Menguak Rahasia Teknik Para Backpacker ke Bali

Jika Anda tertarik untuk menjadi backpacker ke Bali, maka kenali dahulu tips-tipsnya di sini supaya tidak kelimpungan di tengah jalan.

Nyatanya, datang ke Bali tidak harus menggunakan pesawat terbang. Demi menghemat biaya perjalanan, seorang backpacker sejati umumnya mengandalkan transportasi kereta api dan bus.

Jika Anda memang sudah bermimpi menginjakkan kaki ke Pulau Dewata, tidak ada salahnya mengikuti cara para backpacker liburan dengan dana terbatas. Berikut ini tips dan trik backpacking ke Bali dengan bujet murah.

Memilih Transportasi Darat

Memilih Transportasi Darat

Lupakan transportasi udara jika ingin mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Pilih transportasi darat yang lebih murah meskipun harus menempuh waktu perjalanan yang lebih panjang.

Urutan rute darat dari Jakarta ke Bali bisa ditempuh seperti ini.

  • Menggunakan kereta api dari Jakarta-Surabaya.
  • Lanjutkan dengan kereta api dari Surabaya-Banyuwangi.
  • Selanjutnya, naik bus dari Pelabuhan Ketapang dan menyeberang naik kapal hingga ke Pelabuhan Gilimanuk. 
  • Dari Gilimanuk, Anda bisa langsung menentukan tujuan ke pusat kota Denpasar, Bali.

Perhitungan Tiket dari Jakarta ke Bali

  • Kereta Api Jakarta-Surabaya Gaya Baru Malam (Ekonomi) Rp104 ribu.
  • Kereta Api Surabaya-Banyuwangi (Probowangi) Rp56 ribu.
  • Bus Ketapang-Denpasar (Ladju) Rp90 ribu.

Tiket bisa dipesan secara online. Untuk pemesanan tiket kereta api sebaiknya dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan untuk menghindari kehabisan tiket kereta. Barulah kemudian memesan tiket bus. Tiket bus pun kini bisa dibeli secara online dengan sangat mudah dari berbagai agen perjalanan online.

Memilih Hotel Murah Ala Backpacker 

Memilih Hotel Murah Ala Backpacker 

Ada ribuan hotel di Bali yang dapat menampung tamu yang sekelas backpacker sekalipun. Apalagi kini sudah tersedia berbagai hotel dengan konsep yang ramah di kantong bagi para traveller yang berangkat sendirian maupun rombongan.

Beberapa hotel bintang satu menawarkan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp50 ribu per malam. Harga tersebut sudah termasuk pajak juga, lho.

Perlu diketahui bahwa harga kamar hotel yang murah untuk backpacker umumnya berkonsep seperti dormitory atau asrama. Satu kamar berisi beberapa ranjang bersusun yang bisa diisi 5-10 orang. Kamar-kamar yang disediakan bisa disesuaikan gender ataupun campur.

Soal privasi mungkin menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Selain itu juga tamu hanya disediakan kamar mandi yang dapat digunakan bersama-sama. Oleh karena itu, pastikan hotel yang dipilih sesuai dengan kenyamanan Anda.

Sewa Motor Lebih Murah

Asuransi Kesehatan Murah Cigna

Untuk urusan transportasi, kendaraan roda dua memang masih menjadi pilihan yang disukai orang-orang yang ke kota wisata, termasuk para backpacker yang ke Bali. Anda bisa menyewa sepeda motor dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp50 ribu per hari hingga Rp70 ribu per hari, tergantung jenis motornya.

Fasilitas penyewaan tersebut sudah termasuk dua helm sehingga perjalanan Anda dan pasangan menjadi lebih aman. Pastikan motor yang Anda sewa memiliki asuransi dan kunci ganda. 

Dengan begitu jika terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda tidak wajib mengganti kerugiannya secara penuh atau bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali karena kerugian akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Anda hanya perlu menyiapkan bujet untuk bensin dan parkir. Motor bisa dikirimkan ke hotel atau diambil di tempat penyewaan dengan menunjukkan kartu identitas yang masih berlaku, menyerahkan uang deposit, atau barang tertentu sebagai jaminan.

Mengandalkan Bekal dan Makanan Enak dan Terjangkau

Mengandalkan Bekal dan Makanan Enak dan Terjangkau

Salah satu ciri khas backpacker yang suka traveling ke luar negeri adalah membawa bekal makanan kering dan makanan kalengan dari rumah. Mereka mempersiapkan hal tersebut demi menghemat anggaran makan sekaligus lebih mudah untuk menyiapkan makan tanpa repot memasak atau belanja di daerah yang belum dikenal.

Akan tetapi, meskipun sebagian besar warga Bali merupakan pemeluk agama Hindu, bukan berarti sulit mendapatkan makanan enak, murah, dan apalagi halal di Bali. Anda bisa mendapatkan makanan-makanan khas dari daerah lain, seperti warung Padang, pecel lele, ayam penyet, soto ayam, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengandalkan warung-warung makan kecil yang menjajakan makanan dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan di restoran atau kafe-kafe ternama. Tetapi sesekali Anda juga bisa mencoba sarapan hemat dengan sepotong roti dan telur serta segelas susu segar dengan harga yang terjangkau.

Merencanakan Tempat Wisata yang Dikunjungi

Merencanakan Tempat Wisata yang Dikunjungi

Rencana perjalanan menjadi salah satu yang krusial, pasalnya tempat wisata yang Anda kunjungi akan menentukan berapa banyak bujet yang perlu disiapkan, terutama untuk ongkos transportasi atau bensin serta tiket masuk tempat wisata. 

Salah satu siasat yang bisa Anda terapkan adalah dengan membuat daftar tempat wisata gratis untuk dikunjungi sebagai prioritas utama. Setelah itu, barulah memilih destinasi wisata terbaik yang wajib dikunjungi di Bali, seperti GWK yang merupakan ikon Bali saat ini. 

Tentu sangat disayangkan jika Anda tidak mengunjunginya dengan alasan harus membayar. Beberapa kawasan yang ramah kepada para pejalan seperti daerah Sanur, Kuta hingga Uluwatu dengan sajian wisata yang berbeda dan beragam. 

Pastikan untuk memilih waktu terbaik berkunjung ke Bali. Hindari saat high season jika ingin mendapatkan foto OOTD Instagram yang bersih dari pengunjung lainnya.

Itulah beberapa persiapan ala backpacker ke Bali yang bisa dilakukan. Tidak banyak persiapan yang harus dipikirkan. Utamanya adalah menyiapkan waktu yang cukup untuk perjalanan darat yang panjang serta sedikit mengurangi faktor kenyamanan demi menghemat pengeluaran.

Anda juga perlu memikirkan proteksi yang terjangkau agar tidak mengalami kerugian finansial saat jatuh sakit atau mengalami hal yang tidak diinginkan saat liburan di Bali. Pastikan perjalanan Anda aman dan menyenangkan.

Diskusikan bersama tim Lifepal dalam menentukan rencana perjalanan maupun produk proteksi yang cocok untuk kebutuhan saat liburan. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →