Produksi Biodiesel Indonesia di Atas Tiongkok, Ini Fakta-fakta Tentang B30

Mengenal B30, Biodiesel dari Sawit yang Mampu Hemat Defisit 63 Triliun (Shutterstock).

Mengenal B30, Biodiesel dari Sawit yang Mampu Hemat Defisit 63 Triliun (Shutterstock).

Presiden Jokowi baru saja meresmikan implementasi program Biodiesel B30. Ini merupakan hasil pengembangan dari B20 yang telah diluncurkan pada tahun 2018 lalu. 

Pemerintah sendiri sebenarnya berencana untuk mengembangkan energi terbarukan hingga ke level B50 di tahun 2050 nanti. Tujuannya tentu saja untuk antisipasi menghadapi kelangkaan energi fosil yang bakal habis. 

Pasalnya, energi fosil saat ini sudah masuk masa kritis. Pemerintah juga ogah terus-terusan bergantung dengan kebijakan impor, makanya putar otak untuk menghasilkan energi terbarukan seperti biodiesel. 

Bila dibandingkan dengan bahan bakar yang berasal dari fosil, B30 dinilai memiliki banyak keunggulan. Memangnya apa sih B30 itu? dan kalau bukan dari fosil, dari mana bahan dasar pembuatannya?

1. Campuran sawit dan solar 

 

Mungkin kalian bertanya-tanya apa itu B30? Sebenarnya Biodiesel B30 itu adalah bahan bakar yang pembuatannya berdasarkan campuran bahan-bahan nabati dengan solar. 

Bahan-bahan nabati yang bisa dijadikan bahan bakar di antaranya biji-bijian dan buah-buahan, termasuk minyak sawit, kemiri sunan, kemiri cina, dan masih banyak lagi. 

Nah karena Indonesia ini memiliki potensi sawit yang melimpah, makanya campuran yang digunakan adalah minyak sawit. Sekadar informasi saja produksi sawit Indonesia termasuk yang terbesar di dunia lho!

Sementara angka di belakang B itu menunjukkan persentase besaran bahan-bahan nabati itu sendiri. Misalnya B20 berarti 20 persennya berbahan dasar nabati, sementara B30 30 persennya berbahan dasar nabati. 

2. Lebih ramah lingkungan 

 

Biodiesel B30 memiliki kelebihan utama yaitu lebih ramah lingkungan. Dikutip situs Kementerian Pertanian, biodiesel justru mampu mengurangi efek rumah kaca.

Hal ini bisa terjadi karena kandungan oksigennya lebih besar daripada solar pada umumnya, sehingga pembakarannya lebih sempurna. Selain itu, bahan-bahan nabati yang terdapat di dalamnya ternyata mampu menyerap karbon lho. 

Semua mobil dan kendaraan berat yang berbahan bakar solar sangat dianjurkan untuk menggunakan ini. Tentu saja biar polusi udara bisa berkurang dan planet bumi pun terjaga. 

3. Bisa menghemat pengeluaran negara dan meningkatkan kesejahteraan petani sawit 

 

Impor bahan bakar diketahui sebagai salah satu penyebab defisit neraca perdagangan dan transaksi berjalan Indonesia. Namun, bila penggunaan B30 ini berjalan efektif, pemerintah bisa menekan angka impor tersebut. 

Jokowi menyebutkan potensi penghematan devisa Indonesia dengan adanya program biodiesel ini bisa mencapai US$ 4,8 miliar atau Rp 63 triliunan. 

Selain itu, dengan memaksimalkan minyak sawit sebagai bahan dasar biodiesel, otomatis akan memberikan efek positif bagi para nelayan kecil yang bekerja di perkebunan sawit. Kesejahteraan mereka yang totalnya mencapai 16,5 juta petani diprediksi akan meningkat. 

4. Produksi biodiesel Indonesia kalahkan Tiongkok 

 

Berbicara tentang B30, gak cuma Indonesia saja yang gencar mengembangkan produksi biodiesel. Negara-negara di Asia, Eropa, dan Amerika sana juga sudah lebih dulu aktif memproduksinya. 

Tapi ternyata, bila dikutip dari data Statista, produksi biodiesel Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Pada tahun 2017, produksi Indonesia berada di urutan ke-5 dengan total produksi 2,5 miliar liter, sementara Tiongkok hanya berada di peringkat ke-9 dengan 1 miliar liter. 

Nah di tahun 2018 posisi Indonesia merangkak naik menjadi peringkat ke-3 dengan jumlah produksi 4 miliar liter. Posisi pertama diisi dengan Amerika Serikat yang mengandalkan biji kedelai sebagai bahan dasar biodiesel, dan posisi kedua ada Brasil yang mampu memproduksi 5,4 miliar liter. 

Sekian informasi tentang biodiesel B30, semoga bisa benar-benar memberikan dampak positif bagi lingkungan dan keuangan Indonesia. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis