Abis Naik Gaji? 5 Godaan Ini Bisa Bikin Miskin Lho

lelaki melompat di atas tumpukan uang logam

Naik gaji adalah momen yang sangat menggembirakan bagi karyawan. Tapi jangan salah, bisa jadi peristiwa menggembirakan bisa berubah jadi sebaliknya akibat kesalahan-kesalahanmu

Dengan adanya kenaikan gaji, jumlah uang THR juga bisa naik, begitu pula bonus rutin tahunan.

Tapi percaya gak percaya, kenaikan gaji itu juga cenderung diiringi dengan kenaikan pengeluaran yang signifikan. Saat gaji kecil hidup kita mungkin lebih irit, tapi saat bertambah maka gaya hidup juga makin menjadi.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang harus diwaspadai ketika kamu naik gaji. Mau tahu apa saja? Yuk cek di bawah sini.

1. Selebrasi berlebihan dan konsumsi makanan naik

beberapa orang makan di satu meja makan
Traktir teman boleh asal jangan sampai lebih dari 10 persen gaji. (Pixabay)

“Wah baru naik gaji nih, yuk kita makan-makan!”

Gak salah kok untuk traktir-traktir teman atau saudara untuk merayakan yang satu ini. Tapi kalau sekali traktir sampai 20 persen gaji ya tentunya gak sehat. 

Semestinya, urusan traktir mentraktir masuk ke dalam daftar pengeluaran gaya hidup. Idealnya, jumlah maksimal untuk pengeluaran gaya hidup ini adalah 10 persen saja dari total penghasilan bulanan.

Kalau setelah dihitung pengeluarannya sampai 20 persen gaji, ya sudah mau gak mau puasa belanja dan jalan-jalan ya. Padahal, 20 persen itu mending buat investasi bukan? 

Buat beberapa orang, peristiwa ini terjadi cuma sekali saja saat menerima gaji baru. Namun gak sedikit juga yang akhirnya keterusan dan jadi royal, berasa kayak sultan. 

2. Punya hobi baru

wanita memotret dengan kamera dan tripod
Mentang-mentang naik gaji, mendadak pengin punya hobi baru. (Pixabay)

Khusus buat pria, hobi baru bisa saja muncul saat dompet makin tebal. Setuju gak?

Setiap hobi memang punya biaya yang cukup beragam. Nambah hobi tentunya nambah pengeluaran juga dong, setuju gak?

Misalnya saja, setelah naik gaji, mendadak pengin merealisasikan niat jadi kolektor mainan diecast. Atau selama ini pengin punya peralatan kamera lengkap, begitu naik gaji langsung borong alat-alat yang selama ini didambakan. Apakah dengan memiliki hobi baru ini suatu kesalahan besar? Gak juga. 

Baiknya, sebelum kamu memutuskan untuk mengeluarkan uang untuk urusan hobi, cobalah untuk berpikir dua kali. Tanyakan saja pada dirimu, apakah gak sebaiknya kenaikan gajimu ini dimanfaatkan buat membeli aset baru?

3. Harga outfit lebih mahal

sneakers hitam
Gak harus beli sneakers mahal meski gaji udah naik. (Pixabay)

Pas belum naik gaji outfitnya biasa-biasa saja, brand lokal atau kalau bisa belanjanya di factory outlet aja biar hemat. Tapi setelah naik gaji, mulai sering beli sneakers limited edition yang kalau dijual “katanya” sih bisa mahal banget. Pokoknya, dari aksesoris kepala sampai ujung kaki, kalau dijumlahkan harganya senilai jutaan Rupiah.

Salah gak kalau begini? 

Outfit sejatinya adalah kebutuhan pokok yang sering disebut dengan istilah “sandang.” Kalau setiap bulan ada “sandang” baru yang harganya mahal dan nilainya sampai 10 atau mungkin 30 persen dari penghasilan, itu sama saja kamu buang-buang duit.

Kebutuhan akan sandang sejatinya sudah cukup dipenuhi tanpa harus pakai embel-embel barang branded. Coba lihat kebutuhan lain yang sebenarnya bisa kamu penuhi lebih dulu. Misalnya saja kebutuhan akan “papan”. Apakah kamu sudah punya aset properti seperti rumah atau apartemen? 

4. Langsung ganti gadget seharga gaji sebulan

gadget
Kalau gadget yang lama masih berfungsi, kenapa harus beli yang baru? (Pixabay)

Nah ini nih yang lumayan bahaya. Mentang-mentang abis naik gaji, besoknya langsung ganti smartphone, udah gitu harga smartphonenya setara gaji sebulan.

Walaupun alasannya adalah karena “biar awet bertahun-tahun”, coba pertimbangkan hal ini: apakah gadget kamu udah gak lagi berfungsi dengan baik? Apakah niat beli yang baru hanya karena ingin merasakan memiliki gadget keluaran terbaru saja?

Intinya, inovasi gadget itu gak akan ada habisnya. Dari tahun ke tahun akan ada yang keluaran terbaru. Membeli gadget setara gaji sebulan tentu gak bijak. Hal itu disebabkan karena kalau mau teliti, masih banyak gadget-gadget yang bisa menunjang produktivitas tapi dijual dengan harga gak sampai sebesar gaji.

Selain itu, kalau gadget yang sekarang kamu gunakan masih bisa dipakai, gak lemot, dan masih asyik dipakai buat multitasking, ngapain beli baru?

5. Belum punya rumah tapi nyicil mobil

mobil
Ketimbang kredit mobil, pertimbangkan buat beli properti. (Pixabay)

Baru aja naik gaji, langsung cicil mobil. Padahal aset properti juga belum punya, dan masih tinggal di rumah orangtua. 

Percaya deh, dengan adanya mobil, maka pengeluaranmu per tahun bakal makin besar. Ujung-ujungnya gaji yang baru saja naik gak akan berasa sama sekali.

Memutuskan buat kredit mobil, tandanya kamu harus siap membayar cicilan per bulan sesuai tenor, beli bahan bakar rutin, servis ringan rutin, hingga bayar pajak tahunan. Yakin uangnya mau dipakai buat ini?

Itulah lima hal yang gak sebaiknya kamu lakukan ketika kamu naik gaji. Agar gaji barumu lebih berfaedah, alangkah baiknya untuk langsung bikin alokasi anggaran saja usai menerima gaji baru.

Usahakan pengeluaranmu tetap sama seperti saat gajimu belum naik. Nah sisa uang dari gaji baru itu, diinvestasikan saja di reksa dana atau saham. Biar masa depan makin cerah! Buat yang masih belum tahu bagaimana investasi reksa dana atau saham, bisa baca artikel Lifepal lainnya.

Selain itu, Kamu yang selama ini hanya mengandalkan BPJS Ketenagakerjaan dan asuransi kesehatan yang diberikan kantor, bisa mulai mempertimbangkan untuk membeli asuransi jiwa. Asuransi jiwa amat penting dimiliki, terutama buat kamu yang sudah berkeluarga. Jika sesuatu hal yang buruk terjadi padamu, keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan uang pertanggungan sesuai dengan jenis polis yang dibeli. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →