Asuransi Mobil Allianz: Jenis Produk, Cara Klaim, dan Bengkel Rekanan

asuransi mobil allianz

Asuransi mobil Allianz memiliki berbagai keunggulan untuk memberikan proteksi bagi kendaraan kesayanganmu.

Bicara mengenai kualitas, hampir tak perlu diragukan lagi terlebih kalau mengingat perusahaan asuransi Allianz memiliki skala operasional yang sudah mendunia.

Jadi, bisa disimpulkan asuransi mobil Allianz bisa dikategorikan sebagai asuransi yang bagus dan dipilih oleh masyarakat sekarang ini.

Meski Allianz termasuk asuransi mobil yang bagus, kamu tetap harus mengetahui informasi dan melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli polisnya. Tujuannya, agar perlindungan yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Yuk, ketahui beberapa hal seputar asuransi mobil Allianz berikut ini. 

Sekilas mengenai asuransi mobil Allianz

Asuransi mobil Allianz adalah produk asuransi dari Allianz Utama Indonesia yang dimiliki oleh Group Allianz Multinasional.

Perusahaan asuransi yang bermarkas di Muenchen, Jerman, ini lahir pada 1890 dan telah memiliki kantor di belasan negara, termasuk Indonesia.  

Produk bernama Allianz MobilKu ini memiliki sederet kelebihan, antara lain:

  • Jaminan perlindungan yang cukup panjang, untuk produk Gabungan (Comprehensive) usia sampai dengan 10 Tahun dan Total Loss Only (TLO) usia sampai dengan 15 tahun.
  • Melindungi semua mobil dan non truk (misalnya sedan, MPV dan SUV) yang penggunaanya untuk keperluan pribadi atau dinas pemilik kendaraan.
  • Bantuan darurat 24 jam melalui Allianz RodA 
  • Perlindungan banjir hingga water hammer 
  • Akomodasi taksi
  • Jaringan bengkel yang luas dan tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia
  • Layanan pelanggan AllianzCare yang dapat diakses 24 jam setiap hari
  • Di Indonesia, Allianz memiliki kantor cabang utama dan pemasaran di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Batam, Medan, Semarang, Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, dan Manado.

    Sementara, kantor pusat Allianz berada di Allianz Tower, Jl. HR. Rasuna Said, Jakarta.  

    Pilihan polis asuransi mobil Allianz

    Asuransi kendaraan menyeluruh atau komprehensif, mencakup perlindungan atas pencurian oleh sopir pribadi hingga terkena water hammer dan banjir.

    Pada dasarnya, jenis jaminan asuransi kendaraan terdiri dari: 

  • Comprehensive menjamin kerugian akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat orang lain, kendaraan hilang, banjir, kerusuhan, huru-hara, kehilangan perlengkapan tambahan, dll. 
  • Total Loss Only (TLO) menjamin kerugian akibat terbakar total, hilang, kecelakaan dengan minimum kerusakan 75% dari harga kendaraan.
  • Tetapi Allianz menyediakan tiga pilihan produk yang dapat dipilih sesuai manfaat yang akan diperoleh. Berikut ini tiga pilihannya:

    Allianz Mobilku Eco

    Produk Allianz MobilKu Eco menawarkan harga yang ekonomis dan sesuai kebutuhan pemilik kendaraan. Meskipun ekonomis, tetapi produk ini memberikan manfaat yang terbilang lengkap, diantaranya:

  • Tanggung jawab hukum tertanggung terhadap pihak ketiga yang dapat berupa kerusakan atas harta benda atau biaya pengobatan, cedera badan atau kematian, dengan maksimal limit Rp55 juta per kejadian.
  • Santunan kecelakaan diri meliputi cidera badan atau kematian terhadap pengemudi dan atau penumpang di setinggi-tingginya Rp10 juta setiap orang.
  • Biaya perawatan atau pengobatan atas cedera badan pengemudi dan atau penumpang setinggi-tingginya 10% dari limit santunan kecelakaan diri.
  • Santunan uang penggantian untuk kerusakan minor dengan estimasi klaim maksimal Rp1 juta dalam satu periode pertanggungan yang langsung di transfer ke rekening tertanggung.
  • Santunan kecelakaan diri meliputi cidera badan atau kematian terhadap tertanggung setinggi-tingginya Rp100 juta berlaku selama 7 hari, 24 jam dan di seluruh dunia.
  • Allianz Mobilku Grand

    Produk ini lebih lengkap dan uang pertanggungan yang lebih besar dibandingkan Mobilku Eco. Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh:

  • Tanggung jawab hukum tertanggung terhadap pihak ketiga yang dapat berupa kerusakan atas harta benda atau biaya pengobatan, cedera badan atau kematian, dengan maksimal limit Rp75 juta per kejadian.
  • Santunan kecelakaan diri meliputi cidera badan atau kematian terhadap pengemudi dan atau penumpang di setinggi-tingginya Rp10 juta setiap orang.
  • Biaya perawatan atau pengobatan atas cedera badan pengemudi dan atau penumpang setinggi-tingginya 10% dari limit santunan kecelakaan diri.
  • Santunan biaya taksi, setinggi-tingginya Rp100 ribu setiap hari, maksimal untuk 5 hari
  • Kehilangan atau kerusakan harta benda milik pribadi (kecuali perhiasan dan logam mulia) yang ada di dalam kendaraan pada saat kendaraan tersebut hilang karena dicuri atau kendaraan mengalami kerusakan total, setinggi-tingginya Rp10 juta setiap kendaraan.
  • Santunan uang penggantian untuk kerusakan minor dengan estimasi klaim maksimal Rp1,5 juta dalam satu periode pertanggungan yang langsung di transfer ke rekening tertanggung.
  • Santunan kecelakaan diri meliputi cidera badan atau kematian terhadap tertanggung setinggi-tingginya Rp100 juta berlaku selama 7 hari, 24 jam dan di seluruh dunia.
  • Allianz Mobilku Non Package

    Selain itu, kamu juga bisa memilih produk non paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh:

  • Santunan kecelakaan diri meliputi cidera badan atau kematian terhadap pengemudi dan atau penumpang di setinggi-tingginya sesuai pilihan tertanggung untuk setiap orang.
  • Biaya perawatan atau pengobatan atas cedera badan pengemudi dan atau penumpang setinggi-tingginya 10% dari limit santunan kecelakaan diri.
  • Kehilangan atau kerusakan harta benda milik pribadi (kecuali perhiasan dan logam mulia) yang ada di dalam kendaraan pada saat kendaraan tersebut hilang karena dicuri atau kendaraan mengalami kerusakan total, setinggi-tingginya Rp10 juta setiap kendaraan.
  • Santunan biaya mobil ambulan jika tertanggung mengalami kecelakaan, setinggi-tingginya Rp2 juta
  • Santunan biaya taksi, setinggi-tingginya Rp100 ribu tiap hari, maksimal untuk 5 hari.
  • Premi asuransi mobil allianz

    Sama seperti produk asuransi mobil dari perusahaan asuransi lainnya, Allianz mematok premi dengan merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

    Jumlah premi yang harus dibayarkan tergantung dari beberapa faktor seperti:

  • Jenis asuransi mobil (all risk/TLO)
  • Jenis paket yang dipilih
  • Nilai mobil
  • Tahun mobil
  • Jenis nomor plat atau di daerah mana mobil tersebut terdaftar
  • Untuk mengetahui kisaran premi asuransi mobil, kamu dapat mengisi kalkulator premi asuransi mobil berikut ini:

    Cek polis asuransi mobil Allianz

    Pengecekan polis asuransi Allianz kini semakin mudah melalui Allianz eAZy Connect. Portal online ini dibuat untuk memudahkan nasabah Allianz mempelajari isi polis asuransi kapan saja. 

    Melalui fitur ini, nasabah bisa mencari tahu seluruh manfaat asuransi yang didapatkan, nilai investasi yang sudah dikumpulkan, dan informasi lainnya terkait polis. 

    Selain itu, nasabah juga bisa menghubungi call center Allianz Care di nomor 1500136 dan untuk pemegang polis AllianzCare Sharia menghubungi nomor 1500139.

    Cara klaim asuransi mobil Allianz

    Bicara mengenai prosedur klaim asuransi mobil Allianz, ternyata tidaklah sulit.  Nasabah bisa mengurus klaim secara online melalui Layanan Klaim di https://www.allianz.co.id/layanan/klaim/klaim-asuransi-kendaraan.html.

    Melalui layanan tersebut, kamu dapat mensubmit laporan klaim, melihat status klaim, dan mengunduh formulir tanpa harus datang ke kantor cabang.

    Berikut ini beberapa hal terkait cara klaim asuransi mobil Allianz:

    Laporkan kejadian

    Ketika akan melakukan klaim, langkah pertama yang harus kamu lakukan sebagai peserta asuransi mobil Allianz adalah melaporkan kejadian atau kerugian yang dialami akibat kecelakaan atau kehilangan. 

    Allianz memberikan syarat para nasabahnya untuk segera melaporkan kepada pihak asuransi dalam jangka waktu 72 jam yang terhitung sejak kejadian.

    Cara melaporkannya bisa melalui layanan klaim di situs allianz.co.id, customer care Allianz di 1500136, atau menghubungi divisi klaim di masing-masing daerah cabang. Adapun nomor divisi klaim perwakilan kota PT Asuransi Allianz Utama Indonesia:

    Jakarta

  • World Trade Centre (WTC) 3 dan 6, Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 29-31, Jakarta Selatan 12920 
  • Telepon: +6221-2926 8888
  • Fax: +6221-2926 9090
  • Email : Feedback@allianz.co.id
  • Bandung

  • Wisma CIMB Niaga, 7th floor, Jl. Gatot Subroto No. 2, Bandung 40262
  • Telepon: 022-730 8889
  • Surabaya

  • Graha Pasifik Lt. 1-2, Jl. Basuki Rachmat 87-91, Surabaya 60271
  • Telepon: 031 5357997
  • Fax. 031- 5460036 
  • Medan

  • Allianz Centre, Forum Nine Building Lt. 6 (Plaza CIMB Niaga), Jl. Imam Bonjol No. 9, Medan 20112
  • Telp. 061-88816678, Fax. 061-88817318
  • Lengkapi data  

    Setelah kamu melaporkan kejadian, selanjutnya bisa melengkapi data seperti:  

  • Nomor polis asuransi
  • Nama pemilik polis
  • Merek kendaraan
  • Nomor polis kendaraan
  • Tanggal kejadian
  • Tempat kejadian
  • Kerugian benda
  • Uraian singkat terjadinya kecelakaan/kerugian
  • Menyerahkan dokumen

    Selama pengajuan klaim, kamu juga harus menyiapkan dokumen seperti:

  • Mengisi formulir klaim yang dapat diminta di kantor cabang atau diunduh melalui layanan klaim di situs Allianz Indonesia
  • Foto copy polis asuransi
  • Foto copy SIM dan STNK
  • Surat keterangan polisi setempat untuk klaim kendaraan jika kehilangan perlengkapan standard / non standard maupun kehilangan kendaraan maupun jika kendaraan Anda mengalami rusak berat atau menyangkut pihak ketiga.
  • Selain itu, nasabah yang mengajukan klaim kehilangan kendaraan juga harus menyiapkan dokumen tambahan lainnya seperti:

  • STNK asli
  • Kunci kontak kendaraan 
  • Surat keterangan Kadit Reserse Polda  
  • BPKB asli dan faktur
  • Blanko kwitansi kosong rangkap tiga
  • Pemblokiran STNK
  • Jika kamu mengalami kecelakaan yang melibatkan kerugian pada pihak ketiga (TPL) dan dituntut untuk mengganti kerugiannya, maka ada kelengkapan berkas lain yang harus ditambahkan, antara lain: 

  • Surat keterangan polisi setempat (Berita Acara Pemeriksaan)
  • Foto copy STNK dan SIM dari pihak ketiga
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga yang ditandatangani diatas materai
  • Foto kerugian materi dari pihak ketiga
  • Surat pernyataan ada atau tidaknya asuransi
  • Survei kendaraan

    Setelah melaporkan kejadian dan dokumen diserahkan, serta kerugian pihak ketiga sudah ditinjau, maka Allianz akan melakukan survei ke lokasi. 

    Kemudian, pihak asuransi akan menerbitkan SPK (Surat Perintah Kerja) yang ditujukan untuk bengkel rekanan atau sebagai penerbitan persetujuan klaim.

    Penggantian klaim

    Ketika SPK sudah ditangan, maka kamu bisa memproses penggantian klaim sesuai dengan kejadian yang dialami. Kalau klaim yang diajukan karena kerusakan, kamu hanya perlu memperbaikinya di bengkel rekanan asuransi. 

    Lalu jika penggantian dalam metode reimbursement harus melalui proses verifikasi dan analisis terlebih dahulu. Umumnya, proses verifikasi, analisis, hingga keputusan pembayaran klaim memakan waktu mulai dari dari 7 hari kerja hingga 14 hari kerja.

    Biaya klaim

    Allianz menetapkan biaya risiko sendiri yang ditetapkan oleh Allianz kepada nasabah, yaitu:

  • Kerusakan sebagian/seluruhnya/hilang sebesar Rp300 ribu per kejadian.
  • Kerusuhan, huru-hara, banjir, angin topan, gempa bumi, tsunami, terorisme, sabotase senilai 10 persen dari nominal klaim yang disetujui penanggung, atau minimum Rp500 ribu.
  • Pencurian oleh supir, nasabah dikenakan biaya risiko sebesar 25 persen dari nilai klaim.
  • Bengkel rekanan Allianz MobilKu

    Sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia, jaringan bengkel rekanan Allianz termasuk luas. Allianz memiliki bengkel rekanan untuk mobil, truk dan bengkel rekanan authorized di seluruh Indonesia. 

    Selain itu, tersedia juga layanan ERA (Emergency Roadside Assistance) pada masing-masing wilayah. Bengkel-bengkel ini ditunjuk secara langsung untuk memberikan layanan perbaikan kendaraan nasabah yang mengalami kerusakan.

    Berikut beberapa bengkel rekanan resmi Allianz untuk  di asuransi mobil area Jabodetabek.

    Bengkel rekanan Allianz di DKI Jakarta

  • Inti Raharja Motor, Jalan Anggrek Rosliana VII Nomor 17, Slipi Jakarta Barat (021 5331572, 5363293)
  • Layanan Prima, Jalan Jelambar Barat III/12A  Jakarta Barat (021 5665930, 5665931)
  • Lido Jaya Motor, Jalan Raya Meruya Selatan Nomor 22A Jakarta Barat (021 98230599, 58903858) 
  • Fajar Timur Motor, Jalan Kemandoran I Nomor 29B Palmerah Barat Jakarta Barat(021 5481852, 5305362) 
  • Mahkota Buana Motor, Jalan Warung Jati Timur Nomor 1B Jakarta Selatan (021 7942411, 7990363)
  • Auto Pro, Jalan Ciputat Raya Nomor 63, Pondok Pinang, Jakarta Selatan (021 7659251)
  • Raperind, Jalan Raya Kalimalang/2D-E Jakarta Timur (021 8643594, 8642456)
  • Metro 77, Jalan Jend. Basuki Rahmat Nomor 7A Jakarta Timur (021 8631551, 86608041)
  • Auto Klinik, Jalan Bangunan Barat Raya Nomor 2 Kayu Putih, Jakarta Timur (021 47881363)
  • Karyakita Putra Sejahtera, Jalan Gunung Sahari Ancol Nomor 17 Jakarta Utara (021 6253378, 6670236
  • Jaya Baru Wahana Service, Jalan Sunter Kemayoran Raya Nomor 50A Jakarta Utara (021 6515012, 6515076)
  • Tunas Motor (khusus aksesori), ITC Cempaka Mas Blok M Nomor 52 Jalan Letjend. Suprapto Raya Jakarta Utara (021 42900327, 42900328)
  • Hasta Auto, Jalan Raya Kranggan Nomor 42 Cibubur (0811 1110898, 0815 9304638)
  • C.N.C, Jalan Raya Ciangsana, Alternatif Cibubur (021 84931412)
  • Bengkel rekanan Allianz di Bekasi

  • CV Karya Indah Motor, Jalan Siliwangi Nomor 20, Rawapanjang (021 82422689, 82400102)
  • Karya Murni Sentosa, Jalan Siliwangi KM 7 Caringin Rawalumbu, Bekasi (021 82420757)
  • Harmonic Jaya Motor, Jalan Bintara Jaya Raya Nomor 17, Bekasi (021 86900749)
  • Otowarna, Jalan Jababeka VI Blok J Nomor 4E, Kawasan Industri Jababeka (021 89836262)
  • Bengkel rekanan Allianz di Tangerang

  • PD. Marga Jaya, Jalan M.H. Thamrin Nomor 8 Cikokol d/h, Kebon Nanas (021 55753357-59)
  • Cams, Jalan Telaga Gunung Serpong Raya Nomor 8 Sektor Catalina Paramount Serpong, Tangerang (021 54221066)
  • CV Subur Jaya Motor, Jalan Lingkar Selatan Nomor 79 Ciracas, Serang (0254 210920)
  • Bengkel rekanan Allianz di Depok

  • Paint Auto Repair, Jalan KSU Serab Nomor 1, Depok (021 77835421)
  • Bengkel rekanan Allianz di Bogor

  • Makmur Jaya Motor, Jalan Padjajaran Nomor 15A (0251 8310166)
  • Tons 2000, Jalan Raya Taman Cimanggu Nomor 3, Bogor (0251 8347517, 8359322)
  • Auto Sinar Makmur, Jalan KH. Soleh Iskandar, Bogor (0251 7540868)
  • Tips dari Lifepal! Demikian informasi mengenai asuransi mobil Allianz yang bisa disampaikan. Tak perlu ragu membeli polis asuransi Allianz Mobilku mengingat popularitasnya yang terbilang baik. 

    Meski begitu, sebelum membeli produk asuransi kamu tetap harus mempelajari polis yang perusahaan asuransi terbitkan sehingga bisa memperoleh produk yang paling tepat.

    Kalau kamu ingin mengetahui lebih dalam soal asuransi Allianz atau asuransi kendaraan lainnya, yuk cari tahu di Lifepal!

    Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

    Manfaat memiliki asuransi mobil

    Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

    Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

    Pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

    Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

    Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

    Pertanyaan seputar asuransi mobil Allianz

    Kamu bisa membelinya melalui agen atau langsung ke kantor cabang Allianz terdekat, menghubungi melalui nomor telepon 1500136, atau mendaftar di situs resmi Allianz.

    Tetapi kalau mau cara yang lebih mudah dan mendapat perbandingan asuransi mobil terbaik, kamu bisa membelinya secara online melalui marketplace asuransi, Lifepal.

    Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan sebagainya. Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, cari tahu di Lifepal.
    Bicara mengenai kualitas, hampir tak perlu diragukan lagi terlebih kalau mengingat perusahaan asuransi Allianz memiliki skala operasional yang sudah mendunia. Jadi, bisa disimpulkan asuransi mobil Allianz bisa dikategorikan sebagai asuransi yang bagus dan dipilih oleh masyarakat sekarang ini.

    Meski Allianz termasuk asuransi mobil yang bagus, kamu tetap harus mengetahui informasi dan melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli polisnya. Tujuannya, agar perlindungan yang diperoleh bisa lebih maksimal.