Jebolan Universitas Al Azhar yang Borong Mobil Buatan RI Punya Harta Rp 123 T!

aliko dangote

Belum lama ini, muncul kabar yang menyebutkan bahwa orang terkaya di Afrika telah memborong 10 ribu unit mobil buatan Indonesia AMMDes. Pengusaha kaya itu adalah Aliko Dangote.

Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) adalah karya dari PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia. Kabarnya, 73 persen komponen dari mobil ini memang berasal dari Tanah Air.

Dilihat dari bentuknya, jelas banget bahwasannya AMMDes ini memang ditujukan untuk keperluan usaha. 

Kali ini, kita gak akan bahas lebih lanjut tentang AMMDes ya. Kita justru akan membahas siapa Aliko Dangote yang memborong mobil ini.

Mau tahu sekilas fakta mengenai pria asal Nigeria ini? Yuk simak ulasannya.

Baca juga: Ini Deretan Crazy Rich dari Benua Afrika, Penasaran Gak Bisnisnya Apa?

1. Kekayaannya Rp 123 triliun

aliko dangote
Aliko Dangote. (Wikimedia Commons)

Sebagai orang terkaya di seantero Afrika versi Forbes, Aliko Dangote mengantongi total aset senilai U$ 8,9 miliar atau setara dengan Rp 123 triliun. Namun untuk jajaran miliuner terkaya di dunia, CEO Dangote Group ini menduduki posisi ke-136.

Kalau dibandingkan dengan Hartono bersaudara, jelas Dangote masih kalah tajir. Karena, kekayaan Hartono bersaudara tembus di atas Rp 400-an triliun.

Baca juga: 4 Sosok Ini Lebih Tajir dari Orang Terkaya di Dunia, Ada yang Hartanya Rp 2.800 T

2. Lahir dari keluarga Muslim kaya di Nigeria

aliko dangote
Dangote (berdasi merah). (Instagram/@dangotegroup)

Usut punya usut, Dangote berasal dari keluarga yang sangat terpandang. Jebolan Universitas Al-Azhar Kairo ini adalah cicit dari Haji Alhassan Dantata, seorang pengusaha top yang pernah meraih gelar orang terkaya di Afrika bagian barat.

Meski lahir kaya, Dangote bukanlah seorang anak yang mengandalkan harta orangtua semata. Kejeniusannya dalam bisnis sudah terlihat sejak masih kecil. 

“Saat masih SD, saya ingat bahwa saya membeli satu dus permen dan kemudian saya pun menjual permen-permen itu kepada orang lain. Sejak kecil saya memang sudah tertarik dengan bisnis,” ujar Dangote seperti yang tertera dalam informasinya di Wikipedia.

Di Al Azhar Kairo, Dangote lulus dari fakultas Bisnis dan Administrasi. Kelihatan banget ya, passionnya di dunia wirausaha memang gak main-main.

3. Tajir karena semen

aliko dangote
Salah satu iklan semen produksi perusahaan Dangote Cement. (Instagram/@dangotecementng)

Di tahun 1970-an, Dangote memulai bisnisnya dengan mendirikan sebuah perusahaan trading yang akhirnya direlokasi ke Lagos. Namun sekarang, Dangote Group itu sendiri sudah beroperasi di Benin, Ghana, Nigeria, Zambia dan Togo.

Menurut informasi dari Forbes, sumber kekayaan Dangote yang terbesar berasal dari semen (Dangote Cement). Kepemilikan saham Aliko Dangote di perusahaan semennya adalah sebesar 85 persen.

Konon kabarnya, Dangote Cement sanggup memproduksi 45,6 metrik ton semen dalam setahun lho. Semen-semen itupun diekspor ke 10 negara di Afrika.

Gak hanya semen, Dangote Group juga memiliki bisnis lain. Beberapa di antaranya bergerak di bidang makanan dan minuman. Mereka pun menguasai pasar perdagangan gula terbesar di negaranya, serta memiliki pabrik tepung dan garam raksasa di Nigeria.

4. Punya investasi di berbagai bidang

aliko dangote
Saat meninjau pabrik semennya bersama Menteri Keuangan Nigeria Zainab Ahmed. (Instagram/@dangotegroup)

Namanya juga perusahaan raksasa, tentu saja anak perusahaannya juga banyak. 

Dangote Group tercatat memiliki investasi di bidang properti, perbankan, transportasi, hingga migas. Jumlah pegawai di perusahaan itu juga mencapai 11 ribu orang!

Di sektor telekomunikasi, Dangote Group membangun jaringan fiber optik sepanjang 14 ribu km di sepanjang Afrika. 

5. Ahli warisnya banyak

aliko dangote
Foto keluarga Aliko Dangote. (Nairaland)

Gak cuma bisnisnya yang banyak, ahli waris Aliko Dangote juga luar biasa banyak. Pria yang berdomisili Lagos ini kabarnya pernah menikah empat kali, namun pernikahan itu harus berakhir karena perceraian. Dari seluruh pernikahannya, Dangote dikaruniai 15 orang anak!

Ada empat orang anak Dangote yang namanya cukup dikenal baik oleh publik. Namun, meski terkenal, mereka tetap low profile dan menjauhi media. Tiga di antaranya adalah anak kandung, namun satu lagi adalah anak angkat.

Mereka adalah, Mariya Dangote, Fatima Dangote, Halima Dangote, dan Abdulrahman Fasasi. Fasasi adalah putra angkat Dangote yang kerap disebut-sebut bakal jadi pewaris kekayaan Aliko.

Itulah sekilas fakta mengenai Aliko Dangote, orang terkaya di Afrika. Dengan menduduki posisi ke-136 dalam daftar orang terkaya sejagat, Dangote jelas lebih kaya ketimbang George Soros yang ada di peringkat 178 dan Donald Trump yang cuma bertengger di urutan 715. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →