10 Merk Air Wiper Mobil yang Bagus dan Cara Mengisinya

air wiper mobil

Air wiper mobil memiliki peran penting saat kita berkendara. Fungsinya yakni membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada bagian kaca mobil, sehingga pengendara bisa melihat jalanan dengan jelas. 

Sebagian orang mengisi air wiper mobil dengan air khusus untuk wiper kaca mobil dan sebagian lagi justru menggunakan air keran biasa. 

Namun, disarankan sebaiknya menggunakan cairan khusus yang bisa membersihkan kotoran dengan baik. Sebab, biasanya ada kotoran membandel yang tidak bisa dibersihkan dengan air keran biasa. 

Penggunaan air buat wiper mobil menggunakan air keran juga dapat membuat karet wiper cepat rusak akibat ph asam yang terkandung di dalam air, kelenturan pada karet wiper menjadi lemah.

Penggunaan air keran buat wiper mobil juga bisa menumbuhkan jamur pada kaca mobil dan lumut di dalam tabung air wiper.

Oleh karena itu, sangat disarankan menggunakan air wiper yang bagus untuk mobil dibandingkan air keran buat wiper mobil. Berikut ini rekomendasi merk air wiper mobil yang bagus dan estimasi harganya. 

Merk air wiper mobil yang bagus dan harganya

Air untuk kaca wiper mobil terbuat dari formulasi khusus yang telah disesuaikan dengan kebutuhan untuk merawat wiper dan kaca mobil.

Kendati demikian, dalam memilih merek air wiper mobil yang bagus, kita harus memahami spesifikasinya. 

Sebab, air wiper yang bagus untuk mobil bukan hanya sebagai membersihkan kaca dari kotoran saja melainkan juga untuk merawat kaca mobil dan wiper agar lebih awet.

1. Sonax Clear View

Rekomendasi air wiper mobil yang pertama adalah Sonax Clear View yang dibanderol mulai dari Rp112 ribu sampai dengan Rp115 ribu. 

Meskipun harga wiper mobil tersebut terbilang cukup mahal, tetapi cukup worth it karena bebas fosfat dan mengeluarkan aroma yang menyegarkan.

Cairan air wiper mobil Sonax Clear View berbentuk wiper fluid concentrate yang ampuh membersihkan segala macam kotoran pada kaca mobil. 

Kelebihan lainnya adalah, karena berbentuk konsentrat, cairan pembersih kaca mobil yang satu ini merupakan cairan pembersih kaca mobil yang bersih dan aman sebab tidak meninggalkan goresan pada kaca mobil.

2. Otogard Gold Line Wiper Fluid Concentrate

Rekomendasi air wiper yang bagus untuk mobil selanjutnya adalah Otogard Gold Line Wiper Fluid Concentrate. 

Sesuai dengan namanya, merek air wiper mobil yang satu ini memiliki kandungan wiper fluid concentrate yang bisa membersihkan kotoran pada kaca mobil sekaligus menjaga agar kaca mobil tidak rusak atau tergores sedikitpun dan umur karet wiper jadi bisa bertahan lebih lama.

Kotoran apapun tetap bisa dibersihkan menggunakan Otogard Gold Line Wiper Fluid Concentrate. Pantas saja cairan pembersih kaca mobil yang satu ini dibanderol dengan harga Rp104 ribu sampai dengan Rp105 ribu.

Cara membuat air wiper mobil menggunakan Otogard adalah dengan campuran air wiper mobil dan cairan pembersih Otogard yang dicampurkan ke dalam reservoir sebanyak 125 ml.

3. KIT wiper fluid

Merek KIT sering kita dengar di pasar otomotif sebagai brand yang memproduksi bahan-bahan untuk merawat mobil ataupun motor. 

Kali ini, KIT mengeluarkan produk air wiper mobil yang digadang-gadang cukup bagus dan sering direkomendasikan di berbagai situs otomotif.

Harga air wiper mobil Kit Wiper Fluid terbilang paling murah dibandingkan merek lainnya, yakni Rp6 ribu sampai dengan Rp12 ribu untuk satu sachet berukuran 400 ml.

Meskipun harganya murah, tetapi KIT Wiper Fluid cukup ampuh menyapu segala macam kotoran di kaca mobil, apalagi saat kita berkendara di bawah hujan yang deras.

Cara penggunaannya cukup mencampurkan KIT Wiper Fluid dan air dengan perbandingkan 30 ml : 1 liter air.

4. Turtle Wax Ice Seal N Shine

Turtle Wax Ice Seal n Shine merupakan salah satu merek air wiper mobil yang bagus dengan harga yang cukup fantastis, yakni Rp170 ribuan untuk satu botol berukuran 700 ml. 

Walaupun begitu, ternyata merek air wiper mobil yang bagus berlogo kura-kura ini sudah dikenal banyak orang sebagai salah satu produk terbaik di dunia otomotif.

Cairan pembersih mobil ini terbuat dari wax yang dicampur dengan sealant dan sub-micron polymers SiO2 untuk memberikan lapisan tebal. 

Efek yang dihasilkan dari air wiper mobil yang satu ini adalah hydrophobic atau seperti daun talas. Oleh sebab itu, bukan hanya memproteksi kaca saja melainkan juga body mobil.

5. Waxco Windshield Cleaner

Rekomendasi merk air wiper yang bagus untuk mobil dan murah ada Waxco Windshield Cleaner. Salah satu merek asal Malaysia ini membanderol produk air wiper mobil sebesar Rp18 ribu sampai Rp20 ribu.

Cara menggunakannya cukup mudah yakni mencampurkan Waxco dengan air di dalam tabung WR.

6. Otobi Glass Polish Compound

Air wiper mobil yang direkomendasikan banyak orang selanjutnya adalah Otobi Glass Polish Compound. Bukan hanya di Indonesia saja melainkan cairan pembersih kaca mobil yang satu ini juga digunakan oleh orang-orang di Eropa dan Amerika Serikat.

Harga air wiper mobil Otobi dibanderol dengan harga Rp50 ribu untuk satu botol berukuran 100 ml. Produk cairan pembersih kaca mobil ini sangat dipercaya ampuh membersihkan kerak air yang sulit dibersihkan dan jamur pada kaca mobil.

7. New Clean Wiper Wash

New Clean Wiper Wash termasuk ke dalam kategori merek air wiper mobil yang bagus dan mahal. Harga air wiper mobil sebesar Rp178 ribu sampai Rp180 ribu.

Namun, harga tersebut sepadan dengan efektivitas cairan pembersih kaca mobil ini yang sangat ampuh membersihkan jamur dari kaca mobil dan bercak noda yang tertinggal saat hujan deras dan air kotor. 

Selain itu, bentuk kemasannya yang ramping membuatnya cukup mudah disimpan di mana saja dan tidak memerlukan banyak tempat untuk menyimpannya.

8. Megacools Wiper Fluid

Megacools Wiper Fluid adalah salah satu produk air wiper mobil yang bagus dengan harga yang sangat terjangkau yakni Rp20 ribuan untuk satu botol berukuran 500 ml.

Air wiper mobil yang satu ini menjadi merek yang sangat direkomendasikan karena kelebihannya yang bukan hanya membersihkan noda dan jamur membandel saja pada kaca mobil melainkan juga bisa membuat kaca mobil terlihat sangat kinclong dan bening sehingga pandangan mata kita saat menyetir akan lebih jernih.

Khusus untuk tabung wiper mobil berukuran besar, disarankan menggunakan 4 botol Megacools Wiper Fluid.

9. Unelco Glass Renew

Sekalipun harga air wiper mobil yang satu ini cukup fantastis yakni Rp178 ribu sampai Rp180 ribu. Produk ini sangat dipercaya bisa membersihkan kaca mobil dari kotoran membandel, jamur, bintik air dan bercak kotoran lainnya.

10. Rainox Glass Water Repellent

Rekomendasi merk air wiper mobil yang bagus terakhir adalah Rainox Glass Water Repellent yang dibanderol dengan harga Rp170 ribuan untuk ukuran 250 gram.

Sama seperti air wiper mobil yang lain, Rainox juga ampuh untuk membasmi jamur membandel pada kaca mobil, membuat kaca mobil menjadi semakin kinclong, mampu menghilangkan noda kerak air dan memiliki efek daun talas.

Bukan hanya membersihkan kaca mobil bagian depan dan belakang saja, melainkan Rainox juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca spion.

Tips memilih air wiper terbaik

Untuk mengganti kebiasaan mengisi air wiper mobil dengan air keran biasa dan menggunakan air wiper mobil yang bagus, kita harus cermat dalam memilih produk tersebut. 

Sebab, jika kita menggunakan air wiper mobil dengan kandung PH asam yang cukup kuat dan tinggi, bisa berdampak pada wiper dan kaca mobil.

Selain itu perhatikan juga kualitas air wiper mobil dari merek yang akan kita beli. Apakah kualitas air wiper mobil tersebut menggunakan air suling atau destilasi.

Terakhir, pastikan apakah kandungan air wiper mobil tersebut aman bila dicampurkan dengan cairan pembersih piring atau sampo.

Tips yang terakhir menjadi sangat penting karena berkaitan dengan campuran air pembersih lain seperti sampo. 

Misalnya saja, saat ingin mencampurnya dengan sampo, pastikan bahwa sampo tersebut tidak mengandung deterjen. Tujuannya untuk menghindari timbulnya kerak pada lubang wiper mobil.

Selain itu, pastikan bahwa produk air wiper mobil tersebut tidak mengandung alkohol yang tinggi guna untuk menghindari kerusakaan pada kaca mobil.

Bagaimana cara mengisi air wiper mobil?

Berikut ini beberapa step mengisi air wiper mobil yang benar yang bisa kamu lakukan. 

1. Buka bagian kap mobil

Langkah pertama untuk cara mengisi air wiper mobil adalah dengan membuka kap mobil. Sebaiknya kita mengetahui bagaimana cara membuka kap mobil sendiri, yakni dengan menekan tombol yang berada di bawah dekat setir mobil. Setelah terbuka, angkat kap mesin tersebut dan pasangkan penyangganya agar tidak gampang jatuh.

2. Tuangkan air wiper mobil

Selanjutnya, air wiper mobil yang telah kita siapkan tuangkan ke dalam wadahnya. Cari tahu di mana letak wadah cairan air wiper mobil di dalam mobil tersebut. 

Umumnya terletak di pojok kanan atas dengan warna wadah berwarna putih bening dengan logo berbentuk wiper di bagian penutupnya.

Namun, sebelum mengisi air wiper tersebut, sebaiknya lakukan pemeriksaan terhadap tingkat ketinggian air di dalam wadah tersebut. Perhatikan indikator minimal dan maksimalnya.

3. Tutup rapat wadah air wiper mobil

Terakhir, tutup kembali wadah tersebut. Pastikan kita sudah menutup wadah air wiper dengan rapat, kemudian menutup kap mesin.

Kita wajib melakukan pengecekan rutin air wiper selama kurang lebih satu bulan sekali agar tidak kecolongan saat wiper berada pada indikator minimal.

Bagaimana cara mengatasi air wiper yang tidak keluar atau macet

Ada banyak permasalahan yang mungkin terjadi saat air wiper tidak keluar atau macet. Penyebab pertama bisa saja karena air wiper mobil habis sehingga kita harus mengisi kembali.

Penyebab kedua bisa saja karena selang air wiper mobil terlepas dari tempatnya. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap saluran selang air wiper mobil yang menuju ke atas. Perhatikan apakah ada yang terlepas, terjepit atau ada yang rusak dan segera betulkan.

Bisa saja air wiper mobil macet karena motor air wiper tersebut tidak bisa beroperasi dengan semestinya. Kita bisa mengeceknya dengan cara mendengarkan apakah saat motor air wiper bekerja mengeluarkan bunyi mendengung. Jika tidak ada suara tersebut maka segera bawa mobil ke bengkel terpercaya untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Masalah selanjutnya bisa saja jaringan kelistrikan pada wiper mobil yang bermasalah. Untuk mengatasinya kita bisa melakukan pemeriksaan pada sirkuit kelistrikan pada wiper mobil. Mulai dari switch, sekring, hingga kabel wiper.

Kerusakan selanjutnya bisa terjadi pada karet wiper mobil yang sudah haus dan mengeras. Bila yang terjadi seperti itu segera mengganti karet wiper mobil dengan karet yang lebih lentur.

Penting punya asuransi mobil

Apabila ternyata air wiper yang tidak keluar dan macet tersebut cukup parah kerusakannya, segera bawa ke bengkel terdekat untuk diperbaiki. 

Untuk meringankan beban finansial kamu dari biaya kerusakan komponen mobil, sebaiknya membeli asuransi All Risk. 

Asuransi All Risk akan menanggung seluruh jenis kerusakan mobil mulai dari yang ringan hingga berat. Kamu bisa cek besaran premi asuransi mobil berikut ini. 

Tips dari Lifepal! Agar wiper dan kaca mobil kamu terawat dengan baik dan juga awet, sebaiknya beli air wiper mobil khusus, ya. 

Harga air wiper mobil cukup terjangkau kok, mulai dari Rp50 ribuan hingga Rp100 ribuan. Dengan menggunakan air wiper yang tepat, kaca kamu juga mudah dibersihkan dan tidak menghalangi pandangan ketika sedang berkendara. 

Kaca yang kotor bisa membuat pandangan kamu terganggu dan dampak buruknya malah bisa menyebabkan kecelakaan. 

FAQ terkait air wiper mobil