5 Asuransi AXA Mandiri Pendidikan [Plus Bedanya dengan Tabungan]

Asuransi AXA Mandiri pendidikan

Asuransi AXA Mandiri pendidikan bisa menjadi salah satu sarana untuk mempersiapkan dana pendidikan anak kamu di masa depan.

Asuransi AXA Mandiri pendidikan menawarkan berbagai macam solusi pendidikan mulai dari tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, hingga asuransi pendidikan dengan manfaat investasi di dalamnya.

Premi Asuransi Pendidikan AXA Mandiri sangat kompetitif mulai dari Rp 100 ribu saja per bulan. Sementara itu, masa pertanggungannya cukup fleksibel, yaitu mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun.  

Jenis produk asuransi AXA Mandiri pendidikan

Beberapa produk yang ditawarkan memang memiliki manfaat yang berbeda-beda. Ketahui lebih lengkap manfaat serta cara kerja asuransi pendidikan dengan mempelajari masing-masing produknya di bawah ini.

  • Asuransi Mandiri Tabungan Rencana
  • Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas
  • Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah
  • Asuransi Mandiri Elite Plan
  • Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah

1. Asuransi Mandiri Tabungan Rencana

Pada dasarnya, Tabungan Rencana yang ditawarkan tidak hanya bisa digunakan untuk mempersiapkan pendidikan saja, melainkan juga untuk mempersiapkan impian lain seperti pernikahan, perjalanan ibadah, wisata, hingga hari tua.

Premi rendah mulai dari Rp100 ribu per bulan. Kelebihannya, jumlah setoran bisa ditingkatkan dengan jangka waktu paling lama hingga 20 tahun.

Kemudian tidak ada proses underwriting atau identifikasi risiko calon tertanggung saat pengajuan asuransi pendidikan Mandiri Tabungan Rencana.

Terdapat pula jaminan berupa sisa angsuran akan ditanggung oleh AXA Mandiri apabila tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total.

2. Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas

Produk ini merupakan produk asuransi unit link yang memberikan manfaat proteksi jiwa dan nilai investasi. Produk ini bisa ditambahkan dengan asuransi tambahan lainnya (rider). Investasi maksimal yang diberikan berupa loyalty bonus 1,5% di akhir tahun kelima.

Artinya, kamu akan mendapatkan bonus keuntungan sebesar 1,5% dari total tabungan yang sudah terbentuk selama 5 tahun ke belakang, biasanya bonus tersebut diberikan pada tahun ke-5 bulan 12.

Masa pertanggungan produk asuransi ini adalah 25 tahun dikurangi usia anak dengan premi mulai dari Rp2,5 juta per tahun. Usia anak yang boleh didaftarkan adalah mulai dari 0 sampai 15 tahun.

3. Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah

Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah memiliki sedikit perbedaan dengan produk asuransi sebelumnya. Produk asuransi ini merupakan asuransi unit link syariah yang dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

Itu berarti investasi yang dikelola terbebas dari barang haram, ketidakpastian, riba, suap, dan hal lain yang tidak sesuai syariat Islam.

Masa pertanggungan mulai dari 10 tahun dan maksimum 20 tahun. Sementara itu, premi yang ditetapkan tidak berbeda dengan produk asuransi pendidikan AXA Mandiri sebelumnya, yaitu minimum Rp2,5 juta per tahun.

4. Asuransi Mandiri Elite Plan

Produk asuransi ini menawarkan proteksi jiwa sekaligus pengelolaan dana investasi dengan hasil yang lebih maksimal.

Produk asuransi ini menawarkan sistem, 50 persen dana digunakan untuk pembayaran premi pada tahun pertama. Kemudian, 100 persen dana dialokasikan untuk investasi pada tahun berikutnya.

Dengan premi minimal Rp20 jutaan per tahun atau sekitar Rp1,6 jutaan per bulan, kamu sudah mendapatkan proteksi jiwa sampai dengan usia 100 tahun.

Plus, terdapat berbagai macam perlindungan asuransi tambahan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Keuntungan lainnya, kamu bisa menarik sebagian unit (dana) untuk kebutuhan pendidikan anak.  

5. Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah

Produk asuransi ini tidak jauh berbeda dengan produk konvensional Asuransi Mandiri Elite Plan. Hanya saja pengelolaannya dijamin bebas dari hal-hal yang dilarang dalam syariat agama Islam. Sehingga memberikan ketenteraman bagi pesertanya.  

Kelebihan dan kekurangan asuransi AXA Mandiri pendidikan    

Dari beberapa produk asuransi di atas, sebenarnya yang benar-benar diperuntukkan sebagai asuransi pendidikan hanyalah Asuransi Mandiri Tabungan Rencana. Kelebihan dan kekurangan asuransi pendidikan AXA Mandiri kamu juga perlu mengetahuinya. 

Selebihnya malah asuransi jiwa unit link, meski memang masih bisa ditujukan untuk proteksi pendidikan.

Urusan premi, AXA Mandiri memberikan pilihan plan yang bisa disesuaikan dengan bujet kamu dan manfaat atau keuntungan yang kamu inginkan.

Sementara itu, bagi kamu yang mencari asuransi pendidikan dengan konsep syariah, AXA Mandiri bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Apalagi produk asuransi pendidikan syariahnya pun terbilang variatif, tidak cuma satu pilihan saja.

Dengan mempelajari beberapa produk asuransi pendidikan yang ditawarkan AXA Mandiri, kamu kini punya pilihan lain lagi untuk menjamin pendidikan anak kamu di masa depan.

Perbedaan asuransi AXA Mandiri pendidikan dengan tabungan pendidikan

Meski dari nama produk keduanya berbeda, masih banyak orang yang bingung apa perbedaan asuransi AXA Mandiri pendidikan dengan tabungan pendidikan.

Memang keduanya sama-sama bertujuan untuk mempersiapkan dana pendidikan. Akan tetapi, manfaat dan perlindungan yang ditawarkan keduanya berbeda. 

Agar lebih jelas memahaminya, berikut penjelasan singkat perbedaan asuransi AXA Mandiri pendidikan dengan tabungan pendidikan.

  Asuransi Pendidikan AXA Mandiri Tabungan Pendidikan
Pengertian singkat Asuransi pendidikan adalah jenis perlindungan untuk mengatasi risiko finansial yang disebabkan kenaikan biaya pendidikan. Umumnya, asuransi pendidikan AXA Mandiri dilengkapi dengan investasi. Tabungan pendidikan adalah tabungan berjangka disertai bunga tertentu yang dapat dicairkan setelah melewati periode tertentu, biasanya beberapa tahun sesuai kesepakatan produk.
Fokus Sebagai investasi jangka panjang. Sebagai investasi jangka pendek.
Jangka waktu pembayaran Ketentuannya dapat berdasarkan kondisi pemegang polis, dengan pilihan jangka waktu panjang atau jika pemegang polis telah meninggal dunia. Karena merupakan tabungan berjangka, umumnya dapat dicairkan kembali setelah periode 5, 10, atau 15 tahun.
Bunga Karena alokasi dana juga digunakan untuk investasi, umumnya, asuransi pendidikan dapat memberikan return atau keuntungan. Umumnya, bunga yang didapat sekitar 3 – 6 persen per tahun.
Ada tidaknya fitur perlindungan Tak hanya memberikan perlindungan finansial kepada Tertanggung jika pemegang polis meninggal dunia atau mengalami cacat, asuransi pendidikan juga melindungi pesertanya dengan asuransi jiwa. Dengan demikian, Tertanggung selaku ahli waris juga akan mendapatkan uang pertanggungan. Ada perlindungan asuransi jiwa, tetapi nilai pertanggungannya tidak besar dan disebut sebagai “uang santunan”.
Jenis produk Umumnya ada dua jenis asuransi pendidikan, yaitu konvensional dan syariah. Hanya dalam bentuk tabungan pendidikan.
Jaminan keamanan Karena asuransi pendidikan bukan produk perbankan, melainkan produk keuangan dengan profil high risk, risiko finansial tidak dijamin oleh pihak bank selaku agen penjual. Karena merupakan produk perbankan, dana tabungan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Nah, kini kamu sudah memahami perbedaan antara asuransi pendidikan AXA Mandiri dengan tabungan pendidikan, bukan?

Kamu bisa menghubungi tim lifepal.co.id untuk mendapatkan saran dan rekomendasi asuransi pendidikan terbaik yang kamu butuhkan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →