Daftar Asuransi Terbaik di Indonesia dan Review Produk 2022

asuransi terbaik di indonesia

Asuransi terbaik di Indonesia dapat ditentukan berdasarkan sejumlah indikator. Salah satu penentu utamanya adalah kesehatan keuangan yang dapat dilihat pada laporan tahunan perusahaan.

Perlu diketahui bahwa perusahaan asuransi di Indonesia diperkirakan mencapai lebih dari 70. Karena itu, melakukan kurasi terhadap latar belakang masing-masing perusahaan tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama.

Apalagi jika kamu menginginkan segera memiliki asuransi. Lifepal punya solusinya, nih! Kamu bisa mempertimbangkan urutan perusahaan asuransi terbaik di Indonesia versi Lembaga Riset Media Asuransi.

Alternatif lainnya, pertimbangkan rekomendasi list asuransi terbesar dan terbaik di Indonesia dari Lifepal berdasarkan jenisnya. Dengan begitu, kamu gak perlu baca satu per satu ulasan semua perusahaan.

Daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia versi LMRA

Media Asuransi adalah majalah yang dikelola oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) yang turut membawahi dewan asuransi umum Indonesia.

Media ini memiliki fokus topik asuransi, perbankan, multifinance, pasar modal, dan industri keuangan lainnya.

Melalui hasil analisis data yang dikelola oleh Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA), berikut daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia 2020. Tentunya, ini daftar asuransi yang terdaftar di OJK ya. 

15 Market Leaders Asuransi Umum15 Market Leaders Asuransi Jiwa/ Kesehatan
  • PT Asuransi Sinar Mas
  • PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)
  • PT Asuransi Astra Buana
  • PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk
  • PT Asuransi Central Asia
  • PT Asuransi Bangun Askrida
  • PT Asuransi Adira Dinamika, Tbk
  • PT Asuransi Wahana Tata
  • PT Sompo Insurance Indonesia
  • PT Asuransi Multi Arta Guna, Tbk
  • PT Asuransi Simas Insurtech
  • PT Asuransi MSIG Indonesia
  • PT BRI Asuransi Indonesia
  • PT Asuransi Tokio Marine Indonesia
  • PT Lippo General Insurance, Tbk
  • PT Prudential Life Assurance
  • PT Asuransi Simas Jiwa
  • PT Asuransi Allianz Life Indonesia
  • PT AIA Financial
  • PT Indolife Pensiontama
  • PT Capital Life Indonesia
  • PT AXA Mandiri Financial Services
  • PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia
  • PT Asuransi BRI Life
  • PT BNI Life Insurance
  • PT Panin Dai–ichi Life
  • PT Asuransi Jiwa Sequis Life
  • PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia
  • PT Astra Aviva Life
  • PT Sun Life Financial Indonesia

Daftar asuransi terbaik di Indonesia berdasarkan jenis

Selain mengacu pada list asuransi di Indonesia tersebut, tim asuransi Lifepal juga telah melakukan kurasi terhadap 70 perusahaan asuransi yang paling bagus di Indonesia.

Berikut ini beberapa rekomendasi produk berdasarkan jenis asuransi di Indonesia.

Rekomendasi asuransi kesehatan terbaik di Indonesia

Dalam memilih asuransi kesehatan yang bagus di Indonesia, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Faktor tersebut di antaranya adalah uang pertanggungan sebanding dengan biaya rumah sakit dan premi yang dibayarkan, wilayah rumah sakit rekanan, hingga manfaat lainnya yang dapat menguntungkan nasabah.

Berikut pilihan asuransi kesehatan terbagus di Indonesia selengkapnya:

1. AXA Mandiri

Salah satu produk unggulan asuransi kesehatan AXA Mandiri adalah Smartcare Executive.

Pilihan polis asuransi ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan manfaat asuransi dengan limit tahunan tinggi dan harga premi murah, yaitu mulai dari Rp170 ribuan per bulan.

Polis ini juga memberikan manfaat asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sekaligus.

AXA Mandiri juga menyediakan asuransi gigi terbaik yang masuk ke dalam manfaat polis asuransi kesehatannya.

2. Lippo Insurance

Kalau salah satu polis dari Lippo Insurance sangat cocok untuk kamu yang mencari asuransi kesehatan keluarga dengan manfaat pertanggungan perawatan gigi.

Melalui polis HealthPlus Family, nasabah bisa mendapatkan manfaat satu polis untuk seluruh anggota keluarga sekaligus dengan premi hanya Rp416 ribu per bulan. Adapun limit tahunan polis mencapai Rp300 juta.

3. Prudential

Asuransi kesehatan Prudential memang menjadi pilihan yang paling banyak dicari orang saat ini.

Ada beberapa pilihan polis asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tiap nasabah, seperti PRUPrime Healthcare.

Asuransi ini menawarkan pertanggungan sesuai tagihan PRUPrime Healthcare Syariah dengan keunggulan berupa santunan Dana Marhamah apabila peserta utama meninggal dunia.

Tidak tanggung-tanggung, total manfaat pertanggungan yang ditawarkan mencapai Rp35 miliar per tahun! Temukan informasi selengkapnya tentang asuransi Prudential di Lifepal.

4. PT AIA Financial

Asuransi Kesehatan AIA adalah salah satu produk PT AIA Financial Indonesia. Produk yang cukup unggul dari perusahaan ini adalah Premier Hospital and Surgical Plus.

Produk ini memiliki manfaat pertanggungan biaya rawat inap dan rawat jalan hingga usia 80 tahun.

5. FWD Life

Perusahaan asuransi kesehatan paling bagus di Indonesia lainnya adalah FWD Life. FWD Life Indonesia adalah perusahaan asuransi jiwa multinasional yang merupakan bagian dari FWD Group.

Produk unggulannya adalah asuransi kesehatan dengan limit hingga Rp75 miliar dan COB BPJS Kesehatan.

6. PT Asuransi Cigna

Tidak kalah unggul dengan perusahaan asuransi kesehatan sebelumnya PT Asuransi Cigna juga memiliki polis asuransi kesehatan keluarga dengan premi cukup murah.

Produk unggulannya Cigna Family Care Optima bisa kamu dapatkan dengan harga premi mulai Rp500 ribu.

Selain itu, keunggulan lain dari Asuransi Kesehatan Cigna adalah limit hingga Rp67 miliar dan memiliki rekanan RS Internasional.

7. Allianz Life

Perusahaan asuransi kesehatan terbaik lainnya adalah Allianz Life. PT Asuransi Allianz Life Indonesia sendiri sebenarnya adalah anak perusahaan Allianz Group.

Perusahaan unggul dalam polis asuransi kesehatan sebab menawarkan limit sesuai tagihan. Tidak hanya itu saja Allianz Life juga memiliki lebih dari 1000+  jaringan rumah sakit baik dalam negeri maupun luar negeri.

8.  PT Asuransi Sinar Mas

Perusahaan asuransi terbaik yang juga menawarkan polis asuransi kesehatan adalah Sinar Mas. Sinar Mas memiliki produk yang tersedia untuk tertanggung individu, keluarga, dan karyawan.

Dengan harga premi mulai Rp119 ribu per bulan untuk polis Asuransi Simas Sehat Gold dan rekanan rumah sakit cukup luas baik dalam negeri maupun Internasional membuat produk Asuransi Kesehatan Sinar Mas diminati banyak nasabah.

9. Astra Life

Astra Life juga menjadi pilihan perusahaan asuransi kesehatan terbaik lainnya yang patut menjadi pertimbangan. PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) sendiri sebenarnya adalah anak perusahaan dari Astra Group.

Produk asuransi kesehatannya unggul sebab memiliki 900++ rekanan rumah sakit. Tidak hanya keunggulan lainnya adalah manfaat klaim ganda.

10. Mega Life

Perusahaan asuransi terbaik lainnya yang juga menawarkan produk asuransi kesehatan adalah Mega Life.

PFI Mega Life merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan antara CT Corp (Indonesia) dan Prudential Financial Inc., (Amerika Serikat).

Produk asuransi kesehatan dari perusahaan cukup unggul sebab harga premi mulai Rp80 ribu per bulan dan terdapat manfaat no claim bonus 50 persen.

Mau dapat konsultasi gratis tentang manfaat lengkap dan premi asuransi kesehatan? Atau diskon premi asuransi kesehatan s/d 30%? Dapatkan saran serta penawaran terbaik sesuai dengan kebutuhanmu di Lifepal.

Rekomendasi asuransi jiwa terbaik di Indonesia

Asuransi jiwa memiliki fungsi yang berbeda dengan asuransi kesehatan, yaitu sebagai solusi finansial untuk keluarga ditinggalkan. 

1. Simas Jiwa

Polis asuransi jiwa dari Simas Jiwa yaitu SIJI Guard 4 tergolong sebagai pilihan peringkat asuransi jiwa terbaik 2020 untuk asuransi murni terbaik.

Ini dikarenakan polis menanggung usia masuk nasabah hingga 69 tahun. Padahal biasanya asuransi lainnya hanya menanggung usia masuk nasabah hingga 50 tahunan.

Selain risiko meninggal dunia yang ditanggung juga lengkap, baik akibat kecelakaan, meninggal dunia, hingga santunan cacat tetap.

2. Ciputra Life

Melalui polis Citra Jaminan Pasti 50, perusahaan Asuransi Ciputra Life memberikan manfaat pengembalian premi 160 persen di tahun ke 20.

Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan manfaat santunan meninggal dunia akibat kecelakaan hingga Rp100 juta dan akibat sakit hingga Rp50 juta.

3. Manulife

Asuransi Jiwa Manulife unggul dengan polis Essential Assurance yang menanggung usia nasabah hingga 99 tahun.

Selain itu polis dari Manulife ini juga memberikan manfaat nilai tunai dan pengembalian 100 persen uang pertanggungan di akhir polis.

Tidak hanya itu, santunan meninggal dunia yang diberikan Essential Assurance juga sangat tinggi yaitu hingga Rp2,5 miliar.

4. Sequis Life

Perusahaan asuransi jiwa yang terbaik di Indonesia lainnya yang bisa jadi pilihan kamu selanjutnya adalah Sequis Life.

Produk asuransi jiwa dari perusahaan ini memiliki manfaat pertanggungan hingga usia seumur hidup. Tidak hanya itu saja, perusahaan juga menawarkan uang pertanggungan hingga Rp1 miliar.

Nah, dalam memilih perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia, penting banget untuk kamu mengetahui berapa uang pertanggungan ideal yang dibutuhkan.

Ini bisa dilakukan dengan menggunakan kalkulator uang pertanggungan asuransi jiwa berikut:

5. Heksa Insurance

 PT Heksa Solution Insurance yang sudah diawasi oleh OJK juga menawarkan produk asuransi jiwa dengan manfaat cukup lengkap.

Salah satu produk yang ditawarkan perusahaan ini juga menanggung hingga usia 99 tahun dan manfaat no claim bonus ketika tidak ada klaim sampai akhir polis.

6. Asuransi Star Investama

Perusahaan asuransi jiwa terbaik lainnya yang bisa jadi pilihan adalah Star Investama.

Perusahaan ini cukup unggul dengan produk asuransi jiwa sebab memiliki manfaat pertanggungan uang pertanggungan (UP) hingga 125 persen dan jaminan atas risiko Covid-19.

7. CAR Life

Asuransi Jiwa Central Asia Raya atau lebih dikenal dengan CAR Life juga menawarkan berbagai produk asuransi jiwa yang bisa jadi pilihan.

Polis asuransi jiwa dari perusahaan ini cukup unggul sebab memberikan santunan meninggal dunia hingga Rp200 juta.

Tidak hanya itu saja, manfaat beasiswa anak hingga 570% dari Uang Pertanggungan (UP) menjadi keunggulan lainnya.

8. PT Asuransi Cigna

Asuransi Jiwa Cigna juga menjadi salah satu produk unggulan yang ditawarkan oleh  PT Asuransi Cigna.

Perusahaan asuransi ini menawarkan polis dengan manfaat uang pertanggungan (UP) hingga Rp2 miliar dengan harga premi mulai Rp164 ribu per enam bulan.

9. Asuransi Sequis Life

PT Asuransi Jiwa Sequis Life juga menjadi salah satu perusahaan yang menawarkan produk asuransi jiwa.

Salah satu polis unggulannya adalah Asuransi Mikro Sequis Sejahtera yang memberikan santunan meninggal dunia dengan premi murah, mulai Rp75 ribu per hari.

10. Asuransi Jiwa Chubb Life

Chubb Life Insurance juga menjadi perusahaan asuransi jiwa yang telah mendapatkan izin usaha Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu produk unggulan dari perusahaan adalah Asuransi Jiwa Extra Cash Back Protection yang memberikan manfaat pengembalian premi hingga 100 persen di tahun ke 10.

Kamu bisa mendapatkan produk ini melalui Lifepal dengan premi mulai Rp100 ribu per bulan.

Rekomendasi asuransi mobil terbaik di Indonesia

Memilih asuransi kendaraan terbaik di Indonesia sebaiknya cari yang memiliki bengkel rekanan luas. Sehingga jika terjadi risiko, kamu tidak akan kesulitan melakukan klaim.

Selain itu, pertimbangkan juga risiko yang mungkin terjadi. Misal, jika tinggal di daerah yang rawan banjir maka cari asuransi mobil yang menanggung risiko tersebut.

Berikut pilihan asuransi mobil comprehensive dan TLO terbaik:

1. Asuransi Sinar Mas

Terdapat dua pilihan polis asuransi mobil Sinar Mas, yaitu Simas Mobil Comprehensive dan Simas Mobil TLO.

Untuk Simas Mobil Comprehensive menanggung segala jenis risiko kerugian baik kerusakan kecil seperti lecet, hingga kerusakan besar seperti terperosok atau pencurian.

Menariknya, polis ini memberikan garansi perbaikan. Misal setelah perbaikan pertama masih rusak, maka asuransi akan tetap menanggung biaya perbaikan selanjutnya.

Kalau Simas Mobil TLO hanya menanggung kerugian total seperti pencurian, terperosok, dan lain sejenisnya.

Menariknya, asuransi ini juga memberikan manfaat perluasan atau rider berupa tanggung jawab hukum, kecelakaan diri, dan bencana alam.

2. ACA

Asuransi Mobil ACA terbagi menjadi dua polis, yaitu ACA Otomate dan ACA Otomate Smart. ACA Otomate memberikan pertanggungan akibat risiko banjir, lecet, kecelakaan diri, dan tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Jika mobil masih berusia di bawah 6 bulan atau tergolong baru, maka akan diberikan ganti rugi sesuai harga mobil baru tersebut.

Sementara untuk ACA Otomate Smart memberikan manfaat yang serupa dengan polis sebelumnya. Hanya saja terdapat perbedaan nilai uang pertanggungan yang diberikan.

3. Autocillin

Perusahaan asuransi Autocillin memiliki dua polis asuransi mobil yaitu Autocillin Comprehensive dan Autocillin TLO.

Autocillin Comprehensive sering disebut sebagai asuransi mobil all risk terbaik sebab menanggung risiko kehilangan dan kerusakan kecil hingga total pada kendaraan mobil.

Batas usia kendaraan yang dapat diasuransikan adalah maksimal 8 tahun. Pengajuan klaim asuransi mobil Autocillin juga dapat dilakukan secara online melalui aplikasi.

Sementara Autocillin TLO hanya berfokus pada risiko kerusakan total seperti tabrakan, bentukan, terbalik, terperosok, terbakar, pencurian, dan lain sejenisnya.

Batas usia maksimal mobil yang dapat diasuransikan adalah 15 tahun.

Dapatkan konsultasi gratis dari ahli asuransi Lifepal sekaligus referensi produk jaminan finansial dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia.

4. Asuransi Garda Oto

Cari produk asuransi terbaik di Indonesia 2020 untuk mobil kesayangan? Kamu bisa memilih perusahaan Asuransi Astra Buana bisa jadi pilihan.

Perusahaan ini menyediakan produk Asuransi Mobil Garda Oto dengan manfaat polis lengkap, garansi suku cadang asli serta layanan antar jemput dari bengkel.

Penasaran apa saja polis yang ditawarkan perusahaan? Kamu bisa buka tab laman Asuransi Mobil Garda Oto untuk mengetahui polis lengkapnya!

5. Asuransi Mobil Sompo

Produk Asuransi Mobil Sompo juga menjadi salah satu yang diminati oleh nasabah. Perusahaan menyediakan pilihan polis all risk dan TLO dengan manfaat pertanggungan lengkap.

Selain itu, keunggulan lain dari produk yang ditawarkan adalah tunjakan transportasi selama mobil dalam perbaikan dan memiliki 500++ provider bengkel. 

6. Asuransi Mobil ASPAN

 PT Asuransi Purna Artanugraha juga menjadi salah satu perusahaan yang menawarkan produk asuransi mobil.

Produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh perusahaan ini menawarkan keunggulan manfaat biaya akomodasi taksi maksimal 5 hari selama mobil dalam masa perbaikan di bengkel.

Tidak hanya itu saja, perusahaan juga memiliki 133++ rekanan bengkel. Untuk harga preminya sendiri Asuransi Mobil ASPAN cukup murah yaitu mulai Rp50 ribu per bulan.

Penasaran dengan polisnya? Kamu bisa cek  tab laman Asuransi Mobil ASPAN untuk mengetahui manfaat lengkapnya!

7. Asuransi Mobil ABDA

Kalau Asuransi Mobil ABDA yang dikelola oleh PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk juga menawarkan polis yang tidak kalah menarik.

Perusahaan memiliki dua pilihan polis all risk dan TLO dengan harga premi mulai Rp60 ribu per bulan. Tentu saja keuntungan lain seperti memiliki total 400++ rekanan bengkel menjadi hal yang menonjol dari perusahaan.

Penasaran seperti apa manfaat yang ditawarkan tiap polisnya? Kamu bisa cek tab laman Asuransi Mobil ABDA untuk mendapatkan informasi lengkapnya!

8. Tokio Marine

Kalau kamu mencari polis asuransi mobil dengan harga premi terjangkau maka bisa mencoba produk dari Tokio Marine.

Produk asuransi mobil dari Tokio Marine tidak hanya menawarkan manfaat polis lengkap namun harga preminya mulai dari Rp36 ribu per bulan.

Meskipun begitu, perusahaan ini juga sudah terdaftar OJK dan memiliki 100++ bengkel rekanan.

Kalau kamu ingin mengetahui pilihan polisnya apa saja, silakan cek tab laman Asuransi Mobil Tokio Marine untuk mendapatkan informasi detailnya.

Rekomendasi asuransi pendidikan terbaik di Indonesia

Pada dasarnya asuransi pendidikan merupakan bagian dari asuransi jiwa. Artinya, jika nasabah mengalami risiko meninggal dunia, maka uang pertanggungan diberikan untuk menunjang biaya sekolah anak.

Terdapat tiga rekomendasi asuransi pendidikan anak terbaik dengan premi murah. Berikut pilihannya:

1. AXA Mandiri

Mandiri Sejahtera Cerdas merupakan polis asuransi pendidikan dari AXA Mandiri yang bisa kamu dapatkan dengan premi mulai dari Rp200 ribu per bulan.

Adapun manfaat asuransi yang diberikan mencakup santunan meninggal dunia, santunan cacat tetap total, dan manfaat investasi pendidikan anak.

2. Manulife

Dikenal juga dengan nama polis Education Protector memberikan manfaat investasi dana pendidikan anak hingga 170 persen dari uang pertanggungan.

Selain itu ada juga manfaat akhir polis berupa 100 persen target dana pendidikan dan nilai polis. Semua manfaat asuransi pendidikan Manulife tadi bisa didapat dengan premi mulai dari Rp417 ribu per bulan.

3. Prudential

PRULink Edu Protection memberikan pertanggungan berupa manfaat bulanan maksimal Rp30 juta hingga anak berusia 18 atau 25 tahun.

Menariknya lagi, manfaat bulanan akan naik 15 persen setiap tiga tahun. Hanya saja preminya cukup mahal yaitu mulai dari Rp500 ribu per bulan.

4. BCA EduPlan

Kalau kamu mencari rekomendasi produk asuransi pendidikan terbaik di Indonesia, maka BCA EduPlan juga bisa jadi pilihan.

Produk asuransi menawarkan berbagai pilihan pembayaran premi mulai dari 3 tahun, 10 tahun hingga 15 tahun. Tidak hanya itu saja, produk asuransi dari bank BCA ini juga menawarkan bonus tahunan dari polis yang kamu beli.

5.  BNI Life Solusi Pintar

BNI Life Solusi Pintar juga menjadi salah satu rekomendasi untuk produk asuransi pendidikan terbaik lainnya.

Produk asuransi dari anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) ini menawarkan manfaat tabungan pendidikan bertahap.

Mulai dari jenjang SD sampai dengan perguruan tinggi. Kamu yang ingin membeli produknya pun juga bisa memilih berbagai manfaat tambahan (rider) sesuai kebutuhan.

6. Sequis Life

Tidak hanya menawarkan polis asuransi kesehatan dan jiwa, Sequis Life juga punya produk asuransi pendidikan yang tidak kalah menarik. Salah satu polisnya adalah Sequis EduPlan Insurance.

Polis asuransi pendidikan ini memiliki manfaat merencanakan biaya pendidikan anak juga santunan meninggal dunia.

Besaran santunan meninggal dunia pun terbilang tinggi yaitu 100 persen dari UP dengan manfaat pertanggungan hingga usia 70 tahun.

7. Sinarmas MSIG Simas Kid

Produk asuransi pendidikan terbaik lainnya juga ditawarkan oleh Asuransi Sinarmas MSIG Life. Perusahaan ini menawarkan produk asuransi pendidikan anak mulai dari usia 30 hari sampai dengan tingkat sarjana.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh polis Sinarmas MSIG Simas Kid adalah pembebasan premi ketika tertanggung (orang tua) meninggal ataupun cacat tetap.

Rekomendasi asuransi perjalanan terbaik di Indonesia

Asuransi perjalanan biasanya bisa kamu ambil bersamaan dari maskapai atau terpisah dari asuransi konvensional.

Jika kamu terbilang sering melakukan perjalanan ke luar kota ataupun luar negeri, sebaiknya ambil asuransi perjalanan konvensional yang memberikan perlindungan selama setahun.

Dengan begitu premi yang harus kamu bayarkan pun lebih murah. Berikut pilihannya:

1. Adira

Asuransi Perjalanan Adira cocok bagi yang sering bepergian ke luar negeri sebab limit atau uang pertanggungan yang diberikan cukup tinggi.

Bahkan biaya kehilangan dokumen perjalanan bisa mencapai hingga Rp3,2 juta. Jadi, tidak perlu panik misal kehilangan paspor ketika berada di negeri orang.

2. Sompo

Travel First merupakan polis asuransi Sompo. Polis asuransi ini cukup banyak dicari orang karena memberikan manfaat pertanggungan yang lengkap.

Manfaatnya termasuk ganti rugi atas kerusakan atau keterlambatan bagasi, risiko kecelakaan selama perjalanan, hingga santunan rawat inap di luar negeri.

3. Asuransi Sinar Mas

Simas Travel cocok untuk nasabah yang membutuhkan asuransi visa schengen. Adapun nilai pertanggungan keseluruhan yang diberikan oleh asuransi Sinar Mas terbilang sangat besar yaitu hingga Rp400 juta.

Kamu juga bisa mengajukan santunan jika harus melakukan pengurangan perjalanan akibat sakit atau sebab lainnya yang bersifat darurat.

4. Asuransi perjalanan Chubb

Rekomendasi produk asuransi perjalanan terbaik di Indonesia yang tidak kalah menarik dan bisa kamu pilih adalah dari Chubb Insurance.

Produk asuransi dari perusahaan ini memiliki tiga pilihan plan dengan manfaat pertanggungan baik perjalanan di dalam negeri maupun internasional.

Penasaran manfaat pertanggungan lainnya? Kamu bisa cek manfaat polis lengkap yang ditawarkan di laman asuransi Chubb umum berikut ini.

5. Asuransi perjalanan Zurich

Tidak kalah menarik dengan perusahaan lainnya, Zurich Insurance juga menawarkan produk asuransi perjalanan cukup lengkap.

Bahkan tidak hanya untuk menanggung risiko selama perjalanan di dalam maupun luar negeri, tapi juga perjalanan ibadah umroh/haji.

Kamu bisa cek di laman asuransi Zurich Insurance untuk mengetahui produk lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan.

Asuransi terbaik dunia 2022

Tahukah kamu ternyata beberapa ranking perusahaan asuransi terbaik di Indonesia 2020 juga menduduki peringkat teratas dunia? Nah, kalau kamu penasaran apa saya perusahaan asuransi terbaik dunia berikut ini daftarnya.

1. Ping An Insurance

Tidak kalah dengan perusahaan asal Amerika, Ping An Insurance juga jadi salah satu perusahaan asuransi terbesar dunia. Perusahaan ini sebenarnya berasal dari China dengan total aset mencapai US$1,1 triliun pada tahun 2019.

2. Berkshire Hathaway Insurance

Peringkat perusahaan asuransi terbaik di dunia yang perlu kamu tahu adalah Berkshire Hathaway. Perusahaan asuransi ini berasal dari Amerika Serikat dengan jumlah aset mencapai US$620,85 miliar tahun 2016.

3.China Life Insurance

Kalau perusahaan asuransi terbaik di dunia ini mencatat aset sekitar US$362,1 miliar. Total aset yang dimiliki oleh China Life Insurance tersebutlah yang membawanya menjadi urutan ke 51 Global 500 versi Fortune.

4.UnitedHealth Group

Perusahaan asuransi terbaik dunia selanjutnya juga berasal dari Amerika Serikat, UnitedHealth Group. Perusahaan ini berfokus untuk menawarkan produk asuransi kesehatan baik individu maupun keluarga.

Total aset yang dimiliki tahun 2016 mencapai US$122,8 miliar.

5. Allianz

Tidak hanya masuk peringkat perusahaan asuransi terbaik di Indonesia, Allianz juga masuk dalam peringkat dunia. Hal ini dikarenakan total pendapatan Allianz bisa mencapai 48,66 persen setiap tahunnya.

Ditambah dengan nilai investasinya pun tidak kalah besarnya mencapai Rp2,48 triliun.

6. AIA Finance

AIA Finance juga menjadi salah satu perusahaan terbaik di dunia. Perusahaan yang juga beroperasi di Indonesia ini total mencatatkan keuntungan bersih sekitar Rp1.025 triliun pada kuartal kedua tahun 2020.

Hal ini tentu mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yakni sekitar Rp262 miliar.

7. Prudential Plc

Tidak kalah besar dengan perusahaan asuransi terbaik dunia lainnya, Prudential Plc juga cukup memiliki laba bersih sekitar USD2,18 miliar.

Di Indonesia sendiri, PT Prudential Life Assurance mencatatkan aset hingga Rp65,3 triliun di kuartal I tahun 2020.

8. AXA

Perusahaan AXA juga dikenal sebagai salah satu asuransi terbesar di dunia. Perusahaan ini memiliki laba bersih sekitar 1,4 miliar Euro.

AXA sendiri sudah berpengalaman menawarkan produk asuransi sejak tahun 1817 dan memiliki kantor pusat di Paris.

9. Anthem, Inc

Meskipun baru berdiri sejak 2004 namun Anthem, Inc sudah menjadi salah satu perusahaan asuransi terbesar dunia. Perusahaan ini memiliki pendapatan sekitar US$121,9 miliar pada tahun 2020.

10. Cigna

Asuransi Cigna yang bisa kamu temukan di Indonesia ini juga menjadi salah satu perusahaan asuransi terbaik dunia. Cigna Insurance masuk dalam peringkat 197 pada Global 500 versi Fortune.

Tentunya hal ini dikarenakan total aset yang kian naik tiap tahunnya. Tercatat pada tahun 2020 Cigna Insurance memiliki aset hingga US$160,4 miliar.

11. Munich Re

Bicara mengenai perusahaan asuransi terbaik di dunia maka Munich Re juga masuk nominasinya.

Perusahaan asal Jerman ini memiliki total nasabah hingga 5 ribu lebih sehingga tidak heran ketika pendapatannya bisa mencapai USD72,53 pada tahun 2020.

Bagaimana kriteria asuransi yang berpredikat terbaik?

Ada banyak perusahaan asuransi terbesar di Indonesia yang bisa jadi pilihan. Bagi perusahaan asuransi sendiri ternyata tidak mudah untuk mendapatkan predikat terbaik.

Ada beberapa kriteria ketat yang ditetapkan oleh dewan juri.

Indikator inilah yang menentukan mana asuransi terbaik dan mana perusahaan asuransi terbaik berdasarkan standar-standar yang sudah ditentukan.

Kriteria yang sebaiknya diperhatikan saat memilih perusahaan asuransi

  • Pertumbuhan aset
  • Pertumbuhan jumlah investasi
  • Pertumbuhan ekuitas
  • Pertumbuhan premi neto
  • Pertumbuhan hasil underwriting
  • Pertumbuhan hasil investasi
  • Pertumbuhan laba bersih
  • Pangsa pasar premi
  • Rasio underwriting
  • Rasio kecukupan investasi
  • ROA (return on assets)
  • ROE (return on equity)
  • RBC (return based capital)
  • Pertumbuhan hasil underwriting (khusus asuransi jiwa)
  • Rasio underwriting terhadap premi neto

Kriteria ini masih sebagian dari seleksi. Sebab sebelum memenuhi kriteria penilaian ini sudah ada seleksi awal yang tak kalah penting.

Apa saja yang dinilai dari perusahaan asuransi?

  • Laporan keuangan yang sudah diaudit
  • Laporan keuangan tidak mendapat opini disclaimer
  • RBC 120 persen
  • Masih beroperasi saat dilakukan penilaian
  • Tidak berstatus pembatasan kegiatan usaha (PKU) dari Otoritas Jasa Keuangan
  • Tidak dalam kondisi tertentu (run off, masa transisi, dll)
  • Memiliki ekuitas Rp100 miliar
  • Memiliki aset asuransi umum di atas Rp100 miliar
  • Memiliki aset asuransi jiwa di atas Rp1 triliun
  • Tidak menderita rugi
  • Memiliki data yang lengkap

Dari kriteria yang sudah disebutkan, dewan juri pun bisa membandingkan antara satu perusahaan asuransi dengan yang lainnya. Yang pasti, poin-poin di atas harus dipenuhi oleh perusahaan tersebut.

Menghitung uang pertanggungan yang ideal

Bagi kamu yang penasaran bagaimana memiliki asuransi jiwa terbaik, salah satu caranya adalah nilai uang pertanggungan (UP) jiwa yang diberikan.

Kamu bisa menggunakan Kalkulator UP jiwa yang dihitung untuk mengganti pendapatan.

Tips dari Lifepal! Kebutuhan asuransi setiap orang itu berbeda-beda. Selain itu, ada banyak pilihan asuransi swasta terbaik yang menyediakan berbagai polis yang bisa kamu pilih.

Hal yang penting dalam memilih asuransi adalah menyesuaikan dengan kebutuhan kamu agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak terkait manfaat asuransi lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi terpercaya yang ada di Indonesia, cari tahu sekarang di Lifepal!

Pertanyaan seputar cara memilih asuransi terbaik di Indonesia

Perusahaan asuransi dapat dikatakan bagus jika memiliki karakteristik berikut ini:

  • Cari tahu rekam jejak perusahaan asuransi
  • Memiliki keuangan perusahaan yang sehat
  • Memiliki rasio solvabilitas yang tinggi
  • Memiliki kredibilitas yang baik
  • Memiliki manfaat perlindungan menyeluruh
  • Memiliki rekanan yang luas
  • Polis yang ditawarkan beragam
  • Terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Perusahaan asuransi terbaik bagi tiap-tiap nasabah tentu saja berbeda-beda. Misal, untuk yang berusia lanjut, tentu asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung hingga usia 100 tahun.

Namun, untuk yang memiliki riwayat penyakit kritis dalam keluarga maka asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung risiko penyakit kritis sekaligus.

Sama halnya dalam memilih asuransi jiwa dan asuransi mobil. Kembali lagi harus disesuaikan dengan profil nasabah. Jadi, jangan hanya berfokus pada premi murah saja.

Berbagai produk asuransi syariah tentunya saja memiliki payung hukum. Dimana baik untuk produk asuransi jiwa syariah terbaik di Indonesia harus mengacu terhadap ketentuan yang berlaku. Untuk itu Untuk ada beberapa UU Asuransi Syariah yang menjadi payung hukum atau sebagai acuan kehalalan asuransi adalah sebagai berikut ini.

  • Fatwa No 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah
  • Fatwa No 51/DSN-MUI/III/2006 tentang Akad Mudharabah Musytarakah pada Asuransi Syariah
  • Fatwa No 52/DSN-MUI/III/2006 tentang Akad Wakalah Bil Ujrah pada Asuransi Syariah dan Reasuransi Syariah
  • Fatwa No 53/DSN-MUI/III/2006 tentang Akad Tabarru pada Asuransi Syariah
  • Peraturan Menteri Keuangan Nomor 18/PMK.010/2010 tentang Prinsip Dasar Penyelenggaraan Usaha Asuransi dan Usaha Reasuransi dengan Prinsip Syariah.
  • Hukum Asuransi Syariah dalam Al Quran dan hadits yaitu : Surat Al Maidah 2, Surat An Nisa 9 dan HR Muslim dari Abu Hurairah.

 

Dapatkan Promo