Agency Link Manulife: Dukungan Teknologi untuk Para Agen

Produk asuransi Manulife

Pada zaman serba digital seperti sekarang ini, pembaruan dan penyesuaian terhadap teknologi menjadi kewajiban untuk mengejar persaingan, termasuk di industri asuransi. 

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia pun turut membekali para agennya dengan Agency Link Manulife.

Apa itu Agency Link Manulife? Agency Link adalah program berbasis website yang diperuntukkan bagi seluruh agen Manulife Indonesia untuk membantu dalam proses pembuatan ilustrasi, pengisian aplikasi permohonan asuransi jiwa, melihat data nasabah, dan mengakses informasi terbaru tentang event yang diadakan oleh Manulife. 

Artinya, keperluan agen bisa diakses melalui laman https://agencylink.manulife.co.id/awshome/ sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah karena bisa mengurus keperluannya kapan pun dan di manapun, asalkan terdapat koneksi internet.

Apa saja Fitur pada Agency Link Manulife?

Wanita berpikir

Ada empat fitur yang bisa dimanfaatkan agen Manulife, yaitu:

  1. Aplikasi pembuatan ilustrasi/proposal (SPIS)
  2. Aplikasi SPAJ elektronik (eApps)
  3. Pengecekan polis nasabah
  4. Informasi Berita terkini (hotnews) dan fitur-fitur lainnya

Untuk menggunakan layanan ini tidak perlu bersusah-susah ria. Lifepal mencoba meringkasnya menjadi beberapa poin penting berikut.

Langkah 1: Memahami persyaratan untuk login dan registrasi

Pertama-tama, kita perlu mengakses laman pendaftaran melalui https://agencylink.manulife.co.id/awshome/. 

Di laman tersebut, ada beberapa pilihan login dan kita akan memilih:

  1. Login untuk Agen. 
  2. Sebuah layar pop-up akan muncul di layar dan terdapat beberapa kolom pilihan untuk melakukan login dengan memasukkan User ID dan password, namun di sini kita akan melakukan pendaftaran anggota baru.
  3. Di sisi kanan layar, pilih Daftar di Sini untuk melakukan pendaftaran akun aplikasi.
  4. Kita akan diminta untuk mengisi data-data terkait untuk digunakan pada proses login.

Sebagai informasi, beberapa poin di bawah ini penting untuk diingat pada saat melakukan login.

  • User ID dan password hanya boleh kita saja yang mengetahui supaya aman.
  • Perhatikan huruf besar dan kecil pada pengisian User ID dan password.
  • Sistem secara otomatis akan memblokir User ID jika kita salah dalam memasukkan password sebanyak lima kali.
  • Pada laman pendaftaran ini, kita akan diminta untuk mengisi beberapa hal, yaitu:

    1. User ID.
    2. Nomor Identitas (KTP / SIM yang terdaftar di SASD).
    3. Tanggal Lahir.
    4. Nomor keberuntungan.

    Memilih User ID pribadi adalah faktor yang krusial karena bagian ini menjadi pembeda akun kita dengan orang lain. Beberapa poin ini bisa menjadi pedoman dalam memilih User ID yang aman.

    1. Pilih User ID yang mudah diingat.
    2. Gunakan kombinasi huruf dan angka.
    3. Hindari menggunakan nama saja, namun tambahkan angka atau huruf juga.
    4. Hindari menggunakan angka atau huruf yang berurutan.

    Terkait dengan Nomor Keberuntungan, nomor ini yang akan ditanyakan saat agen melakukan login untuk pertama kali atau pada saat aktivasi. Tips memilih nomor keberuntungan berikut mungkin bisa bermanfaat.

    1. Pilih nomor keberuntungan yang mudah diingat.
    2. Hindari menggunakan tanggal lahir, nomor telepon, atau nomor identitas.
    3. Hindari menggunakan angka yang berurutan.

    Langkah 2: Aktivasi User ID

    Kini saatnya untuk mengisi form dengan lengkap. Perihal password, kita akan menerimanya melalui surel dan SMS. Password hanya berlaku satu hari setelah surel/SMS diterima.

    Contoh cara pengisian “Pengingat Password”

  • Password = 17agustus
  • Pengingat Password = Hari kemerdekaan RI
  • Setelah registrasi awal berhasil, maka akan muncul Perjanjian Legal. Perjanjian legal ini hanya muncul sekali setelah registrasi awal. Bacalah dengan cermat dan klik tombol “setuju” bila ingin melanjutkan.

    Langkah 3: Manajemen Password dan User ID

    Setelah agen mendaftarkan diri sebagai pengguna Agency Link, password awal akan dikirimkan melalui surel ataupun SMS yang selanjutnya akan diikuti oleh proses aktivasi user ID. Perlu diketahui password awal hanya berlaku selama satu hari. Setelah mengganti password, agen bisa mengakses sepenuhnya Agency Link.

    Langkah 4: Halaman Utama Agency Link

    Setelah login dengan password baru berhasil, maka akan keluar halaman utama Agency Link. Di dalamnya terdapat beberapa menu utama.

  • My Profile
  • Sales
  • Customer
  • Reports
  • Resources
  • Services
  • My Profile

    Menu My Profile berisi dua buah aplikasi, yaitu:

    1. Informasi Agen yang berisikan data-data lengkap mengenai agen.
    2. Ubah kontak yang berfungsi untuk merubah nomor ponsel agen.

    Menu Sales

    Menu Sales ada dua buah aplikasi, yaitu SPIS & Eapps.

    1. Aplikasi SPIS merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan proposal. Di dalamnya terdapat fitur membuat proposal baru dan mencari proposal yang sudah pernah dibuat.
    2. Aplikasi Eapps merupakan aplikasi yang dapat digunakan ketika agen akan melakukan proses New Business Submission secara elektronik. Pada aplikasi eApps, agen melakukan NB submission dengan eApps secara online. Agen juga dapat melakukan proses pencarian untuk aplikasi- aplikasi yang sudah ada (menu pencarian Eapps).

    Menu Customer

    Berikut adalah beberapa aplikasi pendukung di Menu Customer.

    1. Cari Customer. Fitur ini juga telah dilengkapi untuk pencarian berdasarkan nama, polis, tanggal lahir, usia, dan jatuh tempo premi.
    2. Aplikasi Pending. Fitur-fitur ini dapat membantu dalam mencari data customer agen dan mengetahui status dari polisnya.

    Menu Reports

    Menu Reports ada fitur Pesan Inbox yang berisi semua informasi mengenai beberapa hal berikut.

    1. Pemberitahuan jatuh tempo premi dari nasabah agen (billing).
    2. Status dari polis.
    3. Laporan Pengajuan Aplikasi (LPA).

    Resource

    Dalam menu Resource terdapat enam fitur pendukung, antara lain:

    1. Cari Resource
    2. Hot News
    3. Nilai tukar dan Harga Unit
    4. Reksadana
    5. Produk
    6. Manulife Dunia

    Singkatnya, pada aplikasi ini agen bisa mencari sumber-sumber informasi berdasarkan kategori yang diinginkan dan mendapatkan berita-berita terbaru termasuk nilai tukar dan harga unit link terbaru.

    Services

    Pada menu Services, terdapat pilihan Ubah Password dan Ubah User ID. 

    Untuk mengakses berbagai fitur tersebut, agen hanya perlu menyiapkan komputer desktop atau laptop, koneksi internet, browser Internet Explorer versi 7 ke atas atau Mozilla versi 10 ke atas, surel, dan nomor ponsel yang digunakan untuk proses pendaftaran awal. Cukup mudah untuk mengakses Agency Link Manulife ini, bukan?

    Mendaftar Menjadi Agen Manulife

    Wanita mendaftar

    Lantas bagaimana jika kita berminat untuk mendaftar menjadi agen Manulife? Ini dia syarat-syaratnya yang perlu dipenuhi.

    1. Mengirimkan surat lamaran, CV dan fotokopi KTP.
    2. Mengatur waktu untuk wawancara dengan Manager dan Branch Manager.
    3. Melengkapi dokumen yang dibutuhkan, yaitu fotokopi KTP, NPWP, Kartu Keluarga, ijazah terakhir, pas foto berwarna 3×4 (3 lembar) dan 4×6 (2 lembar) dan buku tabungan BCA hal pertama (untuk transfer kompensasi). 
    4. Menandatangani kontrak sebagai agen Manulife.
    5. Membayar ujian AAJI Rp 225.000 untuk lisensi produk konvensional saja, ujian lisensi produk syariah menyusul kemudian atau Rp 285,000 untuk langsung mendapat lisensi produk konvensional + syariah.
    6. Mengikuti pelatihan di Manulife selama empat hari dari pukul 09.00 – 17.00 WIB, selama training tidak boleh absen (saat ini tersedia training di hari Sabtu dan Minggu).
    7. Keluar kode agen dan bisa mulai berjualan.
    8. Mengikuti follow up pelatihan dalam modul 90 Days Program.

    Semoga informasi mengenai Agency Link dan cara mendaftar menjadi agen Manulife ini membantu, ya. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk asuransi lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal dan berkonsultasi dengan tim kami.