Nilainya Rp 13.000 Triliun! Ini 5 Perusahaan di Bawah Naungan Alphabet Inc.

alphabet inc

Google udah menjadi perusahaan raksasa yang memiliki keuntungan ribuan triliun rupiah. Ini gak lepas dari ketergantungan masyarakat dunia yang memanfaatkan mesin pencarinya. Tapi tahukah kamu tentang Alphabet Inc yang menguasainya?

Perusahaan yang berdiri pada 2 Oktober 2015 di California, Amerika Serikat, ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Mereka berdua adalah pendiri sekaligus orang yang berkontribusi besar atas keberhasilan yang dicapai Google hari ini.

Menurut Macro Trends, tercatat nilai pasar yang dimiliki oleh Alphabet pada awal tahun 2019 mencapai  US$ 900 miliar atau setara Rp 13.000 triliun. Kalah sedikit dari Apple dan Microsoft yang udah sempat menyentuh US$ 1 triliun atau senilai Rp 14.400 triliun.

Tujuan dari dibentuknya korporasi ini adalah untuk melancarkan segala proyek yang berhubungan sama Google. Jadi bukan dari sisi teknologinya aja yang perlu dikembangkan, melainkan ada beberapa hal lain juga yang perlu didukung.

Oleh karena itu ada beberapa perusahaan lain yang bekerja secara sinergi bersamaan dengan Google di tempat tersebut. Penasaran gak kamu?

Langsung aja nih lihat deretan anak perusahaan Alphabet Inc selain Google yang penting kamu ketahui berikut ini.

Baca juga: Selain Gajinya Miliaran Rupiah, Ini 8 Alasan Kerja di Google Jadi Pilihan Terbaik

1. Nest, salah satu anak usaha Alphabet Inc

alphabet inc
Logo NEST. (logoeps.net)

Mengutip dari Business Insider, diakuisisi oleh Google pada tahun 2014 dengan mahar Rp 43 triliun, Nest adalah sebuah merek yang menyediakan segala keperluan dan peralatan rumah pintar.

Beberapa produk yang dijual oleh Nest antara lain adalah alat pendeteksi asap rokok, thermostat dan alat keamanan lainnya yang berbasis teknologi.

Sangat masuk akal rasanya kenapa Alphabet Inc memilih usaha ini sebagai anak usahanya. Sebab, Nest memiliki visi yang sama di sektor teknologi pintar. Siapa tahu nanti mereka bisa membuat rumah yang 100 persen peralatannya berbasis kepintaran buatan alias artificial intelligence.

Baca juga: Libatkan Google dan Microsoft, Ini Beasiswa Kominfo yang Bisa Kamu Bidik

2. Access & Energy

alphabet inc
Ilustrasi bisnis internet Google. (Pixabay)

Perusahaan lainnya yang dimiliki oleh Alphabet Inc adalah Access & Energy yang bergerak di bidang teknologi internet.

Untuk bisa memberikan pengalaman berselancar di dunia maya secara nyaman mereka menyediakan Access & Energy sebagai solusi teknologi fiber internet ke rumah-rumah dan perkantoran.

Gak cuma teknologinya yang maju, tapi dari sisi harga Alphabet memberikan banderol harga yang terjangkau bagi setiap kalangan masyarakat.

Baca juga: 12 Pertanyaan Aneh bin Ajaib Kalau Kamu Dipanggil Interview di Google

3. Verily

alphabet inc
Logo Verily. (Vertmarkets.com)

Di urutan ketika anak perusahaan Alphabet Inc ada Verily yang dulu disebut dengan Google Life Science.

Verily sendiri adalah sebuah organisasi penelitian yang didirikan pada 7 Desember 2015. Seperti sebutannya, tujuan dari Google Life Science sendiri adalah meneliti berbagai permasalahan Ilmu Pengetahuan Alam serta Sosial dan mencari solusi terbaik melalui dunia teknologi.

Pada Januari 2019 mereka mendapatkan donasi sebesar US$ 1 miliar atau sebesar Rp 14 triliun guna mendukung dana penelitian.

Baca juga: 7 Fakta Sukses Google, Raksasa Internet yang Berawal dari Sebuah Garasi

4. Calico Labs

alphabet inc
Logo Calico. (asbmb.org)

Selanjutnya ada Calico Labs yang menjadi anak korporasi Alphabet Inc. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2013 di San Fransisco, Amerika Serikat.

Calico labs adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan serta bioteknologi. Beberapa penelitian yang sedang dijalani adalah mengenai penuaan dini, penyakit pada sistem saraf serta kanker.

Salah satu komitmen yang dipegang oleh Calico Labs adalah mereka gak menggunakan bahan terlarang sama sekali sebagai obat penelitiannya. Jadi aman buat dikonsumsi oleh siapapun yang memerlukannya.

5. Sidewalk Labs

alphabet inc
Logo Sidewalk Labs. (behance.net)

Yang menjadi anak perusahaan Alphabet Inc terakhir ada Sidewalk Labs yang telah dibentuk dari 10 Juni 2015 di New York, Amerika Serikat.

Sidewalk Labs sendiri adalah organisasi yang bergerak di bidang infrastruktur ramah lingkungan. Mereka melakukan penelitian tentang inovasi terbaru tentang desain rumah, efisiensi transportasi dan penggunaan energi listrik.

Bukan hanya di Amerika Serikat, ke depannya Sidewalk Labs pengin mengaplikasikan inovasinya ke seluruh dunia agar kehidupan manusia bisa berkelanjutan.

Nah itu dia deretan anak perusahaan Alphabet Inc selain Google yang bisa kamu ketahui. Sepertinya kekayaan korporasi ini bakal terus meningkat seiring ketergantungan manusia sama yang namanya teknologi ya. Semoga aja Indonesia bakal punya perusahaan sebesar Google, Amin! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →