6 Asuransi Kehamilan Terbaik untuk Ibu Hamil [2020]

Manfaat Asuransi Melahirkan

Asuransi kehamilan adalah asuransi yang memberikan manfaat berupa pertanggungan biaya perawatan pra melahirkan. Mulai dari perawatan jika nasabah mengalami risiko keguguran atau komplikasi saat masa kehamilan, hingga pertanggungan biaya USG dan konsultasi dokter (biasanya bersifat sebagai manfaat tambahan). 

Lantas, apa bedanya dengan pilihan produk asuransi melahirkan? Sebenarnya asuransi untuk kehamilan merupakan bagian dari asuransi melahirkan. Hanya saja, tidak semua asuransi melahirkan menanggung biaya perawatan selama masa kehamilan. Sehingga pilihannya pun lebih terbatas. 

  • Santunan jika janin meninggal dunia selama masa kehamilan
  • Santunan jika Ibu meninggal dunia selama masa kehamilan
  • Jika Ibu mengalami komplikasi kehamilan atau kelahiran
  • Santunan jika anak mengalami kelainan bawaan
  • Pertanggungan biaya persalinan
  • Pertanggungan biaya konsultasi dokter (rider)
  • Pertanggungan biaya nutrisi dan vitamin Ibu hamil (rider)
  • Pertanggungan biaya USG dan cek laboratorium (rider)

6 Asuransi Kehamilan Terbaik 2020

Asuransi kehamilan dan melahirkan sangat penting dimiliki khususnya untuk kamu yang sudah merencanakan memiliki keturunan dalam waktu dekat. 

Dengan adanya asuransi, Ibu dapat fokus pada kesehatan janin dan menikmati masa kehamilannya tanpa perlu khawatir akan risiko finansial selama hamil. Berikut ini pilihan asuransi kehamilan dan kelahiran terbaik yang dapat dipertimbangkan:

1. BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah pilihan asuransi kehamilan dan melahirkan dengan premi paling terjangkau. Dengan premi yang murah, BPJS Kesehatan tetap memberikan manfaat pemeriksaan kesehatan, perlindungan biaya persalinan normal, maupun persalinan yang berisiko.

Malahan asuransi kesehatan pemerintah ini memberikan layanan postnatal care yang akan ditanggung tiga kali pemeriksaan.

Namun, salah satu hal yang perlu diketahui bahwa jika terjadi kelainan pada bayi, maka BPJS tidak bisa cover biaya yang ditimbulkan. Oleh karena itu, kamu harus mendaftarkan si kecil mendapatkan manfaat BPJS untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Pendaftaran bayi tidak harus pada saat dilahirkan saja kok. Bisa juga didaftarkan sejak sudah di dalam kandungan dan dibuktikan dengan pemeriksaan dokter bahwa sudah ada bukti denyut jantung si bayi.   

  • Pertanggungan biaya pemeriksaan USG
  • Pertanggungan biaya melahirkan normal atau caesar
  • Pertanggungan biaya postnatal care maksimal 3 kali

2. Asuransi Kehamilan Mandiri AXA General Insurance (MAGI) – International Exclusive

International Exclusive merupakan polis asuransi kesehatan yang dihadirkan oleh MAGI. Meski fungsi utamanya adalah asuransi kesehatan, polis ini juga memberikan pilihan manfaat tambahan atau rider asuransi kehamilan dan melahirkan. 

Adapun manfaat yang diberikan mencakup komplikasi sebelum dan sesudah melahirkan, perawatan bayi baru lahir atau di bawah enam belas minggu, dan biaya melahirkan. 

Hal yang menjadikan polis ini unggul karena juga menanggung biaya vaksinasi. Padahal masih sangat jarang polis asuransi yang menawarkan manfaat serupa. 

Namun karena manfaat asuransi kehamilan dan melahirkan bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider, makan calon nasabah akan dikenakan biaya tambahan di luar premi dasar, ya. 

  • Pertanggungan komplikasi sebelum dan sesudah melahirkan
  • Pertanggungan biaya perawatan bayi di bawah 16 minggu
  • Pertanggungan biaya melahirkan normal atau caesar
  • Pertanggungan biaya vaksinasi anak

3. Asuransi Kehamilan Allianz – SmartHealth Maxi Violet

Sama halnya dengan MAGI, SmartHealth Maxi Violet memiliki fungsi utama sebagai asuransi kesehatan Allianz. Namun, terdapat pilihan manfaat tambahan atau rider untuk asuransi kehamilan dan melahirkan. 

Kelebihan produk asuransi satu ini adalah terdapat perlindungan lengkap untuk ibu melahirkan. Sebab, perlindungan yang diberikan mencakup melahirkan normal, pembedahan, dan persalinan abnormal, biaya pra dan pasca melahirkan, serta keguguran.

Hanya saja terdapat masa tunggu selama sembilan bulan. Artinya, klaim baru dapat diajukan sembilan bulan setelah polis aktif. 

  • Pengembalian premi 20% jika tidak ada klaim
  • Pertanggungan biaya melahirkan normal atau caesar
  • Pertanggungan biaya keguguran
  • Pertanggungan biaya pra dan pasca melahirkan

4. Asuransi Kehamilan Prudential – PRUMy Child

Kalau pilihan-pilihan sebelumnya bersifat sebagai manfaat tambahan, kalau asuransi melahirkan dari Prudential yaitu PRUMy Child berdiri sendiri atau stand alone. Artinya, kamu bisa mendapatkan produk ini tanpa harus beli asuransi atau polis dasar terlebih dahulu. 

Keunggulan lainnya dari  PRUMy Child adalah memberikan manfaat asuransi melahirkan tanpa masa tunggu. Artinya, begitu polis sudah aktif kamu bisa langsung mengajukan klaim. Masih jarang polis yang memberikan manfaat asuransi tanpa masa tunggu. Sehingga, PRUMy Child menjadi salah satu pilihan asuransi kehamilan dan melahirkan yang paling banyak dicari saat ini. 

  • Pertanggungan risiko meninggalnya janin dan Ibu
  • Santunan jika anak meninggal atau cacat total tetap
  • Manfaat asuransi kesehatan dapat diperpanjang hingga anak berusia 99 tahun

5. Asuransi Kehamilan Mandiri Inhealth – Indemnity

Pilihan asuransi Inhealth untuk melahirkan ini diperuntukkan khusus untuk tertanggung karyawan perusahaan dan bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider. Karena itu Indeminity sangat cocok bagi nasabah yang memiliki perusahaan dan mencari manfaat asuransi kesehatan lengkap untuk karyawannya. 

Adapun keunggulan dari asuransi Mandiri Inhealth ini adalah pertanggungan biaya perawatan selama masa kehamilan, melahirkan, dan pra melahirkan mengikuti tagihan rumah sakit (as charged) dengan limit hingga Rp30 juta. 

  • Pertanggungan biaya perawatan kehamilan
  • Pertanggungan biaya perawatan melahirkan
  • Pertanggungan biaya perawatan setelah melahirkan
  • Pertanggungan biaya atas risiko keguguran

6. Asuransi Kehamilan Manulife – MiUltimate HealthCare

Manfaat asuransi kehamilan dan melahirkan Manulife merupakan polis tambahan atau rider dari asuransi kesehatan MiUltimate HealthCare. Manfaat yang diberikan mencakup pertanggungan biaya melahirkan normal atau caesar, dan perawatan biaya komplikasi kehamilan. 

Polis ini cukup banyak dicari sebab dihadirkan oleh perusahaan asuransi terkemuka Manulife. Hanya saja, untuk manfaat perawatan kehamilan Manulife terbilang cukup terbatas jika dibandingkan dengan pilihan-pilihan polis asuransi sebelumnya.

Meski begitu, asuransi melahirkan Manulife sangat cocok untuk kamu yang ingin berfokus pada manfaat pertanggungan biaya persalinan saja khususnya caesar. Sebab, limitnya tinggi yaitu hingga Rp50 juta. 

  • Pertanggungan biaya melahirkan normal atau caesar
  • Pertanggungan biaya perawatan komplikasi kehamilan

Tips Memilih Asuransi Kehamilan yang Sesuai 

Cara kerja asuransi melahirkan berbeda dengan asuransi kesehatan. Asuransi kehamilan dan melahirkan memiliki periode masa tunggu umumnya sembilan hingga dua belas bulan. Karena itu perlu ekstra hati-hati dalam memilih asuransi kehamilan agar tidak rugi. Berikut ini tipsnya:

Contoh Masa Tunggu:

Misal kamu kamu mendaftarkan asuransi melahirkan di bulan Januari 2019, maka manfaat asuransi atau proses klaim baru bisa dilakukan September 2019 atau Januari 2020.

1. Estimasi biaya kehamilan dan persalinan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan beli asuransi kehamilan adalah menghitung estimasi biaya yang diperlukan. Berikut ini beberapa faktor yang harus masuk dalam estimasi anggaran biaya kehamilan dan melahirkan: 

  • Biaya perawatan selama masa kehamilan: Tes TORCH, konsultasi dokter, USG 2 dimensi, USG 3 dimensi.
  • Biaya perawatan selama masa persalinan: apakah melahirkan normal atau caesar? 
  • Biaya perawatan selama masa pra persalinan: rawat inap, postnatal care, vaksinasi. 
  • Risiko tidak terduga: keguguran, melahirkan normal menggunakan alat bantu, dan kiomplikasi.

Setelah mengetahui estimasi biaya kehamilan dan persalinan yang dibutuhkan, barulah kamu bisa memilih polis asuransi dengan limit sesuai anggaran estimasi tersebut. 

2. Bandingkan polis asuransi kehamilan 

Saat ini membandingkan polis asuransi dapat dilakukan dengan sangat mudah secara online. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan marketplace asuransi Lifepal.co.id.  Sebab, kamu bisa membandingkan puluhan polis dan premi asuransi melahirkan dari perusahaan asuransi yang berbeda secara online. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat asuransi melahirkan terbaik yang benar-benar sesuai kebutuhan dan anggaran. 

3. Pilih yang menanggung perawatan pra dan pasca melahirkan

Biaya perawatan pra dan pasca melahirkan tidaklah sedikit, Bu. Misalnya saja melakukan tes TORCH yang berfungsi untuk cek adanya infeksi pada Ibu dan janin dapat memakan biaya Rp400 ribu hingga Rp2 juta. Selain itu, konsultasi setelah melahirkan juga masih harus dilakukan selama setidaknya sebulan setelah persalinan. 

Informasi Lainnya Terkait Asuransi Kehamilan

Faktanya ternyata ada sekitar 20 ribu perempuan yang meninggal dunia saat melahirkan karena komplikasi. Selain itu, saat melahirkan, perempuan harus menghadapi risiko tertentu.

Itulah mengapa asuransi melahirkan bisa menjadi solusi untuk mengurangi angka kematian pada ibu hamil. Karena asuransi menjamin ibu hamil untuk mendapatkan tindakan medis dan pelayanan terbaik saat terjadi risiko yang tidak diinginkan saat melakukan persalinan.

Suami dan keluarga pun tidak terbebani dengan biaya yang tinggi, karena perlindungan asuransi kehamilan biasanya menanggung keseluruhan atau sebagian biaya persalinan.

Manfaat asuransi melahirkan akan menanggung beberapa biaya seperti berikut ini:

  • Biaya persalinan normal
  • Biaya persalinan dengan pembedahan atau caesar
  • Biaya keguguran
  • Biaya NICU (Neonatal Intensive Care Unit) jika bayi membutuhkan penanganan khusus
  • Biaya pemeriksaan (mencegah risiko komplikasi)

Mengingat beberapa biaya tersebut sangat besar, maka kamu perlu mempertimbangkan juga apakah mau memilih antara asuransi melahirkan atau menabung.

Dalam asuransi melahirkan ada masa tunggu yang biasanya 9 hingga 12 bulan. Artinya, jika nasabah mendaftar asuransi melahirkan di bulan Januari 2020, maka harus tunggu 9 atau 12 bulan kemudian baru manfaat asuransi bisa digunakan.

Karena itu, asuransi melahirkan sangat cocok khususnya untuk calon nasabah yang sudah merencanakan memiliki keturunan sejak jauh hari. Namun, ada juga kok polis asuransi melahirkan tanpa masa tunggu, yaitu PRUMy Child dan BPJS Kesehatan.

Premi asuransi kehamilan bergantung pada jenis polis dan profil nasabah. Namun, umumnya asuransi kehamilan bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider. Artinya, misal kamu menginginkan manfaat asuransi kehamilan Allianz. Maka harus beli polis dasarnya dulu yaitu asuransi kesehatan baru beli manfaat tambahan asuransi melahirkan.

Ternyata ada cukup banyak ya pilihan asuransi kehamilan dan melahirkan di Indonesia.Sebisa mungkin, pilihlah perlindungan menyeluruh yang memberikan penggantian pemeriksaan kehamilan, persalinan, hingga proteksi terhadap bayi setelah lahir.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →