3 sendok makan mentega cair
  • Garam
  • Air

Cara membuat:

  • Buat bahan isian terlebih dulu: tumis bumbu sampai harum,  masukkan kentang, wortel, dan air. Lalu tunggu sampai empuk
  • Beri garam gula, coba rasakan dulu. Jika udah pas masukkan bihun lalu aduk rata
  • Buat kulit pastelnya dengan mencampurkan semua bahan, lalu beri air sedikit-sedikit dan uleni
  • Pastel siap dibentuk dan digoreng (isian harus dalam kondisi dingin sebelum dibungkus dengan kulit)
  • Goreng sampai matang dan sajikan

2. Kolak pisang singkong

Bahan baku

  • Pisang kepok secukupnya potong serong
  • Singkong secukupnya potong-potong
  • 1/4 gula merah
  • 3 sdm gula putih (atau sesuai selera)
  • Garam
  • 1 liter air
  • Santan secukupnya
  • 2 lembar daun pandan

Cara membuat:

  • Rebus singkongnya dahulu dengan air hingga empuk
  • Tambahkan gula yang udah disisir dahulu, pandan, dan garam
  • Masukkan pisang yang udah dipotong, santan, dan masak dengan api kecil
  • Cek rasa. Kalau udah oke, sajikan

3. Kolak biji salak

Bahan baku:

  • 700 g ubi
  • 200 g tepung tapioka
  • Air buat merebus biji salak (secukupnya)

Kuah gula merah :

  • 1 liter air’
  • 1 sdt garam
  • 220 g gula merah
  • 2 helai daun pandan
  • 1 sdm tepung tapioka dilarutkan dalam air 1/2 gelas

Kuah santan:

  • 500 ml santan
  • 1/2 sdt garam
  • 2 helai daun pandan

Cara membuat:

  • Rebus atau kukus ubi hingga matang, lalu hancurkan
  • Campurkan ubi dengan tepung tapioka, dan buat adonan
  • Bentuk bulat bulat adonan tersebut, kemudian siapkan air mendidih setengah panci
  • Rebus biji salak yg udah dibuat bulat hingga mengambang
  • Angkat dan tiriskan
  • Buat kuah gula dengan mencampurkan garam, gula, air, dan daun pandan. Aduk hingga mendidih, matikan kompor, masukan biji salak ke dalamnya. Kalau kurang manis tambahkan gula pasir sesuai selera.
  • Buat kuah santan dengan mencampurkan santan, garam, dan daun pandan. Harus diaduk terus biar santan gak pecah. Jika udah mendidih angkat.
  • Kolak biji salak siap disajikan

4. Nagasari pisang

Bahan baku:

  • 6 buah pisang kepok
  • 200 g tepung beras
  • 100 g tepung tapioka
  • 800 ml santan
  • 130 g gula pasir
  • 3 slice keju
  • Sejumput garam

Cara membuat:

  • Masak santan, gula pasir, dan garam hingga mendidih, lalu sisihkan
  • Panaskan kukusan, lapisi tutup pengukus dengan serbet bersih
  • Campurkan tepung beras dan tepung tapioka
  • Masukkan campuran santan ke dalam tepung, aduk rata hingga licin dan gak bergumpal
  • Potong potong pisang yang telah dikupas, lalu masukkan pada campuran tepung
  • Oles loyang dengan minyak
  • Masukkan setengah adonan ke dalam loyang,lalu kukus dengan api sedang hingga matang
  • Siap disantap hangat ataupun saat dingin

5. Sosis Solo isi telur

Bahan baku

  • 100 gram tepung terigu
  • 150 ml air
  • 1 butir telur
  • 1 sendok margarine (lelehkan)
  • 1 sendok santan kara (bisa pakai bisa gak)

Bumbu yg dihaluskan utk kulit :

  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt garam & penyedap rasa

Bahan isi :

  • 3 butir telur
  • 2 ikat daun bawang
  • Bumbui dengan garam, bawang putih, merica, penyedap rasa
  • 1 butir telur ambil putihnya aja

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan kulit, blender semua bahannya
  • Goreng kulit sosis di teflon dengan api kecil
  • Campur semua bahan isinya dan buat orak arik
  • Isi kulit sosis solo dengan bahan isian
  • Goreng sosis solonya sampai kekuningan dengan melumuri dengan kocokan putih telur
  • Siap disajikan

6. Risoles isi sayur

Bahan baku:

Bahan Kulit

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
  • 200 gram terigu Cakra
  • 1 sdm kanji/tapioka
  • 1 telur
  • 1 sdm margarin lelehkan
  • 500 ml air
  • Garam
  • Lada bubuk

Bahan Isi

  • 2 buah kentang ukuran sedang
  • 1 wortel
  • Bawang putih dan merah secukupnya
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • Daun seledri
  • 30-50 ml air
  • Garam
  • Sedikit gula
  • Sedikit kaldu bubuk (opsional)
  • Telur rebus potong kecil-kecil

Bahan Pelapis/pencelup :

  • 3 sdm terigu+4 sdm kanji+air secukupnya

Cara membuat:

  • Buat kulit dengan mencampur semua bahan jadi satu, dan bikin jadi seperti dadar di teflon (dengan bahan baku di atas bisa jadi 20 porsi ukuran sedang)
  • Buat isian dengan memotong kotak kentang dan wortel. Rebus semua sampai matang, dan buat kentangnya lumatkan kasar
  • Tumis bawangnya dengan minyak sampai matang, dan harum
  • Masukan Kentang dan wortel, lalu tambahkan sedikit air, masukan gula, garam, lada bubuk, dan sedikit kaldu. Masak sampai air menyusut. Tambahkan daun seledri. Kemudian cek rasanya dan matikan api.
  • Isi kulit dengan isian kentang lalu gulung, rekatkan bagian ujungnya.
  • Celupkan ke dalam bahan pencelup atau pelapis (buat bahan pelapis cuma kanji, terigu dan air, gak perlu pakai telur) gak usah terlalu kental dan terlalu encer. Kurang lebih seperti adonan buat pisang goreng aja.
  • Goreng sampai matang dan sajikan

7. Cucur gula merah

Bahan baku

  • 800 gram tepung terigu
  • 400 gram tepung beras
  • 1 kg gula merah
  • 1.700 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak

Cara membuat:

  • Rebus gula merah sampai larut
  • Campur tepung dan garam, tuang air gula sedikit demi sedikit, aduk dengan sendok sayur sampai larut, tutup adonan, simpan dalam kulkas antara dua hingga empat jam
  • Goreng cucur dengan minyak secukupnya
  • Jika kamu pengin berbentuk bunga di cucurnya, gak perlu dibalik kok. Siram aja bagian tengahnya dengan minyak yang ada di pinggiran cucur
  • Angkat dan sajikan

8. Sop buah sederhana

Bahan baku:

  • 50 gr melon potong sesuai selera
  • 50 gr pepaya potong sesuai selera
  • 50 gr pisang potong-potong
  • 2 sdm gula pasir
  • 150 ml air
  • Susu kental manis secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya:

  • Masukan semua bahan yang telah dipotong-potong ke dalam wadah ukuran besar
  • Rebus gula pasir ke dalam 150 ml air, hingga air mendidih. Tuang air rebusan gula ke dalam gelas yang berisi potongan buah
  • Sajikan

Gimana cara jual takjil Bulan Puasa hingga datangkan omzet Rp 1 juta?

Itulah delapan resep takjil bulan puasa yang siap mendatangkan omzet Rp 1,5 juta sebulan buatmu. Eh, tapi ngomong-ngomong kita belum bahas gimana cara jualnya kan?

Baiklah, buat caranya sendiri tentu aja gak sulit. Intinya, buat menu kolak seperti kolak pisang dan biji salak bisa dijual per porsi di harga Rp 6 ribu. Sementara itu, sop buah di harga Rp 7 ribu aja.

Sementara itu, buat kue-kue seperti pastel, nagasari, sosis solo, risoles, dan cucur, bisa dijual di harga Rp 2.500 hingga Rp 3.500. Tergantung kuenya, kalau pengin dipukul rata juga sah-sah aja.

Setelah itu coba buat bikin target penjualan seperti di bawah ini.

Sop buah: Rp 7 ribu x 60 gelas = Rp 420 ribu

Aneka kolak: Rp 6 ribu x 60 gelas = Rp 360 ribu

Aneka kue: Rp 2.500 x 100 buah = Rp 250 ribu

Total omzet sehari Rp 1.030.000

Tuh bener kan bisa sampai Rp 1 jutaan per hari. Tapi balik lagi, itu semua sifatnya gak menentu. Kadang ramai dan kadang-kadang juga sepi.

Pokoknya pilih lokasi strategis deh kalau pengin jual takjil bulan puasa ini. Kalau emang rumahmu kurang strategis, coba jual di jalan raya, atau titip aja di penjual lain.

Selamat mencoba!

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →