Yuk, Manfaatkan LinkedIn untuk Mengejar Karier Impian

apa itu linkedin logo

Apa itu Linkedin? LinkedIn adalah salah satu jaringan online profesional terbesar di dunia. Lebih dari 610 juta orang dari lebih 200 negara menggunakan aplikasi ini. 

Popularitas LinkedIn terus meningkat seiring aplikasi ini menjadi favorit bagi banyak orang yang mencari kerja dan perusahaan yang mencari calon pekerja terbaik. Bahkan, beberapa perusahaan dan situs loker meminta calon pekerja untuk mencantumkan profil LinkedIn pribadi.

Tidak hanya untuk mencari kerja, LinkedIn turut memfasilitasi kita dalam melatih skill menulis. Terlebih lagi, hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memang hobi menulis atau menjajaki karier sebagai penulis atau jurnalis. 

Meski menawarkan jaringan yang luas, memiliki profil di LinkedIn belum tentu begitu saja dilirik oleh sebuah perusahaan pencari pekerja. Dalam hal ini, membangun profil yang menarik menjadi salah satu keunggulan dalam menemukan pekerjaan dengan kualitas terbaik.

Apa Manfaat Menjadi Anggota LinkedIn?

manfaat mendaftar linkedin

Memiliki profil LinkedIn berarti membuka kesempatan bagi diri sendiri untuk dilirik perusahaan, termasuk perusahaan asing yang tidak hanya bertengger di Indonesia, tetapi juga mancanegara. 

Sebagian orang atau perusahaan pemilik akun di LinkedIn sering kali membagikan post yang berisikan pengembangan karier dan kepribadian. Bedanya, artikel-artikel yang mereka share di sini bukan artikel sembarangan dan kerap kali sangat bermanfaat untuk diaplikasikan di dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi.

So, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan semua peluang ini, bukan?

Cara Bergabung dan Membuat Profil LinkedIn

Untuk membuat profil LinkedIn, kita hanya perlu mengikuti langkah-langkah simpel sebagai berikut.

  • Klik halaman pendaftaran LinkedIn.
  • Ketik nama depan dan nama belakang, alamat, surel, dan kata sandi yang akan digunakan. Sangat disarankan untuk menggunakan nama asli sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) ketika membuat profil. LinkedIn tidak mengizinkan anggotanya menggunakan nama perusahaan atau nama samaran sesuai Perjanjian Pengguna LinkedIn.
  • Klik “Bergabung Sekarang”.
  • Selesaikan langkah berikutnya sesuai panduan yang diberikan.

Tips Membuat Profil Menarik

tips membuat profil linkedin

Faktor-faktor pembentuk profil yang menarik bukan terletak pada foto yang cantik atau tampan. Profil yang menarik berarti halaman LinkedIn Anda menawarkan keunikan tersendiri. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti untuk membentuk keunikan sekaligus memperkuat profil LinkedIn pribadi.

1. Tampilan foto yang profesional

Pastikan foto yang diunggah sudah rapi, ditampilkan pada resolusi yang jelas, serta memperlihatkan sisi profesionalitas Anda seperti menggunakan kemeja dengan rambut yang tertata rapi.

2. Headline yang informatif dan menarik

Setelah merapikan foto, pastikan headline profil atau slogan profesional yang dicantumkan singkat dan menarik. Headline berguna memberi kesan pertama yang baik dan mudah diingat. Rumus terbaiknya, coba gabungkan kelebihan dan minat. Tidak ada salahnya melihat headline milik teman sejawat atau seorang tokoh terkenal untuk mendapatkan inspirasi.

3. URL publik

Sebagian besar situs pekerjaan menanyakan profil LinkedIn kita agar mereka bisa mempelajarinya secara leluasa. Namun secara default, LinkedIn memberi URL publik yang panjang dan membosankan. Pada satu sisi, hal ini berisiko memberi kesan bahwa kita tidak mempresentasikan profil pribadi dengan rapi.

Nah untungnya, LinkedIn mengizinkan anggotanya untuk melakukan modifikasi sesuai keinginan. Kita hanya perlu mengedit URL di bagian Edit Profil.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

4. Profil jelas dan terperinci

Usahakan membuat profil yang layak dibaca publik, terutama perusahaan pencari pekerja. Lengkapi profil dengan memberikan informasi jelas dan terperinci, termasuk perusahaan tempat bekerja sebelumnya dan saat ini, serta setiap aspek lainnya dengan tetap memperhatikan detail, misalnya gaji dan kemahiran khusus. 

Jika memang serius untuk memperluas jaringan dalam mencari pekerjaan, mungkin layanan premium bisa dicoba.

5. Kumpulkan rekomendasi

Memiliki profil yang unik dan menarik sebaiknya turut menampilkan rekomendasi dari kolega pekerjaan. Cobalah meminta dan kumpulkan rekomendasi dari rekan kerja atau atasan. Jika memiliki kesempatan kerja atau magang, mintalah rekomendasi atas pekerjaan yang telah atau sedang dijalani saat ini.

6. Share karya

Kita juga bisa membagikan sebuah karya tulis di LinkedIn. Selain memamerkan karya tulis, tentu hasil kerja selama ini bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan yang mungkin berniat merekrut kita. Dengan menambahkan karya, profil LinkedIn tentu akan semakin menarik untuk dilirik.

7. Aktif secara sosial

Terakhir, jaga profil agar selalu update secara berkala. Jika kita baru mendapat pekerjaan baru, resign, atau lainnya, pastikan meng-update data profil. Selain itu, aktif dalam forum diskusi juga bermanfaat menambah wawasan dan jaringan profesional kita.

Lebih Profesional dengan LinkedIn Premium Account

profil linkedin premium account

Berbeda dengan LInkedIn Premium Account, fasilitas akun gratis dari LinkedIn hanya menawarkan sejumlah keperluan mendasar pencari kerja atau perekrut, seperti membuat laman profil, pemanfaatan jaringan yang terbatas, menghubungkan teman atau rekan sepekerjaan, dan notifikasi permintaan dan saran pertemanan.

Dengan memiliki akun premium, Anda akan diberi beberapa fasilitas plus, di antaranya: 

  • Applicant Insight untuk memberi data statistik dan wawasan mendalam mengenai peringkat Anda atau perusahaan dalam dunia profesional versi LinkedIn.
  • InMail yang memungkinkan Anda berkirim pesan langsung dengan calon pekerja, calon perekrut, atau pakar di luar jaringan Anda.

LinkedIn Premium Account untuk personal

Bagi Anda yang ingin mencoba apa itu LinkedIn Premium untuk perorangan akan diberikan keanggotaan gratis dulu selama sebulan. Setelah itu, Anda akan dikenakan tarif antara  US$29,99 hingga US$47,99 atau sekitar Rp427 ribu hingga Rp684 ribu per bulan, tergantung kepada fitur yang dimanfaatkan. 

LinkedIn Premium Account untuk perusahaan

Bagi perusahaan yang ingin mencoba fitur premium, terdapat dua kategori yang bisa dimanfaatkan, yaitu Sales dan Hiring. LinkedIn Premium untuk perusahaan juga menawarkan keanggotaan gratis selama sebulan dan setelah itu dikenakan tarif antara US$64,99 hingga US$99,95 atau sekitar Rp927 ribu hingga Rp1,4 juta sesuai fitur yang digunakan.

Cara pembayarannya bisa dengan kartu kredit atau semua jenis kartu Visa dan MasterCard. Namun, sayangnya Anda harus membayar dalam satuan dolar AS karena mata uang rupiah belum termasuk dalam satuan pembayaran LinkedIn Premium. 

Sekarang sudah paham apa itu LinkedIn, ‘kan? Selamat mencoba dan good luck, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →