Dilengkapi Teknologi Google, Aplikasi Bursa Kerja Ini Bisa Bantu Buat CV Gratis

Pernah dengar aplikasi Kormo? Aplikasi ini bisa membantumu membuat cv dengan mudah hingga mendapat pekerjaan baru dengan cepat lho.

Pada awalnya, aplikasi ini diluncurkan di Bangladesh dan dikembangkan di program Area 120 milik Google. Di Indonesia, Kormo sejatinya sudah ada sejak Maret 2019, namun belum tentu kamu yang baca artikel ini familiar sama aplikasi ini.

Bisa dibilang, pemain di bidang aplikasi bursa kerja ini memang gak sedikit. Tapi, aplikasi ini punya perbedaan yang cukup signifikan ketimbang kompetitornya.

Mau tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasannya.

1. Bisa bikin CV cepat dan gratis di Aplikasi Kormo

Aplikasi Kormo
Bikin CV di Kormo mudah dan cepat (Instagram).

Gak sempat buat daftar riwayat hidup alias CV? Kormo tentu saja bisa membantumu membuat CV secara digital cepat dan pastinya gratis.

Kamu pun bisa menghubungkannya langsung dengan akun Google dan mengisi data di menu profilnya. 

Setelah CVnya jadi, kamu bisa download atau kirim ke perusahaan tujuanmu. Atau bisa juga di share via email, Whatsapp, atau yang lain.

Serba praktis pokoknya deh!

2. Tahu apa yang kamu butuhkan

Aplikasi Kormo
Aplikasi pembuat CV bakalan membantu kamu membuat resume menarik (Instagram).

“Kami ingin membantu para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan, dan menghubungkan mereka dengan segala kesempatan kerja yang tersedia,” demikian pernyataan Project Lead Kormo, Bickey Russell, dalam press briefing di kantor Google Indonesia, Jakarta, 18 November 2019.

Seberapa canggih aplikasi ini dalam membantu para pencari kerja? 

Yang jelas, mereka dibantu machine learning Google yang bisa memudahkanmu mencari kerja di wilayah yang kamu mau. Semua lowongan kerja yang bakal muncul di feeds aplikasi itu, tentunya bakal sesuai dengan yang kamu inginkan. 

3. Bisa dipakai untuk belajar

Aplikasi Kormo
Aplikasi ini juga memberikan tips mencari pekerjaan (Instagram).

Nah, aplikasi ini juga menyajikan konten-konten seputar karier atau self development berbentuk artikel atau video. 

Setelah user membaca atau menonton video tersebut, mereka akan memperoleh badge yang bisa dilihat oleh perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan. Nah, mereka jadi bisa tahu tuh, kamu sudah ikut training virtual apa saja. 

“Kami telah berpartner dengan beberapa content creator dari Youtube, salah satunya Hujan Tanda Tanya (untuk konten edukasi di Kormo),” lanjut Russel.

Bukan cuma nonton atau baca, Russel pun menjelaskan bahwa bakal ada tes juga lho yang diberikan aplikasi ini! Jadi kamu bisa mengukur kemampuanmu juga setelah mendapat training. 

4. Transparan

Aplikasi Kormo
Informasi perusahaan bisa terpampang di sosial media (Instagram)

Pasti sudah pengalaman dong, capek-capek bikin CV, merangkai kata-kata pengantar di cover letter, tapi setelah email lamaran kerja dikirim malah gak ada balasan sama sekali. Ujung-ujungnya direject.

Gak usah khawatir deh, aplikasi ini cukup transparan soal lamaran kerjamu. Kamu akan mendapat notifikasi saat lamaranmu telah dibaca, atau dipanggil wawancara, hingga diterima atau tidaknya.

Perusahaan pemberi lowongan kerja ini juga bakal menerima notifikasi jika lamaran pekerjaan yang mereka unggah, telah dibaca atau direspons oleh user.

Cara apply kerja di aplikasi ini juga mudah banget. Tinggal klik saja, dan lamaranmu sudah terkirim. 

Itulah sekilas mengenai aplikasi kormo yang bisa membantumu mencari pekerjaan dengan teknologi Google! Gimana, tertarik mencoba kah? (Editor: Winda Destiana Putri).