Fakta Menarik Soal Angpao dan Cara Mempersiapkan Dananya

mati lampu ngapain

Tahukah Anda? Ternyata angpao memiliki sejarah dan aturan yang menarik untuk diulik, lho! Angpao dalam bahasa Mandarin dikenal dengan istilah ya sui, yaitu hadiah untuk anak-anak. 

Sebenarnya, amplop merah ini tidak hanya selalu diberikan saat perayaan Imlek saja, melainkan juga perayaan ulang tahun, pernikahan, atau perayaan lainnya yang membawa kebahagiaan. 

Tradisi pemberian uang ini telah dilakukan sejak zaman Dinasti Ming dan Qing. Pada awalnya, perayaan Imlek dirayakan dengan hadiah manisan, kue keranjang, dan jenis makanan lainnya. 

Seiring perkembangan zaman, para orang tua merasa lebih praktis untuk menggantinya dengan uang. Tradisi ini juga dipercaya dapat meningkatkan peredaran uang dan perputaran roda perekonomian negeri Tiongkok di era itu. 

Aturan Pemberian Angpao dan Artinya

memberikan angpao

Meski terkesan sederhana, pemberian angpao sebenarnya memiliki aturan-aturan khusus yang perlu dipahami, di antaranya:

1. Orang dewasa wajib membagikan angpao

Dalam tradisi Tionghoa, orang yang telah menikah wajib memberikan angpao kepada saudaranya yang belum menikah. Sedangkan jika seseorang telah berusia 40 tahun dan belum menikah, maka dia tetap wajib memberikan amplop merah sesuai tradisi karena dianggap telah dewasa.

Selain membagikan amplop merah kepada saudara yang belum menikah, mereka juga wajib memberikan angpao kepada orang tua. Hal ini dikarenakan angpao memiliki konsep membalas kebaikan dan simbol keharmonisan. 

2. Angpao sebaiknya berwarna merah

Dalam budaya Tionghoa, warna merah melambangkan kebahagiaan dan dipercaya dapat membawa keberuntungan. 

Hal ini penting untuk diingat, mengingat warna angpao memiliki arti yang berbeda-beda bagi budaya Tionghoa. Misalnya, amplop berwarna putih dan hitam memiliki makna berkabung atau berbelasungkawa. 

3. Hindari memberi nominal uang yang mengandung angka empat

Masyarakat Tionghoa cenderung menghindari angka empat dalam setiap aspek kehidupan mereka. Baik ketika memilih tanggal pernikahan, tanggal kelahiran anak, dan termasuk ketika memberikan angpao di perayaan Imlek. 

Hal ini dikarenakan dalam bahasa Mandarin angka empat diucapkan sebagai shi yang juga memiliki makna kematian. 

4. Pemberian angpao jangan melewati 14 hari setelah Imlek

Waktu terbaik memberikan angpao adalah pada dimulainya hari Imlek hingga maksimal 14 hari setelahnya. Selain itu, pemberian amplop merah ini sebaiknya tidak dititipkan sehingga keberuntungan bisa langsung sampai ke tangan penerima dan pemberi. 

Tips Menyiapkan Angpao 

aturan pemberian angpao

Tahun baru Tiongkok adalah perayaan yang sangat dinanti-nanti banyak orang. Agar tradisi Imlek berjalan lancar, berikut kami rangkum tips perencanaan keuangan supaya tidak tekor selama bagi-bagi angpao. 

1. Alokasikan dana dari THR atau gaji

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No. 6/2016, Tunjangan Hari Raya (THR)  bagi pekerja/buruh wajib diberikan sekali dalam setahun sesuai dengan hari keagamaan masing-masing. 

Jadi, bagi Anda yang mendapatkan dana tunjangan, sebaiknya sisihkan 20 persen dari uang THR tersebut untuk biaya pengeluaran angpao. Namun, bagi yang tidak menerima THR, Anda bisa menerapkan prinsip keuangan 40-30-20-10 dari gaji. Penerapannya dapat dilakukan seperti: 

  • 40% untuk biaya pengeluaran sehari-hari. 
  • 30% untuk biaya cicilan produktif. 
  • 20% untuk tabungan.
  • 10% untuk biaya pengeluaran angpao. 

2. Prediksikan pengeluaran untuk biaya angpao

Sebelum membagikan angpao, sebaiknya hitung perkiraan biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Hal ini dapat dilakukan dengan menghitung sanak keluarga atau kerabat yang Anda akan berikan uang. 

Perkiraan biaya tersebut bisa menjadi anggaran Anda. Usahakan untuk tidak melebihi anggaran yang telah ditentukan, ya. 

3. Pisahkan pengeluaran yang bersifat wajib dan sukarela 

Berpegang pada aturan pembagian angpao yang telah dibahas sebelumnya, Anda dapat memisahkan angpao yang sifatnya wajib dan sukarela. Misalnya, untuk orang tua dan sanak saudara sebaiknya dimasukkan kategori pemberian wajib. Sementara, kerabat dan rekan kerja di kategori sukarela. 

Pada dasarnya, angpao adalah wujud ucapan syukur atas rezeki yang telah didapat selama setahun terakhir. Jadi, yang penting bukan nominal uangnya, melainkan bentuk perhatiannya. Walau begitu, upayakan untuk senantiasa mengatur kondisi keuangan Anda dengan baik agar semuanya lancar, ya

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →