Mau Tahu 10 Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia, Cek di Sini!

Asuransi jiwa

Keputusan menjadi nasabah asuransi jiwa artinya memilih perencanaan keuangan yang tepat untuk menjamin kondisi finansial anggota keluarga yang ditinggalkan. 

Dengan memiliki asuransi jiwa, kita dapat menjamin keluarga kita tidak mengalami kesulitan jika kita tidak sanggup lagi bekerja mencari nafkah dengan normal atau meninggal dunia. Maka, penting bagi kita untuk memilih asuransi jiwa yang terbaik di Indonesia. Sebab, kredibilitas perusahaan bisa menjadi jaminan mutu produk asuransi jiwa yang ditawarkan.

Ciri-Ciri Asuransi Jiwa Terbaik

Nah, ada beberapa ciri asuransi jiwa terbaik yang harus kita perhatikan. Apa saja, ya?

1. Uang pertanggungan yang besar

Kenapa penting untuk memiliki asuransi jiwa? Tentu saja untuk memberikan perlindungan finansial kepada keluarga jika kepala keluarga mengalami kematian atau musibah cacat tetap yang menyebabkan tidak bisa bekerja dan menghasilkan nafkah.

Artinya, perlindungan yang diberikan harus cukup bagi seluruh keluarga. Maka ciri pertama asuransi jiwa terbaik adalah harus memberikan uang pertanggungan yang memadai, yaitu jumlah uang yang cukup untuk menunjang kehidupan keluarga secara layak.

2. Premi terjangkau

Pilihlah asuransi jiwa dengan premi terjangkau namun memberikan manfaat yang maksimal. Bagaimana caranya? Pilihlah asuransi jiwa murni atau term life yang tidak memiliki unsur investasi. Asuransi jiwa murni adalah jenis asuransi yang preminya paling murah, bahkan premi bulanan mulai dari Rp500 ribu saja. 

3. Paket produk dengan asuransi kesehatan keluarga

Beberapa perusahaan asuransi telah berinovasi dengan membuat produk dalam satu paket. Tujuannya memberikan premi yang lebih terjangkau dengan manfaat lebih komprehensif. Salah satunya adalah asuransi jiwa yang digabung dengan asuransi kesehatan keluarga. 

Dengan produk ini, kita bisa mendapatkan proteksi jiwa sekaligus penggantian uang jika anggota keluarga harus dirawat inap di rumah sakit atau klinik.

4. Perusahaan asuransi yang kredibel

Ciri terpenting yang tidak boleh kita abaikan adalah kredibilitas perusahaan. Perusahaan asuransi yang telah terdaftar dan diawasi OJK, terbukti bertahan, serta memberikan banyak kepuasan kepada para nasabahnya patut kita pilih. 

9 Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Asuransi terbaik

Kini membahas topik utama, apa saja perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia? Lifepal sudah merangkumnya ke dalam daftar di bawah ini.

1. AIA Financial

AIA Financial merupakan anak perusahaan dari AIA Group yang telah terdaftar serta diawasi oleh OJK. 

AIA Financial menawarkan berbagai produk asuransi, termasuk asuransi dengan prinsip syariah yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, program pesangon, dan program Dana Pensiun (DPLK).

Produk-produk tersebut dipasarkan oleh lebih dari 10.000 tenaga penjual berpengalaman dan profesional melalui beragam jalur distribusi, seperti agen asuransi, bancassurance dan corporate solutions (pension & employee benefits).

2. Allianz

Allianz merupakan perusahaan jasa keuangan multinasional yang berkantor pusat di Munich, Jerman yang sudah berdiri sejak tahun 1890 dengan bisnis utamanya adalah asuransi. Pada 2013, Allianz merupakan perusahaan terbesar ke-25 dunia menurut ukuran gabungan oleh majalah Forbes.

Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi kesehatan, jiwa dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Allianz Indonesia menawarkan berbagai produk asuransi dengan kualitas terbaik dengan didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.

3. AXA Mandiri

AXA Mandiri Financial Services atau lebih dikenal sebagai AXA Mandiri telah berdiri sejak 1991. Perusahaan ini memulai bisnis asuransi jiwa pada 2004 melalui PT AXA Mandiri Financial Services dan bisnis asuransi umum pada 2011 melalui PT Mandiri AXA General Insurance. 

Keduanya merupakan perusahaan gabungan (joint venture) antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan AXA Group.

4. Prudential

Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris.

Prudential Indonesia memiliki izin usaha di bidang asuransi jiwa patungan. Sejak peluncuran produk asuransi terkait investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk tersebut di Indonesia. Prudential Indonesia juga telah mendirikan unit bisnis Syariah sejak tahun 2007.

5. Cigna

PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Didirikan pada tahun 1990, Cigna Indonesia merupakan anak perusahaan Cigna Corporation, salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat, berkantor pusat di Bloomfield, Connecticut, juga beroperasi secara internasional di 30 negara, dan memiliki sekitar 95 juta nasabah di seluruh dunia yang dilayani oleh kurang lebih 41.000 karyawan.

Cigna Indonesia kini telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia dengan keunggulan dalam menyediakan produk dan layanan yang menjangkau konsumen dan rekan bisnis secara langsung.

6. FWD

PT FWD Life Indonesia (FWD Life) adalah perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Berdiri di Asia sejak tahun 2013, FWD merupakan lini bisnis dari grup investasi, Pacific Century Group. Produk yang ditawarkan adalah produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi penyakit kritis.

Selain di Indonesia, FWD Group memiliki jaringan usaha di Hong Kong & Macau, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam dan Jepang termasuk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, asuransi umum dan imbalan kerja di beberapa negara.

FWD Indonesia fokus dalam mengembangkan konsumen yang baru dengan menghadirkan produk-produk yang mudah dipahami, didukung oleh teknologi digital terdepan.

7. Manulife

Didirikan pada tahun 1985, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang beroperasi di Asia, Kanada dan Amerika Serikat. 

Manulife Indonesia menawarkan beragam layanan keuangan termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi dan dana pensiun kepada nasabah individu maupun pelaku usaha di Indonesia. 

Melalui jaringan lebih dari 9,000 karyawan dan agen profesional yang tersebar di 24 kantor pemasaran, Manulife Indonesia melayani lebih dari 2.4 juta nasabah di Indonesia. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia terdaftar dan diawasi oleh OJK.

8. Generali Indonesia

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia adalah bagian dari Generali Group, sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1831, di Trieste, Italia. Generali Group merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Eropa.

Didukung oleh lebih dari 11.000 agen pemasar dan kantor agen hampir di seluruh penjuru Indonesia, Generali Group berfokus pada pada langkah-langkah seperti pengelolaan jalur multi distribusi; pembangunan kemitraan seimbang berjangka panjang dengan lembaga keuangan dan distribusi umum; dan penyediaan produk-produk inovatif superior dan layanan bernilai tambah kepada pelanggan.

9. Sequis Life

PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis Life) berdiri tahun 1984 dengan nama PT Universal Life Indonesia (ULINDO) di bawah naungan Gunung Sewu yang kemudian berubah menjadi Sewu New York Life (NYL) pada tahun 1992. 

Pada tahun 2003 seluruh saham NYL diakuisisi dan perusahaan mengganti namanya menjadi Sequis Life yang berfokus untuk melayani nasabah individu dan kumpulan melalui jalur distribusi keagenan yang menawarkan beragam produk inovatif mencakup asuransi jiwa dan kesehatan. PT Asuransi Jiwa Sequis Life terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Itu dia 9 perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan rujukan untuk memilih proteksi untuk keluarga kita. Selamat memilih!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →