Agar Laris Berjualan, Begini Cara Mengganti Nama Toko di Tokopedia

Cara Mengganti Nama Toko di Tokopedia

Kali ini Lifepal akan mengajak kamu membahas bagaimana  cara mengganti nama toko di Tokopedia. Sebelumnya, kamu tentu sudah tahu dong apa itu Tokopedia? Ya, Tokopedia merupakan salah satu e-commerce  terpercaya buatan anak negeri.

Tokopedia juga merupakan marketplace yang terus bertumbuh setiap tahunnya dan banyak diminati, baik oleh pedagang maupun pembeli. Kamu bisa menemukan beragam produk mulai dari skala kecil hingga besar, bahkan yang dijual secara internasional. Puluhan ribu transaksi bisa terjadi di Tokopedia setiap harinya.

Maka tak heran bila Tokopedia menjadi incaran banyak pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar yang lebih luas. Kamu pun bisa lho memulai usahamu dengan membuka toko online di Tokopedia. 

Tak perlu khawatir soal biaya, karena kamu bisa mendaftar dan mulai berjualan tanpa biaya admin atau 100 persen gratis!

Buka toko di Tokopedia

Siapapun, tanpa pandang bulu bisa membuka toko di Tokopedia. Meski kamu seorang pemula yang baru akan memulai bisnis sekalipun, sah-sah saja jika ingin memiliki toko online sendiri di Tokopedia. Justru membuka toko di Tokopedia adalah awal yang  bagus untuk memulai bisnismu.

Selain itu, ada pula beberapa keuntungan yang akan bisa kamu nikmati bila memilih membuka toko di Tokopedia. Apa saja?

Bebas biaya

Dibandingkan membuka lapak di pasar atau menyewa kios, membuka toko online jauh lebih murah. Pasalnya, berjualan di Tokopedia tidak dipungut biaya apa pun. Hanya butuh modal paket data agar kamu bisa stand by di toko online setiap kali ada pelanggan yang datang.

Jangkauan se-Indonesia

Salah satu kelebihan dari sistem toko online adalah, jangkauannya yang sangat luas. Tokopedia mengklaim 98 persen calon pembeli potensialnya berada di wilayah Indonesia. Bayangkan, seluruh pengguna Tokopedia dari Sabang sampai Merauke bisa kamu jangkau tanpa perlu pergi ke mana-mana atau menghabiskan ongkos lebih. 

Jangan lupakan juga ada kemungkinan 2 persen sisanya adalah calon pelangganmu yang berasal dari luar wilayah Indonesia. Wow!

Logistiknya Lengkap

Jika toko online bisa menjangkau sampai ke seluruh nusantara yang sangat besar dan luas ini, lalu bagaimana dengan pelayanan logistiknya? Tenang, Tokopedia memiliki pilihan logistik lengkap untuk pengiriman ke manapun, termasuk hingga ke pelosok Indonesia.

Banyak Fitur Pendukung

Tak hanya pembeli di Tokopedia yang bisa menikmati beragam fitur menarik, penjual pun tak akan ketinggalan mendapatkannya. Ada berbagai fitur yang dapat membantu para penjual meningkatkan penjualan serta memudahkan untuk mendapatkan pelanggan. Seperti promo, TopAds, hingga dukungan influencer agar jualanmu makin laris manis.

Bagaimana, tertarik untuk membuka toko di Tokopedia? Jika iya, hal yang tak kalah penting untuk kamu perhatikan adalah memilih nama yang tepat. Pasalnya, nama toko bisa mempengaruhi minat para pembeli. Jika tokomu memiliki nama yang unik dan mudah diucapkan, tentu pembeli akan mudah ingat juga.

Jika kamu baru akan membuat toko, nah ini adalah saat yang tepat untuk memikirkan baik-baik nama yang cocok untuk toko online-mu. Sementara untuk yang sudah lama memiliki toko di Tokopedia dan ingin mengubah nama tokonya menjadi lebih menarik, kamu bisa lho melakukannya dengan mengikuti langkah cara mengganti nama toko di Tokopedia berikut ini.

Cara mudah mengganti nama toko di Tokopedia

Cara mengganti nama toko di Tokopedia memang tidak bisa dilakukan secara langsung seperti ketika kamu ingin mengganti nama Facebook atau Instagram pribadi. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengganti nama toko online di situs tokopedia.

  • Berikut ini cara mudah mengganti nama toko di Tokopedia yang bisa kamu coba
  • Log in ke akun di situs resmi Tokopedia melalui browser di laptop atau PC
  • Masuk ke halaman pusat bantuan Tokopedia yang terdapat di link berikut: https://www.tokopedia.com/contact.pl
  • Jika sudah berhasil, klik tombol Hubungi Kami yang berada di bagian bawah situs.
  • Masuk ke halaman Kontak Tokopedia
  • Isi kotak dialog yang tersedia berikut ini sesuai keinginanmu, yaitu mengganti nama toko di Tokopedia
  • Kategori: pilih kategori Umum.
  • Judul: tulis nama toko yang ingin kamu ubah sebagai judulnya.
  • Pesan: tuliskan pesan dan alasan mengapa kamu ingin mengubah nama tokomu. Usahakan untuk menjelaskan secara detail dan rasional, karena alasan ini lah yang dipertimbangkan oleh pihak Tokopedia apakah akan memperbolehkan mengganti nama toko atau tidak.
  • Klik tombol kirim

Jika pesanmu telah terkirim, maka selanjutnya kamu harus menunggu prosesnya berjalan hingga maksimal 2 x 24 jam. Agar proses dan cara mengganti nama toko di tokopedia berjalan lancar, tetap sabar menunggu balasan dari Customer Service Tokopedia, ya!

Peraturan terbaru cara mengganti nama toko di Tokopedia

Sebelumnya, pemilik toko memang dibebaskan untuk memilih nama toko. Lalu jika di kemudian hari nama toko dirasa sudah tidak sreg atau tidak cocok lagi dengan produk-produk yang dijual, penjual punya kesempatan untuk mengganti nama toko di Tokopedia.

Cara mengganti nama toko di Tokopedia pun bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun kini Tokopedia menerapkan syarat dan ketentuan baru mengenai cara mengganti nama toko di Tokopedia. 

Jika kamu sudah lama terdaftar sebagai seller di Tokopedia, nama toko yang sudah kamu gunakan tidak bisa lagi diubah-ubah. Sebab peraturan terbaru Tokopedia menyebutkan nama toko bersifat permanen atau tidak dapat diubah. 

Ini sesuai dengan syarat dan ketentuan Tokopedia pada poin B nomor 17 yang menjelaskan “Pengguna tidak memiliki hak untuk mengubah nama toko dan atau domain toko Pengguna.” Jika kamu tetap ingin melakukan penggantian nama toko di Tokopedia, maka kamu disarankan membuat toko baru menggunakan nama dan domain toko lain yang berbeda dengan toko awal. 

Begitu juga dengan kamu yang baru mendaftar sebagai seller di Tokopedia dan akan membuka toko. Saat diminta untuk mengisi nama toko, akan ada catatan yang mengingatkan kalau nama toko yang kamu pilih sekarang tidak akan bisa diubah-ubah lagi nantinya.

Untuk itu, sangat penting bagi kamu menentukan nama apa yang sekiranya cocok untuk digunakan sebagai nama toko di Tokopedia. Bingung bagaimana cara menentukan nama toko di Tokopedia yang tepat untukmu? Yuk, coba simak tips menentukan nama toko di Tokopedia berikut ini.

Tips menentukan nama yang bagus untuk toko di Tokopedia

Kala itu untuk mengubah nama toko di Tokopedia memang perlu memikirkan tipsnya agar tempat kamu berjualan menarik perhatian orang. Berikut ini tips menentukan nama yang bagus saat berjualan di e-commerce berlambangkan burung hantu. 

Browsing di Tokopedia

Sebelum menentukan nama yang bagus untuk toko di Tokopedia, kamu bisa melakukan browsing di aplikasi Tokopedia. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan inspirasi dari nama-nama toko yang sudah ada. Ini juga berguna agar kamu terhindar dari nama yang mirip-mirip dengan toko lain atau bahkan dituding tidak kreatif karena menggunakan nama yang hampir sama persis.

Jangan sampai kamu menyesal karena memilih nama yang hampir mirip dengan penjual lain. Pasalnya, jika ini terlanjur terjadi, kamu tidak akan bisa mengganti nama tokomu di Tokopedia. Yang ada, kamu akan diarahkan untuk membuat toko baru dan memulainya lagi dari awal.

Sesuaikan nama toko dengan produk yang dijual

Salah satu cara mudah untuk menentukan nama yang bagus untuk toko di Tokopedia adalah menyesuaikan nama toko dengan produk yang dijual. Kamu bisa menambahkan kata yang identik dengan produk jualanmu untuk dijadikan acuan.

Misalnya, ‘lens’ untuk nama toko yang menjual lensa dan aksesoris kamera foto profesional, ‘sweets’ untuk nama toko yang menyediakan camilan manis impor, atau ‘collection’ untuk toko yang menjual berbagai mode pakaian terbaru.

Tambahkan trademark

Cara lainnya untuk menentukan nama toko yang bagus di Tokopedia adalah dengan menambahkan trademark. Usai memilih nama yang unik untuk tokomu, kamu bisa menambahkan trademark ‘by (nama kamu)’. Cara ini juga banyak digunakan agar terhindar dari plagiarisme yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab.

Nah, itu tadi pembahasan lengkap tentang cara mengganti nama toko di tokopedia dan hal-hal penting lain yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai salah, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →