10 Atlet dengan Bayaran Tertinggi Tahun 2019, Messi di Posisi Puncak

atlet terkaya di dunia

Forbes baru saja merilis daftar atlet terkaya di dunia dengan bayaran fantastis tahun 2019. Nama-nama atlet di urutan 10 teratas sudah pasti akrab banget di telingamu.

Mereka berkarier di berbagai cabang olahraga. Ada yang dari sepakbola, basket, tinju, sampai tenis. Rata-rata pendapatan yang didapatkan mencapai lebih dari USD 64 juta atau Rp 911 miliaran. Sumber pendapatan gak cuma dari gaji sebagai atlet saja, tapi juga dari iklan dan partnership.

Sejak tahun 1990an, posisi pertama selalu diisi oleh pemain golf andal, Tiger Woods. Woods telah menempati posisi puncak sebanyak 12 tahun berturut-turut, dengan pendapatannya mencapai USD 64 juta. Tapi kini pemain golf asal Amerika Serikat ini harus terdepak dari posisi 10 besar atlet dengan bayaran tertinggi.

Posisi puncak pengganti Tiger Woods pun ditempati oleh atlet sepakbola asal Argentina, Lionel Messi. Messi yang juga merupakan bintang Barcelona itu memiliki pendapatan tertinggi bila dibandingkan atlet lainnya. Maklum saja, performanya di lapangan hijau dalam mengolah kulit bundar sangat apik. Bahkan, ia beberapa kali menyabet gelar pesepakbola terbaik di dunia.

Kira-kira berapa sih pendapatan Messi? Dan siapa saja yang masuk daftar 10 atlet terkaya di dunia dengan pendapatan fantastis?

1. Lionel Messi

atlet terkaya di dunia
Lionel Messi. (Instagram/@leomessi)

Predikat atlet terkaya di dunia dengan bayaran tertinggi pertama jatuh kepada Lionel Messi. Pesepakbola yang sejak awal kariernya mengabdi untuk FC Barcelona ini meraup pendapatan mencapai US$ 127 juta atau Rp 1,8 triliunan. Besaran tersebut terdiri dari gaji US$ 92 juta dan iklan US$ 35 juta.

 

2. Salah satu atlet terkaya di dunia, Cristiano Ronaldo

atlet terkaya di dunia
Cristiano Ronaldo. (Instagram/@cristiano)

Rival abadi Messi pun muncul di peringkat kedua. Cristiano Ronaldo, mantan penggawa MU dan Real Madrid ini memiliki pendapatan US$ 109 juta atau Rp 1,5 triliunan. Itu terdiri dari gaji sebagai pesepakbola sebesar US$ 65 juta dan iklan US$ 45 juta.

Tapi itu baru sebagai atlet ya, kalau dimasukkan bersamaan dengan pendapatan dari bisnis, mungkin CR7 bisa melampaui pendapatan Messi, mengingat banyak sekali ladang bisnis yang ia miliki seperti hotel dan toko souvenir.

 

3. Neymar

atlet terkaya di dunia
Neymar. (Instagram/@neymarjr)

Karier sepakbola Neymar memang masih jauh berada di bawah dua seniornya Messi dan Ronaldo, karena gak punya gelar pemain terbaik di dunia.

Tapi, pendapatan pemain asal Brasil ini juga lebih dari US$ 100 juta, tepatnya US$ 105 juta atau Rp 1,4 triliunan. Gajinya sebagai pesepakbola bahkan lebih tinggi dari CR7 yaitu US$ 75 juta, dan iklan US$ 30 juta.

4. Canelo Alvarez

atlet terkaya di dunia
Canelo Alvarez. (Instagram/@canelo)

Atlet terkaya di dunia dengan pendapatan tertinggi keempat adalah petinju asal Meksiko Canelo Alvarez. Beberapa pertandingan yang ia lakoni menjadi pertandingan termahal. Salah satunya adalah duelnya dengan Floyd Mayweather yang senilai Rp 21 triliunan. Canelo Alvarez sendiri kini memperoleh pendapatan mencapai US$ 94 juta atau Rp 1,3 triliunan.

5. Roger Federer

atlet terkaya di dunia
Roger Federer. (Instagram/@rogerfederer)

Jagoan olahraga tenis dunia ini menempati posisi kelima. Sudah berkiprah sebagai petenis selama 20 tahunan, Roger Federer pun diisukan pensiun. Tapi berita tersebut masih simpang siur. Bahkan Roger juga masih terlihat aktif bermain di kompetisi Prancis Terbuka 2019 pada bulan Juni ini. Pendapatan yang diperolehnya sebagai atlet mencapai US$ 93,4 juta atau Rp 1,3 triliunan. Pendapatannya sebagian besar diperoleh dari iklan yang mencapai US$ 86 juta.

6. Russell Wilson

atlet terkaya di dunia
Russel Wilson. (Instagram/@russel_wilson03)

Pemain American Football ini menempati posisi keenam dengan total pendapatan US$ 89,5 juta atau Rp 1,2 triliunan. Meski lebih kecil dari Ronaldo dan Neymar, tapi gajinya sebagai atlet lebih besar dari kedua pesepakbola itu, yaitu sebesar US$ 80,5 juta, sedangkan dari iklan ia hanya memperoleh US$ 9 juta.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

7. Aaron Rodgers

atlet terkaya di dunia
Aaron Rodgers. (Instagram/@aaronrodgers12)

Satu lagi atlet dari American Football yaitu Aaron Rodgers yang masuk daftar ini. Gak beda jauh dari Russell, pendapatan Aaron adalah sebesar US$ 89,3 juta atau Rp 1,2 triliunan.

8. LeBron James

atlet terkaya di dunia
LeBron James. (Instagram/@kingjames)

Penggawa LA Lakers ini menjadi pebasket dengan bayaran tertinggi di dunia. Tapi kalau dibandingkan dengan atlet lainnya, posisi LeBron James berada di urutan kedelapan. Besaran pendapatannya mencapai US$ 89 juta atau Rp 1,2 triliunan, yang terdiri dari US$ 36 juta gaji dan US$ 53 juta iklan.

 

9. Stephen Curry

Berada di bawah LeBron James adalah pebasket Golden State Warriors Stephen Curry. Stephen memperoleh pendapatan US$ 79,8 juta atau Rp 1,1 triliunan.

10. Kevin Durant

Atlet terkaya di dunia dengan gaji tertinggi di urutan ke-10 ditempati oleh kolega Stephen Curry di Golden State Warriors yaitu Kevin Durant. Kevin memiliki pendapatan sebesar US$ 65,4 juta atau Rp 931 miliaran yang berasal dari gaji US$ 30,4 juta dan iklan US$ 35 juta.

Itulah deretan atlet terkaya di dunia dengan gaji tertinggi sejagat. Apakah idolamu masuk ke dalam daftar itu? Kalau belum, tenang saja, siapa tahu tahun depan giliran idolamu yang bertengger di posisi pemuncak, walaupun sulit pastinya melewati kekayaan Lionel Messi. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →