6 Pengusaha Ini Kerap Bagi-Bagi Uang, Salah Satunya Orang Indonesia!

bagi-bagi uang

Bagi-bagi uang kepada orang yang kurang beruntung kerap dilakukan mereka yang berstatus kaya raya seperti pengusaha.

Bagi-bagi uang yang dilakukan mereka merupakan bagian dari donasi kepada pihak yang membutuhkan. Selain itu, ada pula pengusaha yang bagi-bagi uang untuk para followers-nya sebagai bentuk apresiasi.

Dengan membagikan uang kepada mereka yang membutuhkan atau untuk para followers, para pengusaha ini ingin menebarkan kebahagiaan lewat dana yang telah disisihkannya.

Sejumlah nama pengusaha sukses di dunia seperti bos Microsoft Bill Gates, Warren Buffet CEO Berkshire Hathaway hingga Mark Zuckerberg kerap melakukan filantropi alias amal lewat yayasan mereka.

Tak hanya mereka saja yang memiliki jiwa sosial tinggi, para pengusaha lain juga kerap bagi-bagi uang untuk mereka yang kurang beruntung ataupun bagi para pengikutnya? Yuk, ketahui rangkumannya di sini:

Yusaku Maezawa 

Yusaku Maezawa bersama Elon Musk
Yusaku Maezawa (Instagram/@yusaku2020)

Seorang pengusaha Jepang, Yusaku Maezawa mengumumkan akan membagi uang setara Rp 128 miliar pada pengikutnya melalui kanal YouTube miliknya, Senin 6 Januari 2020 lalu.

Dia berkata akan membagikan uang sebesar 1 juta yen kepada seribu pengikut yang sudah me-retweet untuk salah satu kicauannya, 1 Januari 2020 lalu.

Bila 1 juta yen setara dengan Rp 128 juta, itu berarti Yusaku sudah siap ‘membakar’ uang senilai Rp 128 miliar.

Seperti dikutip dari Reuters, di balik program bagi-bagi uang ini, Yusaku ternyata memiliki proyek ambisius. Yaitu, ingin membuat eksperimen sosial yang melibatkan pengikut di media sosial.

Dia ingin melihat bagaimana hadiah bisa memengaruhi kebahagiaan seseorang. Setelah itu, dia akan melakukan pendekatan berkala untuk memantau dampak hadiah itu bagi para pemenang.

“Ini eksperimen sosial yang serius,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, Yusaku merupakan salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes. Hingga awal Januari 2020, namanya masih menduduki urutan ke-22 terkaya di dunia.

Baca juga: 3 Miliarder Ini Hidup Sederhana, dari Makan di Warung hingga Beli Barang Diskon!

Azim Premji

Azim Premji miliarder asal India yang dikenal dermawan
Azim Premji (dnaindia.com)

Menjadi pengusaha sukses, Azim Premji Chairman Indian Consulting dan perusahaan teknologi Wipro juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Bahkan, dia mendirikan yayasan sendiri yang diberi nama Azim Premji Foundation.

Dia didapuk sebagai orang paling dermawan menyumbangkan hartanya buat amal, tahun lalu.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Seperti dikutip dari Businessinsider, dia rela menyumbang keuntungan dari 34 persen saham Wipro senilai US$ 7,5 miliar atau Rp 102 triliunan lebih demi misi sosial.

Dia menyalurkan bantuan tersebut untuk pendidikan anak-anak terlantar, bantuan masyarakat miskin, dan difabel di beberapa negara. Tercatat, pengusaha sukses satu ini telah menyumbangkan kekayaannya dengan total US$ 21 miliar atau Rp 286 triliunan.

Baca juga: Begini Lho Nasib Para Miliarder Dunia Sepanjang Tahun 2019

Dato’ Sri Tahir

Dato' Sri Tahir orang terkaya Indonesia yang senang berbagi
Dato’ Sri Tahir

Salah satu orang terkaya Indonesia, Dato’ Sri Tahir dikenal sebagai seorang filantropi. Pria dengan kekayaan US$ 4,5 miliar ini tak berhenti membagikan sebagian hartanya kepada orang yang kurang beruntung.

CEO Mayapada Group ini buka-bukaan soal alasannya gemar berbagi kepada orang yang nasibnya kurang beruntung.

Dia mengaku, kedermawanannya kini tidak terlepas dari kehidupan masa kecilnya yang pas-pasan.

Baca juga: Punya Rp 30 Triliun dan Gemar Beramal, Ini Tips Sukses Dato Sri Tahir

Warren Buffet

Warren Buffet miliarder dunia yang tak pelit
Warren Buffet (Instagram/@officialwarrenbuffett)

Salah satu miliarder ini berjanji memberikan lebih dari 99 persen kekayaannya dan telah menyumbangkan lebih dari US$ 21,5 miliar.

CEO Berkshire Hathaway ini tidak asing lagi dengan filantropi. Dia telah mendirikan “Giving Pledge” bersama Bill dan Melinda Gates. Bahkan ia berjanji menyerahkan kekayaannya sekitar 99 persen untuk amal selama hidupnya.

Berdasarkan Wealth-X, ia sudah menyerahkan sekitar US$ 21,5 miliar.

“Sekitar 20 persen dari saham saya di Berkshire Hathaway telah didistribusikan untuk berbagai kegiatan amal,” kata Buffett. Bahkan bonusnya pada musim panas ini diserahkan mencapai US$ 2,8 miliar pada tahun kedua berturut-turut. Ia, akan terus mendistribusikan saham lainnya 4 persen per tahun.

Bill Gates

Bill Gates miliarder yang kerap melakukan aksi filantropis
Bill Gates (Shutterstock)

Pendiri Microsoft Bill Gates dan sang istri menggunakan yayasannya untuk mendanai inisiatif dan program di seluruh dunia untuk mendukung pembangunan pertanian, bantuan darurat, kemiskinan perkotaan, kesehatan global dan pendidikan.

Untuk itu, mereka rela menggelontorkan dana hingga US$ 27 miliar.  Berdasarkan data Wealth-X, Bill dan Melinda Gates telah memberikan lebih banyak dana untuk amal ketimbang orang lain di dunia ini.

Pasangan ini juga fokus terhadap dunia kesehatan dengan memberikan perawatan seperti vaksinasi. Yayasan ini juga memberikan vaksinasi untuk penyakit seperti polio dan TBC.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg bersama sang istri kerap melakukan aksi amal
Mark Zuckerberg (Shutterstock)

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg bersama istrinya, Priscilla Chan berjuang untuk meningkatkan sekolah dan memerangi Ebola.

Zuckerberg merupakan salah satu orang pertama bergabung dengan Giving Pledge pada tahun 2010. Hingga saat ini, mereka telah menyumbangkan dana amal sekitar US$ 1,6 miliar atau sekitar Rp 21,8 triliun.

Pada tahun 2014, ia dan istrinya telah memberikan dana US$ 25 juta untuk CDC Foundation agar dapat melawan Ebola, dan bahkan mendorong pengikut Facebook melakukan hal sama.

Pasangan ini juga memberikan US$ 75 juta untuk Silicon Valley Community Foundation. Dana ini untuk membangun rumah sakit umum San Francisco. Mereka telah memberi lebih dari US$ 100 juta untuk sekolah di New Jersey.

Itulah enam miliarder kaya yang senang bagi-bagi uang untuk berbagai hal, salah satunya kegiatan filantropis.

Semoga kiprah mereka yang bergelimang harta masih mau membantu sesama menginspirasimu ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →