Ada Uang Rupiah Baru, Uang Lama Gimana ya?

uang rupiah baru

BI baru aja meluncurkan uang Rupiah baru, terus uang lama gimana ya. Kira-kira mau diapain tuh uang lamanya?

Jangan buang uang lama kalau kamu belum jadi milyarder. Jangan juga ngelipet-lipet uang lama sampai kucel dan bentuknya nggak karuan.

Simpan baik-baik uang lama kamu, karena kamu masih bisa manfaatin uang lama buat hal ini. Apa aja sih? Yuk simak.

1. Uang lama masih laku sampai 10 tahun

uang lama gimana
Beh masih banyak aja duitnya bos, bagi-bagi lah hehe (uang Rupiah/Merdeka)

Uang lama gimana ya? Ya masih laku pastinya. Sebagai alat pembayaran yang sah. Kok bisa?

Karena BI sudah memberikan statement kalau peredaran uang Rupiah baru tahun emisi 2016 tidak menggantikan uang rupiah yang beredar. Nah terus sampai kapan berlakunya?

Belum ada keputusan kapan uang lama ditarik dari peredaran. Dan kalaupun BI mau menghentikan peredarannya, keputusan itu baru bisa diambil 10 tahun.

2. Uang lama dikoleksi aja

Bingung sama uang lama kamu, yaudah di simpen aja yang rapih. Kalau bisa malah dimasukin bingkai.

Nggak ada yang tahu lho uang lama yang kamu simpen bakal jadi langka di masa depan dan bisa dijual. Tapi ya kamu jangan banyak-banyak juga nyimpen uang lama.

Koleksi uang hanya bisa jadi hobi. Toh juga harga uang kuno baru bisa naik setelah beberapa tahun kemudian. Mungkin nanti cucunya cicit kamu kali yang jual hehehe.

3. Uang lama setor aja ke bank

uang lama gimana
Ati-ati salah itung mba nanti diomelin supervisornya (Teller Bank/Solopos)

Kamu nyimpen uang lama dalam bentuk cash? setorin aja ke bank dan ditabung. Daripada cashnya disimpen di dompet, entar nggak sadar kamu pake malah abis.

Pas udah masuk rekening kamu tetap lakuin apa aja sama uang kamu. Mau investasi bisa, mau deposito juga bisa.

Cashflow kamu juga lebih terkontrol kan kalau kamu nggak megang duit banyak di tangan. Uang kamu aman di bank, nggak ada yang usil sama uang kamu.

4. Uang lama top-up aja di layanan e-money

Selain disetor ke bank, uang lama bisa kamu setor untuk top-up saldo di e-money. Jaman sekarang nggak usahlah bawa cash banyak-banyak.

Misalnya nih, kamu suka naik GoJek ya top up aja GoPaynya pake cash. Kasih uang lamamu ke abang-abang GoJek. Nanti dia akan transfer ke saldo Gopay kamu.

Ada juga Dompetku yang saldonya bisa ditop-up di Alfamart, Alfamidi atau 7-Eleven. XL Tunai juga bisa di Indomaret atau Alfamart, Mandiri E-money dan rekening ponsel CIMB Niaga juga bisa.

5. Uang lama tukar aja sama yang baru

uang lama gimana
Pengen ada pemandangan uang baru di dompet? ya tukerin aja uang lamanya dengan yang baru hehehe. (uang Rupiah baru/Viva)

Bosen lihat uang lama di dompet dan pengin punya uang baru, ya tukar aja uangnya sama yang baru. Cara tukarnya gampang kok.

Kamu bisa tukarkan uang lama di kantor perwakilan BI. Kantornya sendiri ada 33 lho. Bisa juga lewat mobil kas keliling.

Nah khusus yang mau nukar uang lama dengan baru di kas keliling, pantau dulu tempat mangkal mereka. Kamu bisa tahu lokasi mobil kas keliling BI di akun twitter https://twitter.com/bank_indonesia.

Nah gimana guys, udah nggak bingung kan mau diapain uang lamanya. Buat yang udah nukar uang, nggak usah khawatir mau transaksi karena uang Rupiah baru udah sah digunakan.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Uang Rupiah Ada yang Baru, Ayo Kenalan Dulu Sama 6 Faktanya Ini]

[Baca: Hidup di Pelosok dan Gak Ada Bank? Sudah Ada Layanan Keuangan Digital Lho!]

Tanya Lifepal - Untuk Pertanyaan Keuanganmu
Apakah poin-poin omnibus law cipta kerja (ciptaker) yang perlu diketahui karyawan?Di wilayah kantor saya sering sekali dengar tentang ramai nya perbincangan omnibus law akhir-akhir ini. Penasaran aja, apa sih poin-poin penting untuk kita para karyawan?Dijawab : Rieke Caroline, SH, MKn.

[Baca: Tarik Tunai dan Bertransaksi dengan Ponsel, Tanpa Perlu Buka Buku Tabungan, Ya Rekening Ponsel Dong]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →