5 Alasan Masih perlu Asuransi Jiwa untuk Lansia

Pensiun

Memiliki asuransi jiwa adalah salah satu bentuk proteksi hari tua untuk menghindari masalah finansial saat seseorang mulai kehilangan pendapatan. Dapatkan promo asuransi jiwa terbaik dari Lifepal yang hemat hingga 25%.

Tidak ada kata terlambat untuk memiliki asuransi jiwa karena jenis asuransi ini dapat meringankan beban peserta maupun keluarga.  Seorang lansia memang perlu adanya asuransi sebab, seiring berjalannya usia kondisi kesehatan seseorang akan semakin melemah, dan berbagai jenis penyakit dapat datang kapan saja.

Nah, bila masih ada salah satu dari orang tua atau kerabat yang masih ragu menggunakan asuransi untuk hari tua, berikut beberapa alasan pentingnya asuransi jiwa. 

Sebagai Warisan kepada Anak-anak

Asuransi jiwa dianggap perlu karena dapat dijadikan sebagai bentuk warisan kepada anak-anak yang ditinggalkan. Premi yang dibayarkan setiap periodenya dapat dicairkan kepada pihak yang sudah ditunjuk menjadi ahli waris. 

Tentu, ini akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang tua karena bisa memberikan harta warisan kepada anak-anaknya nanti. Meskipun tidak berupa tanah, rumah, ataupun emas, setidaknya orang tua memiliki rencana jauh ke depan bagi anggota keluarganya. 

Asuransi jiwa juga dapat menjadi solusi bagi orang tua yang masih kesulitan menabung sehingga takut tak mewariskan apa-apa. Dengan memiliki asuransi jiwa, peserta menjadi lebih disiplin dalam menyiapkan rencana keuangan di masa tua. 

Selain itu, asuransi jiwa dapat menghindari terjadinya perselisihan karena orang tua sebagai pemegang polis telah menetapkan ahli waris maupun penerima manfaat secara jelas. 

Menutupi Utang yang Belum Lunas

Kematian memang tidak ada yang tahu kapan bisa terjadi. Di sisi lain, seseorang sangat mungkin masih menyisakan berbagai urusan seperti utang kepada pihak lain yang belum selesai sampai meninggal dunia. 

Kalau kita melihat Pasal 833 ayat (1) dalam KUHP Perdata, utang menjadi tanggungan ahli waris yang harus dibayarkan. Karena itu pula,  memiliki sejumlah utang seringkali membuat kita menjadi merasa tidak tenang.

Nah, asuransi jiwa menjadi penting agar ahli waris atau penerima manfaat nantinya dapat mencairkan dana asuransi dari pemegang polis untuk menutupi utang-utang masih tersisa. Jadi semininalnya, pemegang polis asuransi tidak menyusahkan keluarga yang ditinggal. 

Berutang itu bukan selalu salah kok, tetapi memang harus dikelola dengan baik. Dalam asuransi jiwa, dikenal pula asuransi jiwa kredit yang dapat menjamin pelunasan utang pada pihak pemberi pinjaman setelah pemegang polis meninggal dunia. 

Jika pemilik polis telah meninggal dunia dan pinjaman tersebut disertai dengan asuransi, maka yang diperlukan hanya mengurus surat keterangan kematian dan surat ahli waris. Maka, utang yang ditinggalkan dapat dilunasi oleh perusahaan asuransi jiwa tersebut. 

Membantu Biaya Pemakaman

Memang banyak hal dalam hidup ini tidak bisa didapatkan secara gratis, bahkan untuk urusan pemakaman sekalipun. Ada banyak hal yang mesti kamu bayar untuk pengurusan kematian orang yang meninggal dunia seperti membayar tanah untuk pemakaman di TPU, biaya nisan, ukuran tanah, perawatan, dan lain-lain.

Tentu ini akan menjadi masalah sendiri terlebih jika kamu sedang mengalami krisis finansial. Jika orang yang meninggal tersebut memiliki asuransi jiwa dengan status polis yang masih aktif, maka pihak keluarga jelas akan menerima uang pertanggungan. 

Dana ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membantu biaya pemakaman. Jadi, asuransi jiwa bisa menjadi penolong jikalau kamu kesulitan saat harus membayar biaya pemakaman.

Membantu Biaya Rumah Sakit

Merasa dibebani dengan biaya rumah sakit yang sangat besar nilainya? Memiliki asuransi jiwa tentu bisa membantu kamu yang kesulitan untuk membayar biaya rumah sakit.

Ini adalah solusi tepat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mengalami berbagai masalah kesehatan akibat usia tua sehingga harus menjalani pengobatan di rumah sakit. Beruntung bila orang tua memiliki asuransi kesehatan sehingga biaya pengobatan dapat ditanggung oleh pihak asuransi. 

Asuransi jiwa dan kesehatan sebenarnya adalah dua produk yang berbeda. Namun, peserta dapat menggunakan keduanya agar mendapatkan manfaat ganda. 

Misalnya,  pengobatan peserta ditanggung oleh asuransi kesehatan sementara pada saat meninggal dunia, keluarga mengurus uang pertanggungan dari asuransi jiwa. Hal ini bisa jadi membantu biaya lain – lain yang tidak tercover selama peserta menjalani masa pengobatan. 

Asuransi Jiwa untuk Lansia Pensiun

Asuransi jiwa merupakan salah satu strategi menyiapkan rencana finansial di masa pensiun. Pada saat itu, seseorang tentu berharap agar mencapai kebebasan finansial sehingga lebih tenang menjalani masa tua. 

Beberapa cara dapat dilakukan guna mengumpulkan dana pensiun misalnya lewat investasi. Nah, asuransi jiwa seperti Retirement Life Plan dari Sequis Insurance  bisa menjadi pilihan persiapan pensiun karena ada unsur proteksi dan manfaat pembayaran pensiun sesuai dengan usia pensiun yang dipilih.

Keuntungannya, pemegang polis dapat menerima manfaat 100% dana pensiun yang akan dibayarkan jika tertanggung bertahan hidup sampai usia tahun polis. Sementara Uang Pertanggungannya juga dapat dibayarkan sebelum maupun sesudah pemegang polis meninggal dunia. 

Demikianlah beberapa manfaat yang dapat dirasakan bila lansia memiliki asuransi jiwa. Melalui asuransi, bukan hanya memiliki dana pensiun, tetapi juga menyiapkan dana warisan bagi keluarga.  

Tetapi, jangan pernah lupa kalau ingin membeli asuransi jiwa untuk lansia perlu menyesuaikan kebutuhan dan kondisi lansia itu sendiri. Rencanakan perlindungan sesuai dengan kemampuan keuangan serta mengetahui periode eliminasi asuransi terhadap klausul apa saja yang dijaminkan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →