Panduan Cara Klaim Asuransi Autocillin dan Syaratnya

autocillin

Autocillin adalah salah satu produk asuransi mobil dari Adira yang memberikan proteksi terhadap kendaraanmu. Cara klaim asuransi Autocillin cukup mudah selama kamu tahu langkah dan syaratnya.

Jumlah bengkel rekanan Asuransi Autocillin diperkirakan sekitar 160 bengkel yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia.

Menariknya, dengan menggunakan layanan Autocillin Garage, bengkel Adira Insurance bisa mendeteksi kerusakan mobil dari jarak jauh bahkan lintas kota. Proses pemindaian kerusakan tersebut menggunakan on board diagnostic

Akan tetapi, hanya tipe mobil yang sudah menggunakan kunci immobilizer saja yang bisa dideteksi kerusakannya dari jarak jauh.   

Cara klaim asuransi Autocillin

Untuk bisa melakukan klaim asuransi mobil Autocillin, ada dua cara yang bisa dilakukan. Berikut ini kedua cara tersebut.

1. Klaim dengan Autocillin Mobile Claim

Metode klaim secara mobile bisa dilakukan melalui aplikasi Autocillin Mobile Claim. Aplikasi bisa diunduh di Google Play Store maupun App Store. Kemudian, lakukan langkah berikut: 

  1. Masuk atau login ke aplikasi dengan data nasabah
  2. Masuk ke menu ‘Lapor Kerusakan’
  3. Laporkan kejadian kerusakan dan data diri, data kendaraan, dan kronologi kejadian
  4. Lampirkan foto dokumen dan foto kerusakan
  5. Tunggu sampai proses klaim sukses

Kalau pengajuan klaim berhasil, kamu dan mobilmu akan dibawa ke bengkel rekanan Autocillin maupun bengkel pilihanmu sendiri untuk melakukan perbaikan. 

2. Klaim lewat Autocillin Claim Center

Selain lewat aplikasi, kamu juga bisa melakukan klaim asuransi Adira Autocillin lewat layanan Autocillin Claim Center. Caranya dengan: 

  • Menghubungi call center Autocillin di 1500 456
  • Mendatangi kantor Autocillin terdekat
  • Chat melalui Whatsapp ke 0812-111-3456
  • Mengirim email ke [email protected]

Dokumen persyaratan untuk klaim asuransi Autocillin

Ketika akan mengajukan klaim, kamu perlu melengkapi sejumlah dokumen persyaratan. Adapun dokumen yang harus dilampirkan berbeda tergantung jenis pertanggungannya. 

Berikut penjelasan mengenai dokumen yang harus diserahkan berdasarkan besaran pertanggungan yang diberikan.

Dokumen untuk klaim kerugian total

Apabila kamu ingin mengajukan klaim untuk menanggung nilai kerugian total atau keseluruhan, maka dokumen yang perlu dilengkapi meliputi: 

  • Formulir laporan kerugian klaim kendaraan bermotor
  • Fotokopi KTP pemegang polis
  • Fotokopi SIM dan STNK pengemudi
  • Fotokopi laporan kepolisian

Dokumen untuk klaim kerugian sebagian atau parsial

Kalau klaim yang diajukan merupakan klaim sebagian, maka kamu perlu mempersiapkan dokumen pelengkap berupa: 

  • Formulir laporan kerugian klaim kendaraan bermotor
  • Fotokopi KTP tertanggung
  • Fotokopi SIM dan STNK pengemudi
  • Fotokopi laporan kepolisian
  • Surat kuasa tertanggung

Dokumen untuk klaim Personal Accident (PA)

Terkadang, kecelakaan yang terjadi bisa saja berupa kondisi pribadi. Jika demikian, dokumen yang diperlukan antara lain: 

  • Formulir pengajuan klaim PA
  • Fotokopi KTP korban
  • Fotokopi surat keterangan dokter
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Surat kuasa atau surat ahli waris
  • Surat keterangan kelurahan tentang ahli waris

Produk dan fitur asuransi mobil Adira Autocillin

Autocillin sebetulnya hanya memiliki dua produk jenis asuransi mobil, yaitu asuransi comprehensive dan asuransi total loss only. Lebih lengkapnya, perlindungan yang diberikan oleh asuransi Autocillin adalah:

1. Asuransi Comprehensive Autocillin

Paket asuransi ini memberikan jaminan perlindungan terhadap ganti rugi maupun biaya perbaikan kendaraan.

Kerugian tersebut bisa termasuk kehilangan ataupun kerusakan sebagian maupun kerusakan secara keseluruhan. Penyebab klaim asuransi komprehensif di antaranya yaitu:

  • Benturan
  • Tabrakan
  • Terbalik
  • Tergelincir
  • Terperosok
  • Perbuatan jahat
  • Pencurian
  • Kebakaran
  • Kecelakaan lalu lintas

Beberapa penyebab tersebut akan ter-cover atau terlindungi oleh asuransi mobil Autocillin. Sedikit berbeda dengan asuransi mobil lainnya, perlindungan asuransi komprehensif Autocillin dibatasi untuk mobil dengan usia maksimal 8 tahun saja.

Oleh karena itu, jenis asuransi mobil all risk atau comprehensive memang hanya cocok untuk kendaraan baru yang belum berusia lama. 

Namun demikian, kamu tetap bisa mengasuransikan kendaraan lama di atas usia tersebut dengan menggunakan asuransi TLO (total loss only).

Fitur jaminan perluasan asuransi komprehensif Autocillin

Selain memberikan perlindungan terhadap klaim terhadap risiko yang telah disebutkan sebelumnya, berikut jaminan perluasan asuransi komprehensif Autocillin:

  • Jaminan perluasan tanggung jawab pihak ketiga

Jika mobil kamu menabrak mobil atau motor orang lain sehingga menimbulkan tuntutan ganti rugi, maka Autocillin akan menanggungnya dengan produk perluasan TPL.

  • Jaminan perluasan terhadap risiko huru-hara dan bencana alam

Terlebih belakangan ini Indonesia kerap kali dilanda beberapa bencana alam yang tidak terduga-duga seperti banjir, tsunami karena gempa bumi maupun letusan gunung berapi serta perlindungan dari risiko kerusakan akibat huru-hara atau tawuran.

  • Fitur santunan kematian dan cacat tetap

Autocillin akan memberikan santunan asuransi kematian dan cedera badan yang mengakibatkan cacat tetap atau menimbulkan pengeluaran biaya pengobatan akibat kecelakaan. Berlaku untuk pengemudi dan penumpang.

  • Jaminan bengkel resmi sesuai merek kendaraan

Menariknya lagi, terdapat perluasan jaminan bagi tipe kendaraan apapun juga untuk mendapatkan bengkel resmi sesuai dengan merek kendaraannya. 

Sehingga jaminan perbaikan akan lebih terjamin karena ditangani oleh bengkel ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) kendaraan.

2. Asuransi TLO Autocillin

Apa itu asuransi TLO? Sedikit berbeda dengan asuransi comprehensive, asuransi TLO Autocillin justru dapat memberikan perlindungan terhadap kendaraan yang usianya maksimal 15 tahun.

Hanya saja manfaat yang diberikannya pun tidak seluas seperti yang diberikan oleh asuransi komprehensif. 

Perlindungan yang diberikan asuransi TLO pada umumnya hanya penggantian kerusakan total atau kehilangan yang diakibatkan oleh berbagai sebab yang wajar.

Kerusakan wajar dalam arti bukan disebabkan karena kesengajaan, persekongkolan, apalagi membiarkan kendaraan berpotensi mengalami kerusakan bahkan kerugian.

Berikut fitur jaminan yang diberikan oleh asuransi TLO Autocillin:

  • Risiko kerusakan yang dimaksudkan adalah seperti kerusakan akibat tabrakan, terbalik, tergelincir, terperosok kehilangan akibat perbuatan jahat, pencurian, maupun kerusakan total akibat kebakaran dan kecelakaan lalu lintas.
  • Kehilangan yang dimaksudkan bukan hanya berarti kehilangan karena pencurian tetapi juga kehilangan akibat perbuatan orang jahat seperti perampasan atau perampokan di jalan dengan kekerasan.
  • Klaim ganti-rugi kerusakan mobil akan diterima apabila kerusakan tersebut minimal sekitar 75 persen atau lebih. Secara kasat mata, kondisi rusak total seperti ini sudah dipastikan bahwa kendaraan tidak akan bisa digunakan lagi secara normal.

Asuransi TLO memang memiliki premi yang lebih rendah dibandingkan dengan asuransi komprehensif. 

Itulah sebabnya, jika kamu membeli kendaraan bekas, kamu tidak perlu memaksakan untuk membeli asuransi komprehensif jika sudah bisa terlindungi dengan asuransi TLO.

Apalagi Autocillin memberikan perluasan tidak hanya untuk asuransi komprehensif saja melainkan juga jaminan perluasan untuk asuransi TLO. 

Jaminan perluasannya pun tidak jauh berbeda dengan jaminan perluasan yang ditawarkan pada paket asuransi komprehensif. 

Kelebihan asuransi mobil Autocillin

Asuransi Autocillin adalah salah satu asuransi mobil yang populer di Indonesia. Selain itu, Asuransi Adira Autocillin juga berada di bawah naungan Bank Danamon sebagai salah satu anak perusahaannya.

Asuransi mobil Adira sendiri cukup berpengalaman dalam melayani para nasabahnya. Hingga 2015 saja, perusahaan asuransi ini mengelola 10 juta lebih unit pertanggungan.

Kelebihan Autocillin dibandingkan dengan produk lainnya, karena Autocillin juga sudah menyediakan layanan asuransi mobil Autocillin syariah sehingga cocok untuk pangsa pasar di Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam.

Selain itu, untuk masa pertanggungan asuransi TLO pun relatif lebih panjang. Sebab, objek pertanggungannya memiliki batas usia hingga 15 tahun. 

Sementara perusahaan asuransi lain biasanya hanya melindungi kendaraan berusia sekitar 11 tahun sampai 13 tahun saja.

Layanan asuransi Autocillin pun dikenal andal. Karena terdapat layanan khusus, seperti towing car, ambulance, dan Emergency Roadside Assistance yang memberikan perbaikan gratis bagi kendaraan saat mengalami gangguan ringan di jalan.

Untuk mendapatkan layanan tersebut, kamu pun cukup menghubungi call center Autocillin.

Dengan berbagai kelebihan yang sudah disebutkan, hampir sulit untuk menemukan kekurangan Asuransi Adira Autocillin.

Kamu bisa memercayakan proteksi kendaraan kamu dengan produk asuransi Autocillin. Tinggal pilih sesuai usia kendaraan Anda, apakah perlu asuransi comprehensive atau TLO. 

Premi asuransi Autocillin

Perlu diketahui, premi asuransi mobil tidak selalu sama bagi setiap nasabah. Ada banyak faktor yang akan menentukan besaran premi tersebut.

Misalnya seperti faktor usia kendaraan, domisili, jenis perlindungan yang dipilih, kondisi keuangan nasabah, dan lain sebagainya. 

Oleh sebab itu, premi setiap nasabah tidak bisa disamaratakan. Tapi, umumnya premi asuransi Autocillin dimulai dari Rp71 ribuan per bulan. 

Sebagai perkiraan, kamu bisa melakukan simulasi dengan menghitung premi menggunakan kalkulator premi asuransi mobil dari Lifepal berikut ini.

Kontak dan call center Autocillin

Nasabah asuransi Autocillin bisa melakukan kontak langsung melalui: 

  • Kantor pusat yang beralamat di Graha Zurich, MT. Haryono Kav. 42, Jakarta Selatan 12780
  • Call center Autocillin yang beroperasi 24 jam di 1500456
  • Email melalui [email protected]
  • Whatsapp ke nomor 08121113456

Pertanyaan seputar asuransi Autocillin

Autocillin adalah salah satu produk asuransi mobil dari Adira yang memberikan proteksi terhadap kendaraanmu. Adira mengklaim memiliki jangkauan terluas di Indonesia.

Jumlah bengkel rekanan Asuransi Autocillin diperkirakan sekitar 160 bengkel yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, Jember, Denpasar, Makassar, Manado, Maluku, Papua, Lampung, Palembang hingga ke Aceh. 

Klaim asuransi Autocillin bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui aplikasi Autocillin Mobile Claim atau dengan menghubungi pihak Autocillin secara langsung. Aplikasi bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.

Jika ingin klaim secara langsung, kamu bisa mengunjungi kantor Autocillin terdekat, menghubungi call center Autocillin di 1500456, atau dengan mengirimkan email ke [email protected]

Dapatkan Promo