8 Tips Bikin Uang Anak Kuliahan Hemat Sampai Akhir Bulan

Anggaran Keuangan

Ada yang bilang anak kuliahan akan cepat dewasa. Bagaimana tidak? Kita diminta hemat padahal belum punya penghasilan!

Sayangnya, sering kali kita sulit mengendalikan keuangan karena banyaknya pengeluaran mendesak yang harus dilalui. Akibatnya, uang kiriman dari orang tua sudah habis di tengah bulan. Nah, daripada dimarahi orang tua karena terus meminta uang, lebih baik ikuti tips ini biar bisa lebih hemat, yuk!

Buat Rencana Anggaran Keuangan Sebulan

Buat Rencana Anggaran Keuangan Sebulan Untuk Anak Kuliahan

Membuat anggaran keuangan bukan hanya untuk mereka yang sudah memiliki penghasilan, namun bagi Anda yang masih kuliah pun wajib membuatnya juga. 

Tidak perlu rumit, awali dengan menulis perkiraan biaya yang akan dikeluarkan dalam kurun waktu sebulan. Misalnya, biaya transportasi, pulsa, uang makan di kampus, fotokopi, hingga iuran himpunan. Semakin dibuat sederhana, maka semakin mudah memahaminya.

Setelah rancangan dibuat, maka berkomitmenlah untuk mematuhi anggaran yang telah Anda buat sendiri itu. Semata-mata, hal ini demi kelancaran menjalani hidup hemat yang ditargetkan.

Mencatat Segala Pemasukan dan Pengeluaran

Mencatat Segala Pemasukan dan Pengeluaran

Selain membuat rencana anggaran keuangan, hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah mencatat segala pemasukan dan pengeluaran selama sebulan.

Dengan cara ini, maka Anda akan mengetahui ke mana saja uang yang Anda belanjakan atau dari mana asal uang tersebut. Setelah Anda mencatat pemasukan dan pengeluaran sebulan, maka cocokkanlah dengan rencana anggaran yang telah dibuat, apakah pas atau melebihi batas yang seharusnya.

Apa Pun Caranya, Temukan Indekos Murah!

Apa Pun Caranya, Temukan Indekos Murah!

Daripada harus menghabiskan banyak ongkos untuk biaya transportasi, lebih baik cari indekos murah dekat kampus. Selain lebih fleksibel saat pergi ke kampus, Anda pun bisa melatih diri untuk lebih bijak dalam mengatur keuangan sebagai anak indekos.

Mencari indekos murah pun kini lebih mudah hanya dengan bermodal ponsel pintar yang Anda miliki. Sebab sudah ada beberapa aplikasi yang menawarkan kemudahan mencari tempat kost murah, seperti MamiKost, KosKost, Kost Hunt, Urbanindo, dan Info Kost.

Mencari Beasiswa

Mencari Beasiswa

Dengan mendapatkan beasiswa, Anda akan meringankan beban diri sendiri dan membantu semua orang yang terlibat dengan keuangan Anda, terutama orang tua. Mereka bisa menyisihkan sebagian uang tersebut, misalnya, untuk ditabung sebagai dana darurat.

Untuk beasiswa dalam negeri, terbagi menjadi beasiswa dari pemerintah dan beasiswa dari swasta. Berikut adalah beberapa beasiswa terkemuka dalam negeri.

  • Beasiswa Tanoto Foundation
  • Beasiswa Unggulan Kemdikbud
  • Beasiswa STIE Perbanas
  • Beasiswa Djarum Foundation
  • Beasiswa Bank Indonesia

Salah satu prasyarat untuk bisa mengajukan beasiswa adalah mempertahankan Indeks Prestasi (IP) di atas 3.00. Mungkin bagi sebagian orang akan terasa berat, namun keseluruhan menjadi anak kuliahan memang sudah berat, bukan?

Manfaatkan Status Kemahasiswaan

Manfaatkan Status Kemahasiswaan

Tanpa disadari, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan status kemahasiswaan. Biasanya banyak warung makan menerapkan harga mahasiswa atau diskon pelajar guna menarik pelanggan.

Beberapa tempat yang kerap memberikan paket khusus atau harga mahasiswa seperti ini adalah Es Teler 77, Bakmi GM, Sushi Tei, Ciz n’ Chic, dan Blenger Burger. 

Selain warung makan, beberapa tempat hiburan, seperti Taman Impian Jaya Ancol, Trans Studio Bandung, dan Dufan, juga sering memberikan diskon khusus dengan cukup menunjukkan kartu pelajar pribadi.

Utamakan Meminjam daripada Membeli

Utamakan Meminjam daripada Membeli

Memasuki awal semester baru berarti buku pelajaran pun harus baru. Daripada Anda cari di toko buku yang harganya mahal, lebih baik pergi ke lokasi toko buku bekas yang menjual dengan harga miring.

Misalnya saja harga buku baru Psikologi Industri adalah Rp85 ribu. Namun, jika Anda beli di toko buku-buku bekas, Anda akan mendapatkan harga 40 persen lebih murah, yaitu sebesar Rp34 ribu. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan buku yang berkondisi mulus dan bersih. Jadinya berasa dapat buku baru, deh.

Agar pengeluaran Anda lebih hemat lagi, Anda dapat memanfaatkan jalinan pertemanan dengan teman atau senior di kampus untuk meminjam bukunya selama satu semester saja.

Memaksimalkan Fasilitas Gratis dari Kampus

Memaksimalkan Fasilitas Gratis dari Kampus

Setiap kampus tentu memiliki fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh setiap mahasiswanya, misalnya saja sarana olahraga, perpustakaan, bahkan wifi gratis. Nah, untuk menghemat pengeluaran biaya paket data bulanan, Anda bisa nih memanfaatkan fasilitas wifi di kampus guna mendukung aktivitas kuliah Anda.

Selain itu daripada mengeluarkan uang yang besar untuk berolahraga di gym, lebih baik manfaatkan fasilitas olahraga yang ada di kampus. Anda bisa lari pagi di lapangan atletik atau bermain bersama teman di lapangan sepak bola, basket, atau badminton.

Kenapa Tidak Naik Sepeda Lagi?

Kenapa Tidak Naik Sepeda Lagi?

Menggunakan kendaraan bermotor memang dinilai lebih efektif, namun sebagaimana moda transportasi ini butuh bensin dan perawatan, maka akan ada biaya pengeluaran tetap. 

Anda selaku mahasiswa pas-pasan tentu belum sanggup jika dihadapkan dengan yang namanya pengeluaran tetap, bukan? 

Mari kita hitung, anggaplah Anda memiliki motor dengan pemakaian BBM jenis pertalite yang mana harga per liter sekitar Rp7.500. Dalam waktu seminggu, Anda membutuhkan bensin sebanyak tiga liter. Maka, pengeluaran bensin Anda seminggu adalah Rp7.500 x 3 liter = Rp22.500. Dalam sebulan menjadi Rp90 ribu.

Nah, daripada setiap bulan harus merogoh Rp90 ribu, lebih baik ganti moda transportasi Anda dengan yang lebih murah, yaitu membeli sepeda. Kelebihan menggunakan sepeda ke kampus adalah:

  • Tidak perlu yang baru dan cukup yang bekas saja, tetapi masih laik pakai. Harga sepeda di Pasar Rumput dimulai dari Rp200 ribuan. 
  • Terhindar dari pengeluaran tetap karena hanya perlu membeli sekali untuk dipakai jangka panjang.
  • Tidak perlu pengeluaran untuk bensin. Biaya perawatan jauh lebih terjangkau.
  • Ramah lingkungan.

Untuk menyiasati agar tidak kelelahan bersepeda ke kampus, berangkatlah lebih awal dari jam masuk. Dengan begitu, Anda bisa bersantai dan tidak terlalu lelah.

Lebih Baik Memasak Sendiri di Dapur Indekos

Lebih Baik Memasak Sendiri di Dapur Indekos

Daripada uang habis untuk membeli makanan di luar terus menerus, mending pilih memasak sendiri di dapur. Tidak perlu memilih menu makanan yang mahal-mahal dan elegan. Pilihlah makanan yang mudah dibuat dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. 

Cari Pekerjaan Sampingan

Cari Pekerjaan Sampingan

Di sela waktu luang anak kuliahan, Anda dapat manfaatkan dengan mencari pekerjaan sampingan guna menambah pemasukan. Tidak perlu mencari pekerjaan yang besar dan memiliki gaji besar, carilah pekerjaan yang sesuai bidang, waktu, dan kemampuan.

Jika Anda suka menulis, maka carilah jenis pekerjaan freelance artikel di internet. Dengan uang yang didapat, Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan mendesak.

Itulah tips-tips berhemat khusus untuk anak kuliahan seperti kita. Yang terpenting, selama kita bisa ikuti serta konsisten dalam menjalaninya, impian untuk memiliki hidup hemat pun bisa diwujudkan. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →