Sandiaga Bisa Raup Rp 63 Juta Sebulan dari Youtube, Apa Kabar Ahok & Fahri Hamzah?

Gak cuma artis, penyanyi, atau social media influencer saja yang punya akun Youtube. Politisi pun kerap memilikinya, dan dalam urusan subscriber, mereka juga bisa mengantongi dalam jumlah banyak lho.

Berbekal subscriber dan jam tayang, maka akun Youtube para politisi ini bisa menghasilkan duit. Besarannya pun bisa dicari tahu lewat situs Social Blade.

Sejauh ini, ada tiga mantan pejabat di beberapa instansi negara yang asyik dengan akun Youtubenya. Bisa dibilang, saat ini mereka juga sudah gak aktif lagi di lembaga-lembaga tersebut.

Penghasilan pasif mereka dari Youtube juga gak main-main lho. Yuk cari tahu siapa saja mereka.

1. Sandiaga Uno

Akun Youtube
Sandiaga Uno (Instagram).

Semua tentu tahu bahwa pria yang pernah menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto ini, pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jakarta. Dia juga terkenal dengan julukan Papa Online karena sangat eksis di media sosial.

Sandiaga memiliki akun Youtube bernama Sandiuno TV yang pada November 2019, jumlah subscribernya telah mencapai 96 ribuan. Social blade memprediksikan bahwa dalam sebulan, Sandiaga sanggup meraup untung hingga US$ 4.500 atau Rp 63 jutaan dari situs tersebut.

Angka Rp 63 juta buat bang Sandi mah gak ada artinya. Jelas saja, Sandiaga adalah pengusaha top Tanah Air sekaligus pendiri dari PT Saratoga Investama Sedaya, Tbk (SRTG) yang memiliki portofolio investasi di berbagai perusahaan besar di Indonesia. Jumlah kekayaan Sandiaga sendiri juga ditaksir ada di nilai Rp 5 triliunan!

2. Fahri Hamzah

Akun Youtube
Fahri Hamzah (Instagram).

Mantan Wakil Ketua DPR RI ini sekarang tengah sibuk mendirikan partai baru yaitu Partai Gelora bersama mantan pentolan PKS juga yaitu, Anis Matta. Tapi jangan salah, beliau juga punya akun Youtube yang aktif posting video.

Akun Fahri Hamzah Official telah mengantongi 103 ribu subscriber pada November 2019. Namun anehnya, penghasilan perbulan dari akun ini justru hanya mencapai US$ 182 atau Rp 2,5 juta saja! Kok bisa, padahal subscribernya lebih besar daripada Sandiuno TV.

Social Blade memberikan ranking B – untuk akun Fahri Hamzah yang satu ini. Jumlah jam tayang video Fahri Hamzah pada 13 November 2019 juga menurun 68 persen dalam 30 hari. Lain halnya dengan Sandiuno TV yang sedang naik 31 persen dalam 30 hari belakangan ini.

Dalam rentang waktu 30 hari hingga 13 November 2019, gak ada penambahan jumlah subscribers dari akun Fahri. Bisa jadi ini yang menyebabkan proses monetisasinya gak besar. 

Padahal belum lama ini, beliau baru mengunggah video baru berjudul “PIDATO KEBANGSAAN FAHRI HAMZAH GELORA INDONESIA,” dalam tiga hari, jumlah penontonnya sudah 4 ribuan, tapi komentarnya masih nol.

3. Basuki Tjahaja Purnama

Akun Youtube
Ahok (Instagram).

Nah ini dia yang paling gede subscribernya, sampai sudah dianugerahi Gold Play Button. Siapa lagi kalau bukan akun Youtube mantan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. 

Akun Panggil Saya BTP dirilis pada 25 Januari 2019 saat pria yang juga akrab disapa Ahok ini bebas dari penjara. Di bulan Oktober, penghasilannya BTP cukup tinggi alias bisa tembus US$ 3.200 atau Rp 45 jutaan.

Namun pada November 2019, ada penurunan jumlah jam tayang hingga 21 persen dalam 30 hari. Oleh karena itu, jumlah penghasilan yang didapat BTP bulan ini, maksimal diprediksi mencapai US$ 2.500 atau Rp 35 jutaan. Minus Rp 20 juta ya.

Itulah tiga mantan pejabat Indonesia dan akun Youtube mereka yang punya banyak subscriber. Mungkin untuk saat ini, Bang Sandi jadi pemenangnya, tapi di masa yang akan datang belum ada yang tahu. Kita lihat saja gebrakan para politisi ini di Youtube. (Editor: Winda Destiana Putri)