Apa Itu Rekening Koran dan Apa Saja Manfaatnya?

Tabungan dan Rekening Koran

Apa itu rekening koran? Rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan secara tertulis yang bisa dicetak oleh bank. 

Isinya meliputi alur debit dan kredit, serta perpindahan dana hasil transfer masuk dan keluar. Pemilik rekening koran bisa perorangan atau badan usaha.

Sebelumnya, kebanyakan nasabah mengecek rincian transaksi mereka melalui rekening koran yang diterbitkan bank. Ada bank yang mengirimkan rutin kepada nasabahnya dan ada juga yang nasabahnya sendiri yang harus mengajukannya terlebih dahulu. 

Rekening Koran VS Teknologi Masa Kini

Apa Itu Rekening Koran dan Bedanya Dengan Teknologi Masa Kini

Sejak saat pengajuan rekening koran hingga saat akhirnya dicetak, nasabah harus menunggu beberapa waktu. Pasalnya, customer service (CS) perbankan harus meminta persetujuan terlebih dahulu dari pejabat bank senior atau atasan dahulu.

Namun kini, nasabah bisa mendapatkan perincian transaksi rekening pribadi dengan instan secara online melalui aplikasi ponsel, cek di situs bank, atau melihat langsung di mesin ATM kapan saja.

Terlepas dari fakta tersebut, mencetak rekening koran tetap memiliki fungsi dan manfaat penting bagi sebagian orang. Selain itu, pengajuannya pun harus memenuhi persyaratan tertentu. Mari kita bahas satu-persatu.

Kegunaan Mencetak Rekening Koran

Cara Mengajukan Rekening Koran dengan 4 Langkah Ini

Permintaan untuk mencetak rekening koran di bank memang sudah jarang dilakukan, tetapi bukan berarti tidak ada gunanya. Nyatanya, ada beberapa kegunaan dari mencetak rekening koran di bank, antara lain:

1. Bagian dari persyaratan dalam mengajukan pinjaman

Pada saat Anda ingin mengajukan kredit atau pinjaman, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), maupun Kredit Tanpa Agunan (KTA), pastinya lembaga keuangan terkait akan mengecek riwayat transaksi keuangan Anda. Dengan begitu, Anda akan diminta mencetak rekening koran di bank tempat Anda menabung atau menyimpan dana simpanan.

Ketika lembaga keuangan telah menerima rekening koran Anda, maka selanjutnya arus keuangan di rekening Anda bisa diketahui. Jika arus keuangan dinyatakan sehat, maka pinjaman pun bisa dicairkan.

2. Pengajuan visa

Ketika Anda ingin liburan atau dinas ke luar negeri, ada sebagian negara yang mewajibkan pendatang untuk membawa visa. Pada kasus ini, rekening koran memegang peranan penting untuk membuktikan bahwa Anda memiliki dana yang cukup sehingga tidak terluntang-lantung di negara tujuan. 

Rekening koran yang harus diterbitkan umumnya harus menyatakan transaksi selama 3-6 bulan terakhir.

3. Syarat mengikuti lelang

Jika Anda tertarik untuk mengikuti lelang, maka salah satu dokumen yang diperlukan adalah penyerahan rekening koran. Lelang proyek milik swasta atau pemerintah umumnya mewajibkan pesertanya menunjukkan jumlah saldo yang ada di rekening. Dengan membawa rekening koran, maka terlihat jelas jumlah dana yang Anda miliki. 

4. Dijadikan bukti hukum

Rekening koran bisa menjadi bukti hukum yang sah apabila Anda sedang mengalami perselisihan antara orang lain terkait mutasi rekening. 

Sebagai contoh, Anda yakin telah membayarkan sejumlah uang untuk membayar pesanan kepada sebuah toko online tertentu. Namun penjual merasa belum menerima uang itu, maka adanya rekening koran bisa membuktikan permasalahan tersebut.

5. Audit keuangan perusahaan

Setiap perusahaan sangat mengandalkan rekening koran sebagaimana fungsinya untuk mengetahui arus transaksi masuk dan keluar setiap hari. Jadi, bila ada transaksi yang tidak wajar pada rekening perusahaan, maka bisa terlihat secara langsung dan bisa segera diproses.

Cara Mengajukan Rekening Koran dengan 4 Langkah Ini

Rekening Koran VS Teknologi Masa Kini

Mencetak rekening koran tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup hitungan menit saja. Namun, Anda harus terlebih dahulu mengunjungi kantor cabang bank terdekat. Jika pejabat bank setempat berada di lokasi, maka customer service bisa mengeluarkan rekening koran Anda dalam waktu yang tidak lama. 

Pada prosesnya akan membutuhkan tanda tangan dari pejabat senior bank. Khususnya dalam hal mencetak rekening koran tidak bisa diakses secara online karena membutuhkan stempel atau legalisir dari bank yang bersangkutan.

Meski begitu agar proses penerbitan rekening koran dapat berjalan cepat, ada beberapa cara yang harus Anda lakukan, antara lain:

1. Membawa buku tabungan asli

Untuk mendapatkan rekening koran, Anda harus datang ke bank dengan membawa buku tabungan yang asli. Kemudian, Anda harus bertemu customer service untuk menyampaikan permohonan mencetak rekening koran.

2. Jangan lupa membawa KTP

Selanjutnya, petugas bank akan meminta ke Anda terkait kartu identitas seperti KTP atau kartu identitas yang sejenisnya. Hal itu demi mencocokkan identitas diri dengan buku tabungan. 

3. Membawa kartu debit

Selain menanyakan identitas KTP, petugas bank atau customer service akan meminta kartu debit. Kartu debit merupakan bukti kepemilikan rekening yang sah dari seorang nasabah bank.

4. Menyiapkan uang untuk membayar biaya cetak 

Bank akan mengenakan biaya cetak kepada Anda. Besaran biaya cetak rekening koran dari setiap bank tidak sama. misalnya:

  • Bank BCA mengenakan Rp2.500 per lembar.
  • Bank Permata mengenakan Rp10 ribu per lembar.
  • Bank Mandiri mengenakan biaya Rp2.500 per lembar untuk transaksi tiga bulan terakhir dan biaya Rp5.000 per lembar untuk transaksi enam bulan terakhir.
  • Bank BNI mengenakan Rp2.500 sampai Rp3.000 per lembar.
  • Bank BRI mengenakan Rp25 ribu per lembar (lebih dari 12 bulan).

Demikian artikel ringkas mengenai apa itu rekening koran. Walau terkesan sudah tidak berguna lagi, tetapi ternyata masih ada manfaat penting di baliknya. Bagi yang ingin mencetak rekening koran, jangan lupa memenuhi persyaratannya, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →