Rahasia Mendapatkan Apartemen Murah Paling Ampuh

sewa apartemen

Tidak dapat dipungkiri adanya anggapan bahwa apartemen termasuk properti mewah di Indonesia. Benar atau salah, nyatanya Anda masih bisa menemukan apartemen murah.

Fakta ini didukung pula oleh meningkatnya harga tanah yang akhirnya membuat hunian bertingkat tersebut semakin menjadi incaran warga di perkotaan.

Sebagai perbandingan sederhana, luas bangunan apartemen yang sama dengan satu unit rumah dapat digunakan oleh beberapa keluarga sekaligus karena dibangun secara vertikal.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan apartemen dengan harga lebih murah, berikut beberapa kisi-kisi yang dapat diikuti.

1. Cari di Lokasi yang Dikenal Murah

Untung dan Rugi dari Sewa Apartemen

Tentu saja untuk dapat apartemen harga murah, carilah di lokasi yang memang dikenal murah, bukan di kawasan elite.

Contoh di provinsi Jakarta, kawasan pusat kota seperti kawasan Sudirman, Menteng, dan Kemang terkenal sebagai daerah elite. Oleh karena itu, hampir pasti akan sulit untuk mendapatkan apartemen low budget di sana.

Oleh karena itu, Anda dapat mencari apartemen yang berada di pinggiran atau setidaknya tidak pas di pusat kota. Biasanya di sana, Anda bisa mendapatkan apartemen yang lebih murah. Bahkan, bisa saja fasilitas yang diberikan setara dengan apartemen mahal di kawasan elite.

Silakan baca rekomendasi sewa apartemen murah di Jakarta dengan biaya mulai dari satu jutaan saja di artikel Lifepal.

2. Pilih Apartemen yang Sesuai Bujet

mulai dari pemasukan anda

Setelah mencari di lokasi yang tepat, Anda tetap harus memilih apartemen yang memang sesuai bujet. Sebab, biasanya di kawasan tertentu terdapat beberapa apartemen dengan fasilitas berbeda-beda.

Misalnya, ada apartemen yang dilengkapi dengan kolam renang, pusat perbelanjaan, atau pusat bisnis. Nah, fasilitas seperti itu biasanya akan meningkatkan harga apartemen. Sementara itu, apartemen dengan fasilitas lebih minim akan dibanderol dengan harga yang tentu lebih terjangkau.

Apabila Anda tidak merasa terlalu butuh fasilitas-fasilitas seperti itu, maka pilih saja apartemen dengan harga lebih murah.

3. Pertimbangkan Tipe Unit yang Sesuai Kebutuhan

Pertimbangkan Tipe Unit yang Sesuai Kebutuhan

Pada umumnya, unit apartemen terbagi menjadi tiga kategori, yaitu tipe Studio yang tanpa kamar tidur, tipe 1BR atau satu kamar tidur, tipe 2BR atau dua kamar tidur, dan seterusnya. Khususnya apartemen murah hanya dapat memuat hingga tiga kamar tidur saja.

Dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan tipe unit yang memang sesuai kebutuhan saja. Bagi yang masih berstatus lajang tidak ada salahnya memilih tipe Studio. Sementara yang sudah berkeluarga, ada baiknya tidak memaksakan untuk memilih tipe Studio meski murah.

4. Perhatikan Status Bangunan

Perhatikan Status Bangunan

Terdapat dua jenis kepemilikan apartemen, yaitu HGB Milik (Hak Guna Bangunan) dan SKBG (Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung). Berikut penjelasannya:

HGB Milik/SHKRS

HGB Milik atau SHKRS (Sertifikat Hak Kepemilikan Rumah Susun) merupakan sertifikat apartemen yang dibangun di atas lahan milik developer atau perorangan. Jenis sertifikat ini memiliki kekuatan hukum yang kuat dan dapat Anda jadikan sebagai jaminan pinjaman bank.

Sertifikat jenis ini dapat Anda perpanjang setelah 20 tahun. Caranya pun cukup mudah, yaitu hanya perlu membawa dokumen lengkap untuk diproses di BPN (Badan Pertanahan Negara).

SKGB

Ini adalah sertifikat yang perlu diperhatikan dengan saksama. Sebab, SKGB (Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung) merupakan sertifikat yang diberikan pada apartemen yang dibangun di atas lahan milik pemerintah. Sertifikat ini memiliki kekuatan hukum lebih lemah karena sebenarnya tanah dimiliki oleh pihak ketiga.

Kalau Anda berniat membeli apartemen, maka pastikan apartemen tersebut bukan dibangun di atas tanah pemerintah. Karena, kita tidak tahu kapan pemerintah akan membutuhkan tanah wakaf (dipinjamkan) tersebut.

Namun, kalau Anda berencana untuk sewa dan mencari yang murah, maka biasanya apartemen yang dibangun di atas tanah pemerintah akan lebih murah.

5. Lebih Baik Sewa Tahunan

pinjaman

Apabila Anda memutuskan untuk sewa apartemen dahulu, maka utamakan pembayaran tahunan karena biasanya harga sewa tahunan lebih murah dan kerap didiskon oleh pemilik apartemen.

Contoh, sewa apartemen bulanan dibanderol Rp3 juta. Namun, pemilik sewa biasanya hanya akan menghitung 10 bulan saja apabila Anda sanggup membayar setahun sekaligus. Jadilah harga sewa apartemen per tahun adalah Rp30 juta saja. Anggaran yang bisa dihemat adalah Rp6 juta!

6. Pertimbangkan Kredit daripada Sewa

Jenis-Jenis Layanan E-Banking

Akan lebih baik lagi jika Anda mau berkomitmen untuk membeli apartemen secara kredit dibandingkan menyewa. Faktanya, angsuran kredit apartemen kadang kala hampir setara dengan harga sewa per bulan.

Dengan catatan, cari apartemen yang lokasinya di pinggiran kota. Atau, sediakan uang muka yang cukup besar sehingga cicilan kredit apartemen Anda menjadi lebih ringan.

7. Beli atau Sewa Tanpa Perantara

pinjaman uang tunai

Bukan mau mendiskreditkan perantara atau agen, namun tidak dipungkiri bahwa terdapat margin harga antara pemilik dan perantara, bukan? Berbeda apabila Anda membeli atau menyewa tanpa perantara, biasanya pemilik akan memberikan harga pertama yang jelas lebih murah.

Nah, kalau memang memungkinkan, carilah apartemen yang diiklankan langsung oleh pemilik. Sama halnya dengan perihal pembelian apartemen.

Selain langsung ke pemilik, Anda yang berencana membeli apartemen juga dapat langsung mendatangi developer terkait di kantor marketing mereka. Tipsnya, beli atau cicil apartemen saat pre-launching atau baru launching. Namun, pastikan developer apartemen tersebut bereputasi bagus juga, ya.

8. Cermati Biaya-Biaya Lain

Harga Token Listrik

Sekadar mempertimbangkan harga sewa, cicilan, atau pembelian saja tidaklah cukup saat Anda bersinggungan dengan apartemen. Sebagaimana bangunan apartemen merupakan milik bersama, maka terdapat sejumlah biaya yang diterapkan oleh pihak pengelola atau developer.

Pada umumnya, pihak pengelola apartemen memberlakukan biaya IPL (Iuran Pemeliharaan Lingkungan) dan sinking fund (biaya perbaikan). Pertimbangkan biaya tersebut, apakah masih sesuai dengan bujet Anda. Pertimbangkanlah untung dan rugi beli apartemen atau sewa apartemen dari segala sisi agar Anda bisa mendapatkan kenyamanan yang terbaik.

Semoga tips dan saran yang disebutkan di atas dapat membantu Anda menemukan apartemen murah, ya. Jangan lupa untuk meluangkan cukup waktu sehingga tidak terburu-buru untuk mencari unit apartemen yang benar-benar nyaman untuk Anda huni.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →