Asuransi Kecelakaan dan Manfaat yang Bisa Didapatkan

korban kecelakaan lalu lintas

Menurut data polisi, angka kecelakaan lalu lintas pada tahun 2018 meningkat dibandingkan dengan pada tahun 2017. Pada tahun 2017 terjadi 5140 kasus sementara pada tahun 2018 terjadi 5400 kasus kejadian.

Angka tersebut sayangnya tidak dimbangi dengan pemahaman tentang pentingnya asuransi kecelakaan.

Kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja. Terkadang Anda pun bisa jadi korban karena keteledoran orang lain. Apalagi jika Anda termasuk salah satu pengguna langganan ojek online atau sering bepergian dengan sepeda motor.

Data kepolisian juga menyebut bahwa kerugian yang ditaksir dari kecelakaan sepanjang Januari hingga November 2018 mencapai Rp 13 miliar lebih. Sedangkan korban jiwa sampai dengan 524 korban.

Angka kecelakaan sepeda motor lebih tinggi dibandingkan dengan angka kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda empat. Oleh karena itu, setiap orang yang kerap kali melakukan perjalanan diharapkan sudah terproteksi dengan asuransi kecelakaan terbaik.

Apa Sih Asuransi Kecelakaan?

Apa Itu Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan adalah salah satu produk finansial yang memproteksi tertanggung dengan  sejumlah dana ketika tertanggung mengalami kecelakaan sehingga terluka dan harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Asuransi kecelakaan sedikit berbeda dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan memberikan jaminan kepada tertanggung meskipun kecelakaan itu tidak terjadi di tempat kerja atau dalam perjalanan menuju kantor.

Asuransi kecelakaan juga memberikan jaminan perawatan yang ditimbulkan akibat kecelakaan.

Di sinilah perbedaan dengan asuransi kesehatan. Ketika Anda mengalami kecelakaan, asuransi tidak bisa meng-cover biaya yang diakibatkan kecelakaan. Sebaliknya asuransi kecelakaan tetap meng-cover biaya perawatan inap maupun rawat jalan yang diakibatkan oleh kecelakaan.

Setiap kecelakaan dan dampak yang ditimbulkan memiliki proteksi yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya semua cedera, cacat tetap, hingga kematian tetap mendapatkan perlindungan finansial dari asuransi kecelakaan.

Beberapa luka yang di-cover oleh asuransi kecelakaan pada umumnya seperti kejadian dislokasi bagian tubuh, luka lecet atau baret, luka karena benturan keras, patah tulang, luka pada mata, terbakar, luka pada gigi, kematian maupun risiko amputasi.

Manfaat Asuransi Kecelakaan

EBIT

Bagi pekerja yang memiliki risiko tinggi terutama bekerja di lapangan sangat membutuhkan proteksi asuransi kecelakaan. Perlindungan terhadap pekerja atau karyawan tidak hanya di dalam lingkungan kerja saja tetapi juga sejak berangkat dari rumah ke kantor dan sebaliknya.

Asuransi kecelakaan ini sangat bermanfaat untuk menghindari kerugian finansial yang lebih besar lagi jika mengalami kecelakaan. Sebagai kepala keluarga yang menjadi pemberi nafkah utama tentu harus memberikan rasa aman terhadap keluarganya.

Sebagai kepala keluarga sudah harus terproteksi dengan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan.

Jika Anda termasuk salah satu tulang punggung keluarga, artinya ada banyak orang yang menggantungkan hidup pada Anda. Seperti istri, anak-anak dan mungkin orang tua yang hidupnya sudah Anda tanggung.

Untuk memberikan kenyamanan asuransi kecelakaan akan sangat berguna pada saat dibutuhkan. Premi asuransi kecelakaan sangat murah jika dibandingkan dengan risiko kecelakaan yang dihadapi.

Dengan asuransi kecelakaan tertanggung tidak perlu memikirkan biaya rawat inap maupun rawat jalan saat mengalami kecelakaan.

Asuransi kecelakaan tertentu sudah memberikan manfaat menyeluruh seperti ambulan, penanganan IGD dengan baik, santunan kematian, hingga jaminan biaya pengobatan dengan limit tertentu.

Jika dalam kurun waktu tertentu tidak ada klaim, ada beberapa produk asuransi kecelakaan yang memberikan bonus sampai dengan 75 persen.

Manfaat asuransi kecelakaan bukan hanya tertanggung saja yang merasakan melainkan juga keluarga. Jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan, ahli waris bisa mendapatkan uang pertanggungan dengan nominal yang sangat besar.

Uang pertanggungan inilah yang menjadi jaminan bagi keluarga agar bisa tetap melanjutkan hidupnya yang layak jika tertanggung mengalami kematian akibat kecelakaan.

Kepala keluarga yang meninggal dunia otomatis bukan hanya meninggalkan duka saja tetapi juga kehilangan pendapatan utama bagi keluarga.

Dengan adanya asuransi kecelakaan, pendapatan keluarga bisa terproteksi dalam kurun waktu tertentu. Santunan bisa diberikan dalam bentuk santunan bulanan atau santunan penuh secara langsung tergantung yang tertera di dalam polis asuransi.

Jenis Asuransi Kecelakaan

Jenis Asuransi Kecelakaan

Ada beberapa jenis asuransi kecelakaan yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri adalah asuransi yang memberikan proteksi selama 24 jam sehingga Anda tetap terlindungi dari berbagai risiko seperti cacat hingga kematian diakibatkan karena kecelakaan.

Ada beberapa ketentuan yang sudah ditetapkan dalam polis asuransi mengenai kriteria asuransi kecelakaan diri. Misalnya saja seperti kecelakaan yang bukan karena kesengajaan atau karena mengikuti balapan atau kegiatan ekstrim lain yang tidak ditanggung dalam asuransi kecelakaan.

Untuk kondisi demikian biasanya ada ketentuan khusus jika kegiatan-kegiatan olahraga yang sifatnya berisiko tinggi ingin mendapatkan perlindungan tambahan dari asuransi kecelakaan. Tentu saja dengan tambahan seperti itu, Anda perlu membayar premi yang lebih mahal.

2. Asuransi Kecelakaan Kerja

Asuransi kecelakaan kerja biasanya sudah menjadi tanggungan dari perusahaan. Namun, ada kalanya juga Anda melakukan pemeriksaan terhadap pertanggungan yang didapatkan dari asuransi kecelakaan kerja yang ditanggung oleh perusahaan.

Seperti diamanatkan oleh Undang-Undang, para pekerja seharusnya sudah terlindungi dengan asuransi kecelakaan kerja dari BPJS Ketenagakerjaan.

Semua kecelakaan kerja yang terjadi baik ringan maupun berat mendapatkan perlindungan dari polis asuransi sesuai dengan dampak yang diakibatkan oleh kecelakaan yang dialami.

3. Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Semua penumpang umum mendapatkan jaminan asuransi dari Jasa Raharja. Meskipun jumlah santunannya tidak besar, namun Anda tetap mendapatkan perlindungan yang diakibatkan oleh kecelakaan yang terjadi.

Transportasi umum bahkan transportasi online juga kini sudah memberikan proteksi kepada para penumpangnya. Artinya ongkos yang dibayarkan oleh penumpang sudah diperhitungkan dalam premi asuransi yang dibayarkan oleh penyedia jasa angkutan.

4. Asuransi Kecelakaan Pesawat

Asuransi kecelakaan pesawat terbang bisa terjadi karena banyak faktor. Misalnya faktor internal karena human error atau malfungsi pesawat atau juga diakibatkan karena terjadinya faktor eksternal seperti cuaca buruk.

Risiko ini sudah ditanggung oleh maskapai dengan mengasuransikan para penumpangnya. Sehingga jika pesawat terjadi kecelakaan dan para penumpangnya menjadi korban, ahli waris korban akan mendapatkan santunan berupa uang pertanggungan yang sudah diatur dalam ketentuan.

Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik

pendapatan dan realisasi

Jika Anda ingin membeli asuransi terbaik, Anda bisa mempertimbangkan beberapa tips berikut ini.

  • Pastikan untuk memahami daftar cedera atau luka yang ditanggung oleh asuransi secara detail.
  • Sampaikan secara jujur kondisi kesehatan serta riwayat kesehatan Anda kepada perusahaan tempat bekerja jika diurus oleh kantor atau langsung kepada perusahaan asuransi.
  • Pastikan bahwa asuransi kecelakaan memproteksi tertanggung baik saat di area kantor maupun di luar area kantor.
  • Usia yang semakin tua akan berpengaruh terhadap premi yang dibayarkan
  • Pastikan memahami waktu tunggu dan juga waktu pertanggungan
  • Jenis pekerjaan yang dilakukan juga sangat berpengaruh terhadap premi yang dibayarkan. Jika Anda bekerja di lapangan biasanya akan dikenakan premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja kantoran.

Masih banyak yang merasa bahwa asuransi kecelakaan tidak berbeda jauh dengan asuransi jiwa. Namun, pada dasarnya asuransi jiwa tidak bisa memproteksi jika Anda mengalami kecelakaan meskipun keduanya sama-sama memberikan jaminan pertanggungan jika terjadi kematian.

Oleh karena itu, jika Anda adalah kepala keluarga dan memiliki banyak tanggungan, pertimbangkan untuk memilih asuransi kecelakaan terbaik. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari risiko terburuk.

Pastikan mendapatkan asuransi kecelakaan dengan premi terjangkau sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →