Aduh, Ini 8 Jenis Pekerjaan yang Terancam Punah karena Teknologi

Jenis Pekerjaan

Zaman berganti, teknologi sudah pasti akan terus-menerus berkembang jadi semakin mutakhir. Pernah berpikir gak kalau kecanggihan teknologi ini bakal menggeser jenis pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia?

Iya, yang dulunya dikerjain sama manusia, sekarang udah bisa dikerjain sama komputer. Terus ngapain bayar gaji karyawan? Begitu kira-kira pikiran para pengusaha.

[Baca: Susah Cari Kerja? Mungkin Kamu Belum Manfaatin Dunia Digital]

Nah biar gak ketar-ketir dan kaget, simak nih sembilan jenis pekerjaan yang mungkin terancam karena kecanggihan teknologi. Mulai bikin strategi kalau salah satunya adalah pekerjaan kamu ya.

1. Operator Jalan Tol

jenis pekerjaan
Siapa yang gak hapy disenyumin mbak manis nih hehehe (Operator Jalan Tol / blogspot)

Sudah tahu kan kalau kebijakan pembayaran dengan uang non-tunai alias uang elektronik udah efektif dilakukan di seluruh gerbang tol di Jakarta? Lalu bagaimana dengan nasib para operator jalan tol yang biasanya?

Pastinya akan terjadi pengurangan atau pengalihan tugas dari perusahaan bagi para operator tersebut. Dan bukan gak mungkin saat semua sistem makin terpadu, profesi operator jalan tol bakalan gak dibutuhkan lagi.

2. Konsultan Keuangan Pribadi

jenis pekerjaan
Punya penasihat keuangan enak lho, bisa ngingetin biar uang kita aman buat masa depan. (Konsultan Keuangan / independent )

Kalau kamu mau rajin browsing, banyak lho aplikasi keuangan dan jasa konsultasi keuangan gratis di Internet. Mulai dari tips nabung, investasi, sampai pengelolaan utang. Dan ini bisa jadi ancaman buat profesi konsultan keuangan. Ya kalau ada yang gratis, ngapain bayar kan?

3. Pengantar Surat dan Koran

jenis pekerjaan
Pak besok masih anter koran gak? Entahlah… (Loper Koran / line)

Siapa yang masih suka kirim surat atau langganan koran? Bisa jadi udah langka. Gimana gak, wong balita sampai lansia hobinya sekarang main Internet. Apalagi sejak sosmed berjaya. Udah gak ada lagi deh tuh yang surat-suratan dan jadi sahabat pena.

Hal yang sama juga terjadi sama koran. Media massa sekarang fokus di media online karena dinilai lebih mudah dan murah diakses masyarakat. Akibatnya, semakin dikit deh yang langganan koran di rumah.

Turunnya peminat koran dan aktivitas surat-menyurat, mau gak mau juga berdampak ke profesi loper koran dan tukang pos. Jenis pekerjaan ini jadi terancam karena keberadaan teknologi.

4. Agen Perjalanan

jenis pekerjaan
Mau jalan-jalan sekarang mah tinggal klik, klik, depan smartphone juga bisa ya! (Agen Perjalanan / kotabogor)

Mungkin tren beberapa tahun lalu, kita harus memesan tiket pesawat ke jasa agen perjalanan. Tapi sekarang udah gak lagi, karena pemesanan tiket transportasi hingga akomodasi sudah bisa dilakukan secara online. Tinggal pilih mana yang menawarkan harga terbaik dan pas sama kebutuhan kamu di mana saja, kapan saja. Atau malah mau manfaatkan traveling buat hasilkan uang? Bisa juga lho.

[Baca: Punya Hobi Traveling Manfaatin Buat Menghasilkan Uang Dong]

5. Buruh Pabrik

jenis pekerjaan
Ayo kerja yang rajin ya, jangan uma kalau ada pak mandor hehehe (Buruh Pabrik / inderaalam)

Dengan mulai diciptakannya inovasi-inovasi mesin pabrik untuk berbagai kebutuhan, bukan gak mungkin eksistensi para buruh terancam. Apalagi mesin-mesin pabrik sekarang bisa melakukan pekerjaan lebih cepat dan akurat. Jadi gak heran kalau jenis pekerjaan ini diprediksi akan terus berkurang di masa depan.

6. Operator Telepon

jenis pekerjaan
Halo, bisa bicara dengan salah sambung? Lho gimana sih hehehe (Operator Telepon / linkedin)

Profesi operator telepon bisa jadi menghilang beberapa tahun lagi. Ini karena sudah mulai banyak mesin dan robot penjawab telepon yang bisa bertugas 24 jam tanpa libur atau istirahat. Mungkin banyak perusahaan akan mulai memilih menggunakan mesin penjawab.

Alasannya apalagi kalau bukan demi efisiensi tenaga kerja dan anggaran buat bayar gaji sumber daya manusia jadi berkurang. Tapi, masih banyak orang yang lebih memilih berbicara dengan petugas operator dibandingkan mesin penjawab sih. Jadi semoga masih ada harapan ya.

7. Kasir

jenis pekerjaan
Senyum si mbak Kasir mengalihkan duniaku, aseeek! (Kasir / salesforce)

Siapa yang gak senang belanja online? Sudah cepat, mudah, banyak promo juga. Gak perlu lagi ribet naik kendaraan dan bermacet-macet ria buat belanja di satu toko tertentu.

Menjamurnya e-commerce alias online shop gak dipungkiri mempengaruhi minat konsumen buat belanja di toko fisik. Tren belanja online bisa bikin toko fisik gulung tikar dan mengancam keberadaan profesi kasir. Dengan belanja online, nominal transaksi akan dikalkulasi oleh sistem, gak ada kasir seperti layaknya toko fisik.

8. Penjaga Perpustakaan

jenis pekerjaan
Kalau penjaga perpustakaannya Rangga, kamu takut apa suka? Hahaha (Rangga AADC / cnnindonesia)

Jenis pekerjaan ini jadi terancam karena teknologi yang semakin canggih bikin mayoritas orang jadi malas baca buku. Sekarang maunya serba cepat, praktis, dan kekinian. Buku konvensional sudah mulai digantikan oleh e-book alias buku digital. Mesin pencarian seperti Google, Bing, UC Browser, Yahoo, dan lainnya pun makin marak.

Alhasil, perpustakaan jadi makin sepi pengunjung deh. Gimana nasib para penjaga perpustakaan? Bisa jadi gak akan diperlukan lagi kalau semua orang sudah mendapatkan apa yang mereka butuhkan dari Internet.

Kalau profesi yang kamu jalani sekarang termasuk dalam salah satu daftar di atas, jangan galau atau pesimis. Kecanggihan teknologi memang selalu lebih menarik dan seringkali lebih baik, tapi manusia masih punya daya kreativitas yang gak bisa digantikan oleh kecanggihan apapun kok! Jadi, peluang sukses itu selalu ada lho.

[Baca: Miliki Dulu 8 Karakter Ini Kalau Mau Menjadi Orang Sukses]

Jalani profesimu sebaik-baiknya, jangan pernah berhenti belajar. Perkaya diri dengan update dan melek teknologi ya. Juga terus tingkatkan kemampuan diri kamu. Secanggih-canggihnya teknologi tetap butuh manusia sebagai penggeraknya kok!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →