Bosan dengan Kerjaan di Belakang Meja?Yuk Kenalan Profesi sebagai Art Director

Apa sih Art Director ini? Yuk kenalan dengan profesi yang satu ini

Bosan dengan pekerjaan yang mengharuskan duduk di meja seharian? Kalau kamu pengin mencari peluang baru di dunia kerjaan, gak ada salahnya nih kenalan dengan profesi yang satu ini, Art Director. 

Mungkin kamu sudah gak asing mendengar profesi yang satu ini. Ya Art Director adalah pekerjaan yang melakukan pengarahan demi mendapatkan estetika dan memanage dalam suatu event dalam skala kecil maupun besar. 

Biasanya nih profesi ini bakal membawahi banyak layer atau lapisan demi kelangsungan sebuah event. Mulai mengarahkan satu tim seperti graphic designer, illustrator artist, photographer hingga fashion stylist. 

Terdengar menarik bukan? Pasalnya nih pekerjaan sebagai orang kreatif kamu bakal dituntut memiliki “taste” atau “rasa” dalam memanage sebuah acara atau commercial peformance. Dalam pekerjaan ini juga kamu bakal diharuskan membuat sebuah konsep agar event atau acara yang kamu kerjakan dapat berlangsung dan dikemas se-ciamik mungkin!

Konsep dan ide merupakan dua hal yang sangat mahal nilainya. Gimana caranya kamu bisa menuangkan sebuah ide ke event atau acara. 

Konsep dan ide sebagai jembatan strategi bagi sang Art Director atau Head Project. Biasanya nih profesi ini bakal cemplung di bidang kreatif, termasuk dunia iklan, pemasaran, penerbitan, film dan televisi, desain web hingga video game. 

Selain itu juga, bertanggung jawab dengan urusan segala gaya visual dan gambar seperti di majalah, koran, kemasan produk hingga semua media komunikasi. Memikirkan konsep buat suatu produk merupakan salah satu tugas bagi Art Director sampai finishing lho!

Buat kamu yang pengin bekerja sebagai Art Director memang akan berurusan langsung dengan klien. Klien yang menginginkan produknya dikenal serta mendapatkan apreasiasi dari konsumen, balik lagi profit. 

Gak hanya profit juga lho, tugas profesi ini juga penting dalam menyampaikan pesan dari klien/perusahaan ke pelanggan ataupun masyarakat. Keahlian serta profesionalisme untuk memahami gimana nih caranya menarik perhatian dengan menyampaikan pesan hingga mendapatkan brand awareness produk itu sendiri. 

Nah bagi profesi ini nantinya juga bakal mengelola tim desainer dan menjadi mediator antara penulis dan desainer. Jadi menjembatani serta mengkoordinasikan pekerjaan dalam unsur seni kreatif, copy writer dan tim desain. 

Bagi orang yang menekuni profesi ini nantinya akan diawasi oleh Creative Director. Nah apa saja sih yang mesti dimiliki oleh seorang Art Director? Cek selengkapnya di sini. 

Memiliki keterampilan dalam seni dan komunikasi 

Memiliki kemampuan komunikasi dan seni yang tinggi snagat dibutuhkan
Memiliki kemampuan komunikasi dan seni yang tinggi snagat dibutuhkan, (Shutterstock).

Art Director adalah seorang konseptor sekaligus eksekutor dalam berbagai banyak hal menyelesaikan pekerjaan periklanan, dunia hiburan maupun on frame peformance. Maka dari itu, orang yang memutuskan terjun ke dunia ini meski memiliki kemampuan dalam komunikasi dan seni yang sangat tinggi. 

Gak cuma itu, profesi ini juga dituntut memahami seluk beluk soal produksi commercial misalnya soal artist impression, illustration, copywriting, photography, brand communication, graphic art, stage and talet peformance dan lain-lain. 

Menantang bukan jika kamu menjalankan profesi ini? 

Memiliki ketajaman dalam membuat strategi kreatif

Memiliki ketajaman dalam strategi kreatif sangat diperlukan nih bagi kamu yang menjalankan profesi ini
Memiliki ketajaman dalam strategi kreatif sangat diperlukan nih bagi kamu yang menjalankan profesi ini, (Shutterstock).

Memiliki kemampuan dalam membaca dan menganalisa sebuah kreatifitas juga sangat diperlukan bagi kamu yang akan menjalankan profesi ini. Memiliki ketajaman dalam memahami pasar tentunya mendukung intuisi bisnis yang saat ini sedang dijalankan oleh klien atau perusahaan. 

Mengikuti tren dan teknologi sangat dibutuhkan nih bagi profesi yang satu ini. Apalagi kalau kamu tengah menjalankan sebuah proyek dari klien yang sangat potensial sekali buat bisnis. 

Dapat memberikan nilai terhadap karya lain

Bisa menilai karya lain dan mencari solusi kreatif sangat perlu lho
Bisa menilai karya lain dan mencari solusi kreatif sangat perlu lho, (Shutterstock).

Kemampuan dalam menilai karya lain juga diperlukan bagi profesi ini. Misalkan target waktu yang begitu sempit dan faktor biaya atau minimnya fasilitas bisa aja kan menghasilkan karya gak begitu maksimal bahkan gak potensial. 

Oleh karena itu kamu mesti pintar nih menemukan kelemahan-kelemahan ini dan mampu menginspirasi, memberikan bimbingan serta solusi kreatif. 

Memiliki sifat leadership dan mampu menata ego

Memiliki karakter sebagai leadership dan menahan ego sangat perlu
Memiliki karakter sebagai leadership dan menahan ego sangat perlu, (Shutterstock).

Poin ini sangat penting dimiliki oleh seorang Art Director. Pasalnya nih kamu bakal membawahi banyak divisi serta menyatukan ide yang ada sehingga mampu menghasilkan karya terbaik dan membuahkan hasil. 

Maka dari itu memiliki sifat leadership serta mampu menahan ego perlu banget lho. Menjadi nahkoda dalam suatu proyek memang gak mudah, kamu mesti menyampingkan ego beberapa kepala. 

Siap mempunyai gebrakan baru dan mengetahui materi serta proses ke depannya

Mampu menciptakan gebrakan dalam menangani sebuah proyek dari klien
Mampu menciptakan gebrakan dalam menangani sebuah proyek dari klien, (Shutterstock).

Menjalankan profesi yang satu ini kamu juga mesti memiliki kemampuan gimana menciptakan gebrakan baru. Saat berencana menciptakan sebuah gebrakan baru, kamu mesti mampu menguasai materi yang dimiliki dan tahu jelas gimana memprosesnya hingga menjadi sebuah karya. 

Maka dari itu profesi ini sangat menantang sekali, banyak aspek yang mesti kamu kerjakan sehingga dapat memuaskan permintaan klien. Nah itu dia seluk beluk soal profesi Art Director dan apa saja yang harus dimiliki. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)