Asuransi Mobil Rental untuk Risiko Kecelakaan dan Pencurian

asuransi rental mobil

Usaha sewa mobil itu cukup menguntungkan lho, karena banyak orang yang membutuhkannya. Namun, usaha ini cukup berisiko karena ada kemungkinan mobil bakal rusak atau bahkan hilang saat disewakan. Maka dari itu, asuransi mobil rental adalah salah satu hal yang mesti disiapkan.

Pertanyaannya, apakah asuransi menanggung risiko kerusakan atau kehilangan mobil akibat disewakan atau dipakai orang lain? Yuk, simak ulasan dari Lifepal mengenai asuransi mobil buat rental, tips penting, dan simulasi preminya.

Faktanya, tingkat pencurian kendaraan bermotor cukup tinggi di Indonesia

pencurian mobil

Berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS), jumlah pencurian kendaraan bermotor pada tahun 2018 mencapai 27.731 kasus di seluruh Indonesia. Mayoritas kasus tersebut terjadi di Jawa Barat dengan 5.234 kasus, disusul Sumatera Utara sebanyak 4.726 kasus. 

Angka tersebut menggambarkan kasus pencurian tanpa pemaksaan. Maksudnya, pelaku melakukan aksinya secara diam-diam. Kejadian seperti ini sebenarnya sangat rawan dalam usaha mobil rental.

Gak cuma karena niat si pelaku tapi bisa juga dari kelalaian pihak penyewa. Penyewa merasa apa yang mereka kendarai bukanlah milik pribadi, jadi seringkali gak begitu disiplin dalam menjaganya. Bisa mereka lupa mengunci kendaraan atau memarkirkannya di sembarang tempat yang menyebabkan mobil hilang.

Gak hanya kehilangan mobil, potensi kecelakaan di jalan juga cukup tinggi di Indonesia. Data Polri mengatakan bahwa tahun 2019 terjadi 107.500 kecelakaan lalu lintas, meningkat sebesar 3 persen dari tahun 2018. Hal ini sejalan dengan data BPS pada kurun waktu 2014-2018 yang naik rata-rata 3,3 persen per tahun.

Mobil rental rusak atau hilang akibat kelalaian orang lain, siapa yang bertanggung jawab?

Sebenarnya kasus seperti ini telah diatur dalam Pasal 1564 KUH Perdata. Pasal tersebut menyatakan bahwa penyewa harus bertanggung jawab apabila menimbulkan kerusakan atau kehilangan mobil sewaan, kecuali kejadian tersebut terjadi di luar kesalahannya. 

Namun, bagaimana jika ternyata kerusakan atau kehilangan terbukti bukan kesalahan penyewa? Terpaksa kamu sebagai penyedia rental harus menanggung biaya perbaikan yang gak sedikit.

Alasan pentingnya mengasuransikan mobil rental

asuransi mobil

Sekilas membeli asuransi mobil rental memang menjadi opsi sekian bagi pemilik mobil karena harus menyediakan modal lebih untuk membayar premi. Kalau kamu masih ragu, berikut ini daftar alasan pentingnya asuransi mobil rental.

1. Gak bisa mengontrol penyewa saat menggunakan mobil

Dalam menjalani usaha mobil sewaan, kamu bakal meminjamkan asetmu ke berbagai macam orang yang berbeda. Nah, kamu gak pernah tahu seperti apa karakter orang tersebut, dan apakah dia disiplin dalam mengendarai mobilmu.

Oleh sebab itu, kamu pun gak bisa mengontrol dan memprediksi bagaimana kondisi mobil saat dikembalikan.

2. Ada risiko lain di luar kecerobohan pengendara dan penyewa

Meskipun kamu sudah menyeleksi penyewa dengan sangat ketat, tetap saja ada risiko kecelakaan akibat kecerobohan orang lain, sehingga merusak mobilmu. Selain itu, kemungkinan bencana alam gak terhindarkan juga.

3. Premi asuransi mobil rental lebih rendah daripada risiko kerugian

Biasanya, premi tahunan asuransi mobil gak sampai 5 persen dari harga mobilnya kok! Makanya daripada keluar besar buat reparasi, atau bahkan untuk membeli mobil pengganti, lebih baik menyisihkan sedikit uang untuk bayar premi.

Bagaimana memilih asuransi mobil rental?

Sebelum membeli asuransi mobil rental, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan, yaitu bagaimana memilih jenis produk dan tipe pertanggungan.

Pilih jenis produk khusus mobil rental

Umumnya, asuransi mobil dua peruntukkan. Pertama adalah untuk mobil pribadi dan kedua mobil komersial, maksudnya mobil yang dioperasikan untuk kegiatan usaha. 

Sebaiknya kamu pilih asuransi mobil atau kendaraan bermotor komersial. Karena penyewaan mobil termasuk ke dalam kegiatan usaha.

Namun, gak semua perusahaan asuransi langsung mengklasifikasikannya. Ada yang menjual polis asuransi mobil tanpa embel-embel. Makanya kamu harus tanya dengan jelas ke agen atau broker sebenarnya produk sasaranmu bisa gak sih menanggung asuransi buat kegiatan bisnis?

Kamu juga mending lapor di awal ya kalau memang mobil yang diasuransikan dipakai buat kegiatan usaha. Supaya gak bakal ada masalah dalam pengajuan klaim nantinya.

Pilih tipe pertanggungan yang sesuai

Ada dua jenis asuransi mobil yang ditawarkan di pasaran, yaitu All Risk (Comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). Perbedaan keduanya adalah pada pertanggungan, yaitu All Risk bakal menanggung semua kerugian pada mobil sementara TLO hanya bakal mencairkan klaim kehilangan atau rusak parah.

Pilih yang mana? Tentu saja tergantung dari prioritas kamu. Kalau kamu mengincar premi yang murah, maka TLO jawabannya. Sayangnya TLO gak bakal memberikan ganti rugi kalau kerusakan mobilmu cuma lecet atau penyok sedikit.

Sementara itu perlindungan menyeluruh ada pada asuransi All Risk. Jenis ini bakal mengganti kerugian apapun, meskipun hanya sekadar baret saja. Konsekuensinya, kamu harus membayar premi yang lebih mahal.

Asuransi mobil rental terbaik

asuransi mobil (1)

Ada banyak penyedia produk asuransi mobil di Indonesia. Berikut ini merek asuransi pilihan Lifepal buat jadi bahan pertimbangan kamu.

Asuransi mobil ACA

ACA menawarkan polis Comprehensive (All Risk) yang cocok untuk rental mobil karena perlindungannya menyeluruh. Selain itu, asuransi yang sudah berpengalaman selama 64 tahun ini memiliki bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia, ditambah dengan layanan perbaikan darurat, mobil derek, dan ambulans untuk nasabah asuransi kendaraan bermotor ACA.

Asuransi mobil MSIG

MSIG menyediakan asuransi kendaran bermotor untuk penggunaan komersial berupa All Risk dan TLO. Selain kerusakan fisik, jaminan pihak ketiga sudah termasuk ke dalam jaminan dasar produk All Risk lho! Kalau masih kurang, kamu bisa juga kok menambahkan perluasan untuk kecelakaan penumpang serta kerugian akibat kerusuhan. 

Asuransi mobil Astra Buana

Astra Buana memang memiliki produk asuransi khusus kendaraan komersial, dengan nama Asuransi Kendaraan Bermotor Komersial. Salah satu anak dari grup Astra Internasional ini menawarkan cakupan perlindungan All Risk dan TLO.

Kalau kamu ingin menambah pertanggungan bencana alam, Astra Buana juga menyediakan perluasan untuk bencana alam, kerusuhan, kecelakaan diri, hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga. 

Menariknya, asuransi ini punya fasilitas layanan 24 jam melalui aplikasi seperti Garda Mobile, Garda Mobile, Garda Center, Garda Siaga Emergency Roadside Assistance (ERA), dan Garda Akses.

Namun, perlu diperhatikan hal yang menyebabkan klaim asuransi mobil rental ditolak

Ada banyak kasus klaim yang ditolak karena gak sesuai persyaratan. Salah satunya, karena polis asuransi yang kamu pilih bukan buat mobil komersial, ya gak bisa klaim. Jadi, sebaiknya lapor dulu atau beli produk asuransi mobil yang memang dirancang buat bisnis. Namun, tentunya premi yang dikenakan bakal lebih mahal daripada asuransi mobil pribadi.

Bagaimana, tertarik untuk membeli asuransi mobil rental? Sebelum membeli polis, pastikan hitung-hitungan bisnisnya menguntungkan buat kamu ya!