Apa Itu Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)?

Selain asuransi jiwa berjangka (term life), ada juga asuransi jiwa seumur hidup (whole life). Apa itu asuransi jiwa seumur hidup?

Asuransi jiwa menjadi tujuan keuangan yang perlu dicapai semua orang, termasuk mereka yang punya banyak tanggungan. 

Pasalnya, manfaat asuransi dapat meminimalkan risiko yang berpotensi menjadi beban keuangan bagi anggota keluarga yang ditinggalkan.

Kesadaran masyarakat Indonesia memiliki asuransi jiwa patut diapresiasi. Pasalnya, ada kenaikan persentase tertanggung sebesar 14,7 persen pada kuartal ke-3 tahun 2019.

Menurut data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), total tertanggung asuransi jiwa pada kuartal ke-3 tahun 2019 tembus 62,58 juta orang. Angka ini lebih besar dibanding kuartal ke-3 tahun 2018 yang mencapai 54,57 juta orang.

Kalau kamu termasuk salah satu orang yang sadar betapa pentingnya asuransi jiwa bagi keluarga tercinta, kamu telah memilih tulisan yang tepat untuk mengetahui jenis asuransi ini dan keuntungan-keuntungannya.

Tulisan kali ini mau membahas apa asuransi jiwa seumur hidup (whole life) serta keuntungan-keuntungannya. Yuk, langsung saja disimak:

Apa itu asuransi jiwa seumur hidup (asuransi jiwa whole life)?

whole insurance
Apa itu asuransi jiwa whole life? (Shutterstock)

Asuransi jiwa seumur hidup atau asuransi jiwa whole life adalah jenis asuransi jiwa murni yang manfaatnya dapat dirasakan seumur hidup. 

Meski dibilang seumur hidup, jenis asuransi ini sebenarnya punya jangka waktu (masa pertanggungan) hingga 99 tahun.

Karena masa pertanggungannya yang sangat lama melebihi asuransi berjangka, besaran premi asuransi seumur hidup jelas lebih tinggi. Preminya bahkan bisa mencapai 2 – 3 kali premi asuransi jiwa term life.

Meski begitu, asuransi jenis ini menjadi salah satu polis terbaik untuk dibeli kalau kamu:

  • Perlu proteksi yang bertahan seumur hidup.
  • Mau proteksi maksimal, tapi menginginkan besaran premi yang tetap.
  • Adanya pengembalian nilai tunai dari premi yang selama ini dibayarkan.

Keuntungan-keuntungan asuransi jiwa seumur hidup

keluarga kecil terdiri dari sepasang suami istri dan anak mereka
Keuntungan-Keuntungan whole life insurance (Shutterstock)

Asuransi jiwa whole life dari segi premi memang lebih mahal dibandingkan asuransi jiwa term life. Namun, masa perlindungan asuransi jiwa whole life lebih panjang ketimbang term life.

Selain itu, ada beberapa keuntungan lainnya yang diperoleh dari pembelian polis asuransi jiwa seumur hidup. Apa saja keuntungan dari jenis asuransi jiwa ini?

1. Asuransi jiwa seumur hidup gak bakal kedaluwarsa

Gak seperti asuransi jiwa term life, gak ada yang namanya masa pertanggungan selesai dalam waktu setahun atau lima tahun dalam asuransi jiwa whole life. Namun, ketentuan asuransi terus aktif selama dibayarkan berlaku juga dalam jenis asuransi jiwa ini.

2. Premi asuransi jiwa seumur hidup emang besar, tapi terus tetap seumur hidup

Membayar premi menjadi salah satu kewajiban dari pemegang polis asuransi kalau mau polisnya terus aktif. Meski begitu, ketentuan besaran premi dari tiap jenis asuransi gak bakal sama.

Contohnya, premi asuransi jiwa whole life yang lebih besar dibandingkan premi asuransi term life. Sekali pun lebih besar, nilai premi jenis asuransi jiwa tersebut selamanya bakal tetap sama seumur hidup si pemegang polis.

3. Nilai tunai asuransi whole life berkembang selama polis tetap aktif

Nilai tunai adalah salah satu manfaat lain dari asuransi jenis ini selain uang pertanggungan. Nilai tunai ini berasal dari premi yang dibayarkan pemegang polis.

Keuntungan berupa nilai tunai ini didapat pada waktu tertentu. Itu berarti, pemegang polis bisa menikmati keuntungan ini selama masih hidup.

Dengan manfaat serta keuntungan-keuntungan lainnya, asuransi jiwa whole life sangat cocok untuk mereka yang butuh proteksi keuangan dalam jangka panjang. 

Sayangnya, menemukan pilihan yang cocok dan tepat dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya menyita waktu. Untungnya, keberadaan broker asuransi online memudahkan kita dalam menemukan asuransi jiwa pilihan.

Lifepal.co.id hadir di Indonesia sebagai broker asuransi online yang menawarkan beragam pilihan asuransi, termasuk asuransi jiwa. 

Apalagi, Lifepal juga membantu orang-orang yang membeli asuransi melaluinya untuk mengklaim asuransi. Jadi, tunggu apalagi temukan asuransimu sekarang! (Editor: Chaerunnisa)