Rahasia Kesuksesan Andrew Darwis, Pendiri Forum Kaskus

Sebagai pengguna internet, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan situs Kaskus. Namun, tahukah Anda kisah inspiratif di balik kesuksesan Andrew Darwis sang Pendiri Kaskus? 

Pria kelahiran 1979 ini memiliki ketertarikan pada teknologi sejak kecil. Ketertarikan ini didapatkan melalui ayahnya yang bekerja di bidang elektronika. Bahkan, di tahun 1997, Andrew berhasil membuat sebuah situs web pribadi hanya menggunakan internet dari sambungan telepon rumah. 

Saat menempuh pendidikan di The Art Institute of Seattle, Andrew mendapatkan tugas dari dosen untuk membuat suatu situs. Dari situlah Kaskus akhirnya diciptakan oleh Andrew bersama dua temannya, yaitu Ronald dan Budi.

Cerita Di Balik Kesuksesan Kaskus

andrew darwis kaskus
Sumber gambar: www.shutterstock.com

Kesuksesan Kaskus saat ini diraih melalui banyak tantangan. Salah satunya adalah keterbatasan kemampuan dalam menciptakan konten yang memadai. Mari ikuti perjalanan Kaskus dari pertama kali berdiri hingga sekarang.

1. Kegagalan pertama Kaskus

Pada tiga tahun pertama kemunculan Kaskus di dunia digital, situs forum ini tidak mendapatkan keuntungan sama sekali yang akhirnya membuat kedua teman Andrew memutuskan mundur dari proyek ini. 

Andrew sendiri tidak patah arang walau saat itu harus membesarkan situs yang memiliki nama kepanjangan Kasak Kusuk (Kaskus) tanpa dukungan teman-temannya lagi.

Di tahun 2008, Andrew melihat perkembangan internet yang begitu pesat di Indonesia dan memutuskan untuk pulang ke Tanah Air untuk membesarkan Kaskus bersama kerabatnya, Ken Dean. 

Sekitar delapan tahun kemudian, Ken Dean menyatakan keputusannya sendiri untuk resmi resign dari kursi jabatan CEO Kaskus di tahun 2016 dengan menjual sahamnya kepada GDP Venture.

2. Awal Mula Kaskus dikenal masyarakat luas

Tidak lama setelah kehadirannya di Indonesia, Kaskus terancam ditutup karena bertentangan dengan UU Informasi dan Elektronika (ITE) yang berkaitan dengan SARA dan penyebaran materi pornografi.

Mengatasi masalah ini, Kaskus kemudian mengubah tampilannya pada tanggal 17 Agustus 2008 dengan menghadirkan fitur-fitur baru, salah satunya adalah merilis blog. Selain itu, Andrew juga memperketat izin unggahan media di situsnya. 

Selang setahun sejak kehadiran Kaskus di Indonesia, situs forum ini akhirnya resmi menjadi perusahaan profesional di bawah PT. Darta Media Indonesia. Namun, hal ini tidak membuat Kaskus langsung dikenal masyarakat luas seperti sekarang ini. 

Pada enam bulan pertama sejak menjadi perusahaan profesional, perkembangan Kaskus dapat dikatakan stagnan atau tidak mengalami kemajuan. Namun, dengan strategi marketing yang tepat, akhirnya Kaskus kian naik daun sehingga semakin banyak pemilik usaha yang tertarik untuk memasang iklan di dalam situs ini. 

Saat ini Kaskus telah memiliki lebih dari 10,4 juta anggota aktif dengan target pasar dari usia 15-40 tahun.

Rahasia Kesuksesan dari Andrew Darwis

kisah sukses andrew darwis
Sumber gambar: www.instagram.com/adarwis

Tahukah Anda? Kaskus yang kini memiliki nilai valuasi Rp1 triliun awalnya dibangun hanya bermodal Rp30 ribu saja! Berikut ini rahasia kesuksesannya.

1. Keberanian dan keyakinan 

Sebagai pelaku startup, Anda harus memiliki keberanian dan keyakinan keras untuk terjun menjadi pebisnis. Poin inilah yang Andrew lakukan saat merintis dan membesarkan Kaskus. Meski menghadapi berbagai tantangan, dia tidak pernah hilang keberanian dan keyakinan untuk mewujudkan mimpinya. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

2. Mampu melihat peluang

Kemampuan melihat peluang juga menjadi poin penting dalam merintis suatu usaha. Kaskus lahir dari keberhasilan Andrew dalam melihat peluang perkembangan internet di Indonesia. Untuk itu, dia kembali ke Indonesia dan merintis situs Kaskus hingga besar seperti sekarang ini. 

3. Memiliki kegigihan 

Perlu diingat bahwa kegigihan dalam mengelola bisnis sangatlah penting. Untuk itu, sebaiknya dirikan usaha yang sesuai dengan passion atau mimpi Anda.

Sejak pertama kalinya Kaskus berdiri di tahun 1999 hingga saat ini, ada begitu banyak tantangan yang perlu Andrew hadapi. Namun, dia selalu mencoba bangkit kembali dan mendorong diri sendiri untuk berpikir dan melakukan hal yang luar biasa. 

4. Tidak pernah berhenti belajar

Menurut Andrew Darwis, kesuksesan yang diraih Kaskus saat ini tidak terlepas dari keinginannya untuk terus belajar. Terlebih jika usaha yang dikelola bergerak di dunia teknologi informasi yang pertumbuhannya sangat cepat. 

Tidak ingin ketinggalan di arus perkembangan digital, pengusaha muda asal Jakarta ini telah memasarkan fitur terbarunya yaitu Kaskus Podcast di tahun 2019. Dalam program ini, Kaskus bekerja sama dengan beberapa kreator untuk menciptakan konten-konten menarik dalam bentuk audio. 

Semoga kegigihan dan kerja keras Andrew Darwis bisa memicu semangat baru Anda dalam bekerja dan merintis usaha baru. Untuk mendapatkan inspirasi berharga dari pengusaha muda di Indonesia lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal. 

Jangan menyerah dalam meraih mimpi, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →