Apa Itu Dropship? Belajar Cara Mendulang Uang dari Skema Bisnis Ini Yuk

seorang perempuan berhijab jadi dropship

Sudah tahukan kamu apa itu dropship? Kalau kamu tahu artinya, kamu mungkin bakal terkejut bahwa zaman sekarang kalau mau berbisnis gak perlu pakai modal! 

Di era teknologi canggih seperti sekarang ini banyak sekali orang mencari uang dengan menggunakan skema dropship. Selain mudah, skema bisnis ini gak bikin ribet.

Skema bisnis dropship bisa dilakukan oleh siapa saja, dengan apa saja barang yang dijual. Bisa menjual makanan, pakaian, atau peralatan elektronik.

Penasaran apa itu dropship? Yuk simak beberapa penjelasan mengenai apa itu dropship yang disarikan dari buku Dropship Mastery di bawah ini.

Apa itu dropship?

Dropship adalah skema bisnis yang dilakoni agen tanpa harus menyetok barang terlebih dahulu. 

Ketika mendapatkan pesanan, seorang agen dropship atau dropshipper langsung meneruskan pesanan tersebut ke supplier.

Setelah itu, supplier akan mengirimkan barang kepada konsumen yang membeli barang melalui dropshipper tadi.

Bagaimana cara kerja bisnis dropship?

Sebelum menyelami lebih lanjut, gak ada salahnya buat kamu mengetahui bagaimana cara kerja bisnis dropship

1. Customer membeli produk di kamu

Hal pertama dalam sistem kerja dropship adalah pembeli datang ke toko online, kemudian memesan barang yang diinginkannya. 

2. Pesanan dikirimkan ke pemasok 

Kedua, pesanan kemudian diteruskan ke pihak pemasok untuk diproses lebih lanjut. 

3. Pemasok mempersiapkan barangnya 

Setelah diterima, pemasok kemudian mengurus mempersiapkan barang yang dipesan. Di tahap ini pemasok juga bertugas untuk mengepakkan barang hingga siap dikirim. 

4. Pesanan langsung dikirim ke customer 

Terakhir, kamu gak perlu repot-repot lagi buat ngirim barang itu ke pembeli. Karena dalam sistem dropship pesanan langsung diantarkan oleh pihak pemasok. Jadi, lebih mudah kan

4 langkah mudah cara menjadi dropshipper 

1. Pertama, tentukan dulu produk apa yang mau kamu jual 

Langkah pertama adalah, kamu harus menentukan kira-kira produk apa yang bakal kamu jual di toko onlinemu. 

Usahakan produk yang benar-benar kamu pahami, biar kalau ditanya oleh konsumen bisa jawab dengan lancar. 

Misalnya, kamu sangat mengerti dengan kualitas sepatu futsal. Maka, kamu bisa berjualan sepatu futsal lokal. 

2. Cari pemasok 

Langkah berikutnya adalah kamu harus cari pemasok yang tepat. Cara termudahnya kamu bisa mencarinya di e-commerce ternama, lalu menghubungi toko tersebut untuk meminta mereka menjadi pemasokmu. 

Pastikan hubungan kamu dengan pemasok terjalin dengan baik. Demi memastikan ketersediaan stok dan update informasi barang-barang terbaru.

3. Cari platform sebagai media jualan

Selanjutnya kamu bisa mulai mencari platform terbaik untuk lapak berjualan. Biasanya orang-orang menggunakan media sosial Instagram sebagai toko online mereka. 

Kemudian, kamu bisa memilih nama toko yang pas dan branding yang tepat untuk mempromosikan toko online-mu. 

4. Mempromosikan toko online-mu 

Langkah selanjutnya adalah mempromosikan toko online-mu untuk menarik lebih banyak pelanggan. Promosi bisa dilakukan dengan mengiklankan akun bisnismu ke Instagram atau Facebook. 

Tapi, kamu perlu modal lagi untuk bisa mengiklankannya. Gak masalah lah modal sedikit demi keuntungan yang lebih besar. 

Keuntungan dropship 

Dropship adalah ide bisnis yang cemerlang buat mereka yang baru ingin memulai dunia usaha. 

Dengan dropship kamu bisa menjalankan usaha di tengah berbagai keterbatasan, entah itu modal atau tempat usaha. 

Berikut ini beberapa keuntungan yang didapat bila kamu menjadi seorang dropshipper

1. Modalnya sedikit

Keuntungan yang paling utama adalah, kamu bisa memulainya dengan modal sedikit, bahkan tanpa modal sekalipun. 

Karena menjadi dropship kamu gak perlu mengeluarkan uang untuk toko fisik, cukup toko online saja, dan mengambil barangnya setelah pelanggan membayarnya. 

2. Mudah dijalankan

Karena kamu gak perlu toko fisik, bisnis dropship jadi sangat mudah dijalankan. Tinggal modal ponsel pintar, toko online, dan foto-foto produk juga sudah bisa jalan. 

3. Lokasinya fleksibel 

Dropship bisa dijalankan di mana saja selama ada jaringan internet. Pokoknya, selama kamu bisa berkomunikasi dengan lancar ke konsumen dan pemasok, bisnismu bakal aman-aman aja. 

4. Banyak produk yang bisa dijual 

Banyak produk yang bisa dijual, tidak terpaku kepada satu jenis saja. Intinya barang yang dijual oleh pemasok, bisa juga kamu masukkan ke dalam toko online-mu. 

Kerugian dropship 

Memiliki keuntungan, bukan berarti bisnis dropship tidak punya kelemahan. Berikut ini beberapa kerugiannya bila kamu terjun ke skema bisnis ini. 

1.  Keuntungan yang rendah 

Biasanya yang menjual produk tersebut gak cuma kamu doang. Untuk memenangkan persaingan biasanya para dropshipper bakal menurunkan harga semaksimal mungkin, yang artinya keuntungan yang didapat makin sedikit. 

2. Ketersediaan barang 

Karena kamu tidak memiliki stok barangnya secara langsung, berarti kamu tidak mengetahui secara pasti stok yang tersedia di pemasok. 

3. Pengirimannya ribet, kalau punya pemasok lebih dari satu 

Sebagai dropshipper, kamu bisa memiliki banyak lebih dari satu pemasok. Tapi nantinya pengirimannya bakal ribet banget, apalagi kalau customer memesan banyak produk dari pemasok yang berbeda-beda. 

4. Pemasok sering mengalami kesalahan 

Karena kamu tidak memegang produk dan mengurus pengirimannya, berarti kamu tidak bisa memastikan kualitas barang yang dikirimkan. 

Seandainya ada ketidaksesuaian antara produk, customer bakal marah ke kamu, bukan ke pemasok. 

5. Tidak bisa memodifikasi produk 

Kamu tahu bahwa tren terhadap sebuah produk berubah dari waktu ke waktu. 

Sebagai dropshipper, kamu gak memiliki kewenangan untuk memodifikasi produk, karena seluruhnya adalah kontrol penuh dari pemasok. 

Kesimpulan

Bagaimana? Cukup mudah kan menjadi seorang dropshipper? Kamu gak perlu ngeluarin modal buat beli produk yang kamu jual. Cocok banget deh buat kamu yang mau menjajal dunia bisnis tanpa takut rugi besar. 

 

Tinggal posting atau promosikan barang milik orang lain di lapak kamu, dan kamu pun dapat untung dari selisih harga jual dan harga beli. 

Jadi sudah gak bingung dong kalau ada yang nanya apa itu dropship? Yuk, coba jajal bisnis ini! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →